Sukses

2 Wanita Selamat Usai Terjebak 100 Jam di Reruntuhan Gempa Turki-Suriah, Korban Tewas Kini 24 Ribu Jiwa

Tim penyelamat di Turki menarik dua wanita hidup-hidup dari puing-puing bangunan yang runtuh setelah mereka terjebak selama 122 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyelamat di Turki menarik dua wanita hidup-hidup dari puing-puing bangunan yang runtuh setelah mereka terjebak selama 122 jam setelah gempa paling mematikan di kawasan itu dalam dua dekade, kata pihak berwenang pada Sabtu.

Jumlah korban tewas melebihi 24.150 di seluruh Turki selatan dan Suriah barat laut sehari setelah Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pihak berwenang seharusnya bereaksi lebih cepat terhadap gempa besar hari Senin, demikian seperti dikutip dari the Sunday World, Sabtu (11/2/2023).

Kematian di Turki naik menjadi 20.665 pada Sabtu, kata badan penanggulangan bencana itu. Di Suriah, lebih dari 3.500 orang telah tewas. Banyak lagi yang tersisa di bawah puing-puing.

Salah satu wanita yang diselamatkan, Menekse Tabak, 70, dibedong selimut sementara tim penyelamat membawanya ke ambulans yang menunggu di provinsi Kahramanmaras, Turki -- gambar dari kantor berita negara Anadolu menunjukkan.

Yang lainnya adalah seorang pria berusia 55 tahun yang terluka, diidentifikasi sebagai Masallah Cicek, yang dibebaskan dari puing-puing bangunan yang runtuh di Diyarbakir, kota terbesar di Turki tenggara, kata badan itu.

Enam puluh tujuh orang telah dievakuasi dari puing-puing dalam 24 jam sebelumnya, kata Wakil Presiden Turki Fuat Oktay kepada wartawan semalam, dalam upaya yang menarik 31.000 penyelamat di seluruh wilayah yang terkena dampak.

Sekitar 80.000 orang sedang dirawat di rumah sakit, sementara 1,05 juta kehilangan tempat tinggal akibat gempa berkerumun di tempat penampungan sementara, tambahnya.

"Tujuan utama kami adalah untuk memastikan bahwa mereka kembali ke kehidupan normal dengan memberikan perumahan permanen kepada mereka dalam waktu satu tahun, dan bahwa mereka menyembuhkan rasa sakit mereka sesegera mungkin," kata Oktay.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Musim Dingin dan Kekurangan Makanan

Dengan banyak yang kekurangan makanan dalam kondisi musim dingin yang suram, pertanyaan meningkat bagi para pemimpin kedua negara atas tanggapan mereka.

Presiden Suriah Bashar al-Assad melakukan perjalanan pertamanya yang dilaporkan ke daerah-daerah yang terkena dampak sejak gempa, mengunjungi sebuah rumah sakit di Aleppo bersama istrinya Asma, kata media pemerintah.

Pemerintahnya menyetujui pengiriman bantuan kemanusiaan melintasi garis depan perang saudara 12 tahun negara itu, sebuah langkah yang dapat mempercepat bantuan bagi jutaan orang yang putus asa.

Sebelumnya, Program Pangan Dunia mengatakan kehabisan stok di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak karena keadaan perang memperumit upaya bantuan.

Gempa berkekuatan 7,8 SR hari Senin, dengan beberapa gempa susulan yang kuat di seluruh Turki dan Suriah, menempati urutan ketujuh bencana alam paling mematikan abad ini, melebihi getaran dan tsunami Jepang tahun 2011, dan mendekati 31.000 orang yang tewas akibat gempa di negara tetangga Iran pada tahun 2003.

 

4 dari 4 halaman

Kritik Atas Penyaluran Bantuan yang Lambat

Pada hari Jumat, Presiden Erdogan mengunjungi provinsi Adiyaman di Turki, di mana ia mengakui respons pemerintah tidak secepat yang seharusnya.

"Meskipun kami memiliki tim pencarian dan penyelamatan terbesar di dunia saat ini, itu adalah kenyataan bahwa upaya pencarian tidak secepat yang kami inginkan," katanya.

Para penentang telah memanfaatkan masalah ini untuk menyerang Erdogan, yang mencalonkan diri untuk pemilihan ulang dalam pemungutan suara yang ditetapkan untuk 14 Mei, meskipun mungkin ditunda karena bencana.

Kemarahan yang membara atas keterlambatan pengiriman bantuan dan dalam peluncuran upaya penyelamatan kemungkinan akan berperan dalam pemilihan.

Bahkan sebelum gempa, pemungutan suara itu dipandang sebagai tantangan terberat Erdogan dalam dua dekade berkuasa. Dia telah menyerukan solidaritas dan mengutuk apa yang disebutnya "kampanye negatif untuk kepentingan politik".

Kemal Kilicdaroglu, kepala partai oposisi utama Turki, mengkritik tanggapan pemerintah.

"Gempa itu sangat besar, tetapi yang jauh lebih besar dari gempa adalah kurangnya koordinasi, kurangnya perencanaan dan ketidakmampuan," katanya dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.