Sukses

Jasad Korban Gempa Turki Bergelimpangan di Jalanan, Para Penyintas Berburu Makanan

Jasad korban tewas gempa Turki pada Senin 6 Februari 2023 ditinggalkan di jalan, saat perburuan korban selamat terus berlanjut.

Liputan6.com, Antakya - Jasad korban tewas gempa Turki pada Senin 6 Februari 2023 ditinggalkan di jalan, saat perburuan korban selamat terus berlanjut.

Lebih dari 6.000 orang diketahui tewas di Turki dan Suriah utara, yang juga hancur akibat gempa tersebut.

PBB memperingatkan bahwa ribuan anak mungkin termasuk di antara yang tewas.

Di Kota Antakya, mengutip laporan BBC, Rabu (8/2/2023), beberapa korban gempa Turki yang tewas bergelimpangan, terbaring di trotoar selama berjam-jam saat petugas penyelamat dan ambulans berjuang mengatasi skala bencana.

Sementara itu, mereka yang kehilangan anggota keluarga menyisir puing-puing mencari orang yang mereka cintai. Sekelompok pria menggunakan palu godam dan alat lainnya menemukan jenazah pria dan gadis muda yang terjebak. Mereka memanggil penyelamat resmi untuk menggunakan alat-alat listrik untuk membantu, tetapi mereka mengatakan mereka harus berkonsentrasi pada yang hidup.

Orang-orang itu terus menggali sampai jasad-jasad itu bisa dikeluarkan.

Di sisi lain, ada kemarahan yang tumbuh karena tidak ada cukup bantuan. Seorang wanita mengatakan kepada BBC bahwa penyelamat datang dan mengambil gambar bangunan milik keluarga pacarnya di mana mereka yakin 11 orang terjebak, tetapi mereka tidak juga terlihat.

Dia mengatakan mereka mendengar suara-suara selama berjam-jam, tapi kemudian ada keheningan.

Lebih jauh ke utara di Kahramanmaras, dekat pusat gempa kedua, ada penundaan bantuan yang datang karena jalan pegunungan macet oleh mereka yang mencoba pergi.

Deretan bangunan telah runtuh menjadi tumpukan puing yang coba diatasi oleh tim penyelamat, sementara angin yang sangat dingin meniupkan asap dan debu dari puing-puing ke mata mereka. Tantangan untuk menyelamatkan para korban gempa Turki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para Penyintas Berburu Makanan

Para penyintas yang sekarang hidup di jalanan harus berburu makanan dan membakar perabotan yang mereka temukan agar tetap hangat. Suhu diperkirakan turun di bawah titik beku akhir pekan ini.

Situasi serupa terjadi di kota pelabuhan Iskenderun, Turki di mana kini para tunawisma berlindung di ruang terbuka jauh dari bangunan.

Seorang wanita yang berbicara dengan BBC sedang berlindung dengan anak dan cucunya, termasuk seorang anak berusia enam tahun yang menderita epilepsi. Petugas bantuan telah membawakan mereka selimut dan mereka telah diberi roti, tetapi belum ada dukungan lain sejauh ini.

"Saya sangat terpukul," kata seorang dokter di rumah sakit setempat kepada Reuters. "Saya melihat tubuh di dalam, di mana-mana. Meskipun saya terbiasa melihat tubuh karena keahlian saya, itu juga sangat sulit bagi saya."

Pelabuhan di Iskenderun telah ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut karena terjadi kebakaran besar, yang berarti kapal pengangkut barang yang menuju zona bencana gempa sedang dialihkan.

Kobaran api diperkirakan terjadi ketika sebuah kontainer pengiriman berisi minyak terbalik akibat gempa bumi dan kemudian api menyebar ke muatan di sekitarnya.

Layanan darurat mengalami kesulitan mendapatkan akses ke lokasi karena kerusakan akibat gempa dan kontainer lainnya sekarang memblokir pintu masuk. Upaya untuk menggunakan kapal pemadam kebakaran untuk mengatasi kobaran api telah gagal.

 

3 dari 4 halaman

Kesulitan di Suriah Utara

Ada juga laporan kesulitan mendapatkan bantuan ke Suriah utara, terutama di daerah yang dikuasai oposisi. Kontrol di sana terbagi antara pemerintah dan kelompok oposisi lainnya. Mereka tetap terlibat dalam konflik sebagai akibat dari perang saudara yang sedang berlangsung.

Bahkan sebelum gempa bumi, situasi di sebagian besar wilayah itu sangat kritis, dengan cuaca yang sangat dingin, infrastruktur yang runtuh, dan wabah kolera yang menyebabkan kesengsaraan bagi banyak orang yang tinggal di sana. Lebih dari empat juta orang, terutama perempuan dan anak-anak mengandalkan bantuan.

Wilayah barat laut khususnya telah menjadi salah satu tempat tersulit untuk dijangkau, dengan hanya satu penyeberangan kecil di perbatasan Turki yang tersedia untuk mengangkut sumber daya ke wilayah yang dikuasai oposisi.

PBB mengatakan pada hari Selasa bahwa untuk sementara menghentikan aliran bantuan ke Suriah karena kerusakan pada rute tersebut, tanpa tahu kapan akan dimulai kembali.

Utusan Suriah untuk PBB mengatakan bahwa dukungan apa pun harus datang dari dalam negeri dan tidak melintasi perbatasan dengan Turki, membuat mereka yang berada di daerah yang dikuasai oposisi khawatir bahwa dukungan itu mungkin ditahan karena alasan politik.

Adegan kehancuran telah diselingi dengan momen singkat harapan. Seorang bayi yang lahir di bawah reruntuhan dekat Kota Afrin telah diselamatkan setelah ditemukan dengan ari-ari masih menempel pada ibunya, yang meninggal setelah melahirkan.

4 dari 4 halaman

Turki Umumkan Status Darurat 3 Bulan

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi Senin 6 Februari 2023 pada pukul 04:17 (01:17 GMT) di dekat Kota Gaziantep. Getaran selanjutnya hampir sama besarnya, dengan pusat gempa di Distrik Elbistan di provinsi Kahramanmaras.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan keadaan darurat tiga bulan di 10 provinsi yang paling parah terkena dampak gempa.

Dia mengatakan langkah-langkah itu akan memungkinkan pekerja bantuan dan bantuan keuangan masuk ke daerah yang terkena dampak, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sekitar 70 negara sejauh ini terdata mengirimkan bantuan ke Turki, tetapi ada kemarahan yang meningkat di beberapa tempat karena bantuan tidak datang dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.