Sukses

China Akui Balon Terbang di Amerika Latin Miliknya, Klaim untuk Tujuan Sipil

Kemlu China menuturkan bahwa balon tersebut menyimpang dari rutenya karena terlempar keluar jalur akibat kemampuan manuver pesawat yang terbatas dan kondisi cuaca.

Liputan6.com, Beijing - China mengakui bahwa balon yang terlihat di atas Amerika Latin pada Jumat (3/2/2023), miliknya. Beijing mengklaim balon itu dimaksudkan untuk tujuan sipil.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menuturkan bahwa balon tersebut menyimpang dari rutenya karena terlempar keluar jalur akibat kemampuan manuver pesawat yang terbatas dan kondisi cuaca.

"Pesawat tak berawak yang berasal dari China itu bersifat sipil dan digunakan untuk uji terbang," tambahnya seperti dikutip dari BBC, Selasa (7/2). "China adalah negara yang bertanggung jawab dan selalu mematuhi hukum internasional dengan ketat untuk menginformasikan dan menangani semua pihak terkait dengan baik, tanpa menimbulkan ancaman bagi negara mana pun."

Sebelumnya, balon serupa ditembak jatuh di wilayah udara Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (4/2), dengan tuduhan bahwa itu merupakan balon mata-mata. China sendiri membantahnya dan mengklaim balon tersebut dimaksudkan untuk memantau cuaca.

Kemudian pada Senin (6/2), China juga mengakui bahwa sebuah pesawatnya secara tidak sengaja memasuki wilayah udara Amerika Latin dan Karibia.

Insiden ditembak jatuhnya balon mata-mata tersebut memicu titik didih baru dalam hubungan AS-China.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Menimbulkan Ancaman

Balon kedua China yag terbang di wilayah Amerika Latin terdeteksi oleh militer AS pada Jumat.

Kemudian pada akhir pekan, Angkatan Udara Kolombia mengumumkan hal senada bahwa sebuah objek dengan karakteristik mirip dengan balon terdeteksi pada 3 Februari di wilayah udaranya, tepatnya pada ketinggian 55.000 kaki.

Kolombia mengatakan telah mengikuti objek tersebut sampai meninggalkan wilayah udaranya. Otoritas setempat menambahkan bahwa balon China tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional.

3 dari 4 halaman

Penyelam AL AS Masih Terus Bekerja

Sementara itu, penyelam dari Angkatan Laut AS terus berupaya mengumpulkan serpihan balon mata-mata yang ditembak jatuh di lepas pantai South Carolina.

Presiden AS Joe Biden pertama kali menyetujui rencana untuk menembak jatuh balon mata-mata tersebut pada Rabu (1/2), tetapi memutuskan untuk menunggu sampai balon tersebut berada di atas perairan agar tidak membahayakan keselamatan orang di darat.

AS yakin balon mata-mata tersebut digunakan untuk memantau situs militernya.

Mantan Panglima Militer AS Laksamana Mike Mullen menolak klaim China bahwa balon mata-mata itu melenceng karena terbawa angin. Dia mengatakan bahwa balon mata-mata itu dapat bermanuver karena "memiliki baling-baling".

"Itu bukan kecelakaan. Itu disengaja. Kerja intelijen," tambahnya seperti dikutip dari CNN.

Pentagon menyebut tindakan China mengirimkan balon mata-mata sebagai "pelanggaran yang tidak dapat diterima" atas kedaulatannya. Lawatan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke China pun dibatalkan akibat insiden balon mata-mata tersebut.

4 dari 4 halaman

Protes China

China sendiri telah mengajukan protes atas keputusan AS menembak jatuh balon miliknya, menyebut Washington bereaksi berlebihan.

"AS menggunakan kekuatan untuk menyerang pesawat sipil tak berawak kami, yang jelas merupakan reaksi berlebihan. Kami menyatakan protes serius terhadap tindakan AS," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei pada Minggu (5/2) sore. "China berhak menggunakan cara yang diperlukan untuk menghadapi situasi serupa."

Kementerian Luar Negeri China sebelumnya juga mencap AS bereaksi berlebihan.

"Pihak China telah berulang kali memberitahu AS setelah verifikasi bahwa pesawat itu untuk penggunaan sipil dan memasuki wilayah AS karena force majeure," ungkap Kementerian Luar Negeri China.

"China dengan jelas meminta AS untuk menanganinya dengan baik, dengan cara yang tenang, profesional, dan terkendali. Lagipula, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan AS juga sudah menyatakan bahwa balon tersebut tidak akan menimbulkan ancaman militer atau pribadi terhadap individu di darat."

Pada Sabtu, media pemerintah China mengumumkan bahwa kepala layanan cuaca negara itu telah dibebastugaskan. Langkah ini dinilai sejumlah analisis sebagai upaya untuk memperkuat posisi Beijing tentang keberadaan balon mata-mata tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.