Sukses

AS Ungkap Masalah Nomor 1 di Negara Mereka, Ternyata Bukan Kemiskinan

Survei terbaru mengungkap apa yang bikin pusing warga Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington, DC - Permasalahan terbesar bagi warga Amerika Serikat di awal 2023 ternyata bukan inflasi, perang Ukraina-Rusia, atau rasisme. Berdasarkan survei dari Gallup, rakyat AS ternyata lebih pusing masalah kepemimpinan.

Gallup memberikan pertanyaan: Menurut Anda apakah masalah paling penting yang dihadapi negara ini hari ini?

Hasilnya, kepemimpinan yang buruk muncul di nomor wahid dengan 21 persen.

Berikut hasil survei Gallup terkait hal yang dianggap sebagai masalah paling penting di AS, dirilis Selasa (31/1/2023):

1. Pemerintah/Kepemimpinan buruk: 21 persen

2. Inflasi: 15 persen

3. Imigrasi: 11 persen

4. Ekonomi secara umum: 10 persen

5. Menyatukan negara: 6 persen

6. Hubungan ras/rasisme: 5 persen

7. Kemiskinan/Kelaparan/Ketunawismaan: 5 persen

8. Kejahatan/Kekerasan: 5 persen

9. Turunnya Etika/Moral/Keluarga: 4 persen

Terkait kepemimpinan, dukungan terhadap Joe Biden hanya 41 persen. Dukungan ke Kongres juga hanya 21 persen.

Pendukung Partai Demokrat dan Partai Republik juga sama-sama sepakat bahwa masalah kepemimpinan adalah yang paling bermasalah. Setelah itu, pendukung Partai Republik menilai inflasi dan imigrasi juga merupakan masalah.

Bagi Demokrat, inflasi menjadi masalah kedua setelah kepemimpinan.

Memang terkait ekonomi, 72 persen warga AS menilai keadaan bertambah parah. Hanya 22 persen yang menyebut ekonomi membaik.

Masalah ras merupakan hal yang ramai dibahas di AS, terutama terkait rasisme yang melibatkan polisi. Akan tetapi, pendukung Partai Republik tak menilai bahwa isu ras adalah masalah besar. Hanya 2 persen yang menilai demikian. Sementara, 9 persen pendukung Demokrat menyatakan ras adalah masalah penting.

Ada pula dua isu yang hanya disorot pendukung Partai Demokrat di survei tersebut, yakni lingkungan dan kesenjangan antara kaya dan miskin. 

Isu lain yang disorot pendukung Partai Republik adalah terkait moral. Sebanyak 6 persen berkata isu tersebut bermasalah, tetapi hanya 2 persen pendukung Demokrat yang setuju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donald Trump Kembali

Sebelumnya dilaporkan, mantan Presiden Donald Trump memulai kampanye perdananya untuk Pilpres AS 2024 dengan mampir di New Hampshire dan South Carolina pada hari Sabtu 28 Januari 2023.

Kunjungan itu menandai penampilan kampanye pertama sejak mengumumkan pencalonan terbarunya lebih dari dua bulan lalu. 

"Bersama-sama kita akan menyelesaikan urusan yang belum selesai untuk membuat Amerika hebat lagi," kata Trump pada sebuah acara malam di Columbia untuk memperkenalkan tim kepemimpinannya di Carolina Selatan, seperti dikutip dari Euronews, Minggu (29/1).

Trump dan sekutunya berharap peristiwa di negara-negara bagian dalam memilih calon akan menawarkan unjuk kekuatan di belakang mantan presiden setelah awal yang lamban untuk kampanyenya yang membuat banyak orang mempertanyakan komitmennya untuk mencalonkan diri lagi.

"Mereka bilang, 'Dia tidak melakukan kampanye, dia tidak berkampanye. Mungkin dia kehilangan langkah itu,'" kata Trump pada pertemuan tahunan GOP New Hampshire di Salem, acara pertamanya.

Tapi, dia mengatakan kepada hadirin para pemimpin partai, "Saya lebih marah sekarang dan saya lebih berkomitmen sekarang daripada sebelumnya."

Di Carolina Selatan, dia lebih lanjut menepis spekulasi tersebut dengan mengatakan bahwa "kami memiliki unjuk rasa besar yang direncanakan, lebih besar dari sebelumnya."

3 dari 4 halaman

Fokus di Selatan

Tim kampanye Trump membuka kantor pusat di Palm Beach, Florida, dan telah mempekerjakan staf.

Dan dalam beberapa pekan terakhir, para pendukung telah menjangkau operasi politik dan pejabat terpilih untuk mengamankan dukungan bagi Trump pada titik kritis ketika Partai Republik lainnya sedang mempersiapkan tantangan yang mereka harapkan.

Di New Hampshire, Trump mempromosikan agenda kampanyenya, termasuk imigrasi dan kejahatan, dan mengatakan kebijakannya akan menjadi kebalikan dari kebijakan Presiden Joe Biden.

Dia mengutip langkah Demokrat untuk mengubah kalender pemilihan, membuat New Hampshire kehilangan tempat utamanya, dan menuduh Biden, peraih tempat kelima di New Hampshire pada tahun 2020, "secara memalukan merusak tradisi politik tercinta ini".

"Saya harap Anda akan mengingatnya selama pemilihan umum," kata Trump kepada anggota partai. Trump sendiri dua kali memenangkan primary tetapi kehilangan negara bagian setiap kali dari Demokrat.

Kemudian di Carolina Selatan, Trump mengatakan dia berencana untuk mempertahankan pemilihan pendahuluan presiden negara bagian itu sebagai "yang pertama di Selatan" dan menyebutnya "negara bagian yang sangat penting".

Dalam pidatonya, dia terluka dari kritik terhadap Biden dan Demokrat hingga komentar yang meremehkan tentang orang-orang transgender, ejekan terhadap orang-orang yang mempromosikan penggunaan kompor listrik dan mobil listrik, dan mengenang upaya saat menjabat sebagai presiden untuk meningkatkan produksi minyak, mencapai kesepakatan perdagangan dan menindak migrasi di perbatasan AS-Meksiko.

4 dari 4 halaman

Masih Unggul di Partai Republik

Sementara Trump tetap menjadi satu-satunya kandidat presiden 2024 yang dideklarasikan, penantang potensial, termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis, mantan Wakil Presiden Mike Pence dan mantan Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley, yang merupakan duta besar Trump untuk PBB, diperkirakan akan memulai kampanye mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Kampanye Trump, pada tahap awal, telah menuai kontroversi, terutama ketika dia makan malam dengan nasionalis kulit putih yang menyangkal Holocaust Nick Fuentes dan rapper yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West, yang telah membuat serangkaian komentar antisemit.

Trump juga secara luas diejek karena menjual serangkaian kartu perdagangan digital yang menggambarkannya sebagai pahlawan super, koboi dan astronot, antara lain.

Dia adalah subjek dari serangkaian penyelidikan kriminal, termasuk satu ke dalam penemuan ratusan dokumen dengan tanda rahasia di klub Florida-nya dan apakah dia menghalangi keadilan dengan menolak mengembalikannya, serta pemeriksaan negara bagian dan federal atas upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan 2020, yang dia kalahkan dari Biden.

Namun, jajak pendapat awal menunjukkan dia adalah favorit untuk memenangkan nominasi partainya.

"Pistol ditembakkan, dan musim kampanye telah dimulai," kata Stephen Stepanek, ketua Partai Republik New Hampshire.

Trump mengumumkan bahwa Stepanek akan menjabat sebagai penasihat senior untuk kampanyenya di negara bagian itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.