Sukses

Misteri Hilangnya Nicola Bulley di Tepi Sungai: Diculik atau Hanyut?

Nicola Bulley hilang secara misterius di dekat sungai.

Liputan6.com, Lancashire - Menghilangnya seorang wanita di tepi sungai menjadi sorotan nasional di Inggris. Wanita itu adalah Nicola Bulley (45) yang menghilang pada pagi hari di Lancashire.

Ibu dua anak itu menghilang pada pagi hari ketika berjalan-jalan bersama anjingnya. Pada hari yang sama kepolisian langsung merilis info menghilangnya Nicola.

Menurut kronologi dari kepolisian setempat, Nicola masih sempat ikut meeting secara virtual pada sekitar pukul 09.01. Pada 09.30, meeting berakhir, tetapi Nicola masih belum keluar dari pertemuan itu.

Kemudian pada 09.35, anjing dan ponsel Nicola ditemukan di sebuah bangku oleh orang lain.

"Nicola, 45, terakhir kali terlihat sekitar pukul 9.15 pagi hari ini (Jumat, 27 Januari) pada jalur pejalan kaki tepi sungai Garstang Road di St Michael's on Wyre," tulis laporan di situs kepolisian Lancashire, dikutip Senin (6/2/2023).

Polisi menyebut anjing Nicola berhasil ditemukan di lokasi dekat menghilangnya Nicola.

Berbagai upaya sudah dilakukan polisi, termasuk pencarian udara. Pasukan damar, penjaga pantai, dan regu penolong pegunungan (mountain rescue) juga dikerahkan.

Detektif juga bekerja di balik layar untuk memeriksa telepon, rumah-rumah, CCTV, dashcam, serta melakukan beragam wawancara digital.

Teori-teori pun beredar mengenai menghilangnya Nicola. Ada yang menyebut ia tenggelam hingga korban penculikan.

Berikut sejumlah teori terkait menghilangnya Nicola, dilansir The Mirror:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teori Penculikan

Teori penculikan sempat menjadi pertanyaan dan membuat para wanita setempat resah.

"Ini membuat para wanita lokal ketakutan," ujar Christine Bowman (68) kepada The Mirror. "Jika mereka punya suami atau pasangan, mereka lah yang mengajak anjing jalan-jalan."

Keraguan juga diungkap oleh ayah dari Nicola, yakni Ernest. Ia telah bertanya ke sersan terkait kemungkinan penculikan, tetapi aparat meragukan adanya penculikan.

"Saya bilang 'bagaimana kamu tahu? Itu adalah yang terisolasi," ujar Ernest.

Polisi menyebut bahwa tidak ada bukti yang mendukung teori bahwa Nicola diculik. Tak ada pula laporan orang-orang mencurigakan atau kendaraan yang mencurigakan.

Meski demikian, saudari Nicola tetap meminta publik untuk tetap "berpikiran terbuka" terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi pada Nicola.

3 dari 4 halaman

Teori Hanyut di Sungai

Kepolisian lebih condong pada kemungkinan bahwa Nicola tenggelam di sungai. Pasalnya, Nicola kemungkinan tidak beranjak pergi dari lokasi tempat ia terakhir terlihat.

Polisi menduga bahwa Nicola tercebur, meski alasannya belum diketahui.

"Hipotesa kami yang bekerja adalah ia masuk ke sungai karena suatu alasan. Tidak ada bukti apa pun bahwa ada yang mencurigakan terkait menghilang dia atau adanya keterlibatan pihak ketiga pada menghilangnya dia," demikian pernyataan kepolisian Lancashire pada 3 Februari 2022.

Namun, polisi berkata bahwa investigasi masih terbuka, serta mereka akan bertindak apabila ada informasi baru yang terungkap.

4 dari 4 halaman

Teori-Teori Lain: Bunuh Diri hingga Melarikan Diri

Teori terkait pembunuhan bisa dibilang lemah, sebab tak ada tanda perlawanan atau saksi yang mendengar teriakan dari Nicola.

Ada pula teori bunuh diri, namun itu juga diragukan karena Nicola tidak punya rekam jejak yang memicu ia untuk bunuh diri atau melarikan diri. Selain itu, ia juga memiliki dua anak perempuan yang masih kecil.

Ernest juga berkata anak perempuannya memiliki pandangan hidup yang baik ke masa depan, serta mood-nya sedang baik sebelum menghilang.

Polisi sudah memeriksa semua CCTV di area tepi sungai, meski ada area kecil yang tak direkam CCTV. Polisi pun telah meminta rekaman dashcam dari masyarakat yang melewati area tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.