Sukses

Kasus Kecurangan Ujian Sekolah di Singapura Bikin Interpol Turun Tangan

Interpol telah mengeluarkan peringatan untuk seorang wanita di balik penipuan kecurangan ujian yang rumit di Singapura yang melibatkan telepon dan headphone yang ditempel untuk siswa.

Liputan6.com, Singapura - Badan koordinasi kepolisian internasional alias Interpol telah mengeluarkan peringatan untuk seorang wanita di balik penipuan kecurangan ujian yang rumit di Singapura yang melibatkan telepon dan headphone yang ditempel untuk siswa.

Poh Yuan Nie, 57, memimpin jaringan terorganisir itu bersama dengan tiga kaki tangan, yang semuanya telah dipenjara, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/1/2023).

Poh, mantan kepala sekolah dari pusat pendidikan setempat, telah dijadwalkan untuk memulai hukuman empat tahun September lalu, tetapi gagal menyerahkan diri.

Dia diduga telah melarikan diri dari Singapura.

Polisi di negara kota itu mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Poh, juga dikenal sebagai Pony, November lalu. Mereka mengajukan "red notice" Interpol pada bulan berikutnya dan telah meminta informasi tentang keberadaannya.

Red notice adalah permintaan kepada lembaga penegak hukum di seluruh dunia untuk menemukan dan menangkap seseorang yang menunggu ekstradisi atau tindakan hukum serupa.

Penipuan itu terjadi selama beberapa hari pada Oktober 2016, dalam sebuah penyelenggaraan ujian masuk sekolah.

Menurut media lokal, Pusat Pendidikan Zeus yang dikelola Poh terlibat untuk memberikan uang sekolah kepada enam siswa - berusia 17 hingga 20 tahun - untuk membantu mereka lulus ujian dan memasuki perguruan tinggi kejuruan lokal yang dikenal sebagai politeknik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membayar Sejumlah Uang

Poh dibayar S$8.000 (£4.900; $6.100) per siswa, serta S$1.000 untuk biaya masuk - tetapi uang itu harus dikembalikan sepenuhnya jika mereka tidak lulus.

Para siswa - semua warga negara China - duduk untuk kertas di tempat yang berbeda sambil mengenakan headphone in-ear berwarna kulit. Ponsel dan perangkat Bluetooth ditempel di tubuh mereka oleh Poh dan kaki tangannya, dan dengan hati-hati disembunyikan di bawah pakaian mereka.

Mantan pacar Poh, Tan Jia Yan, yang saat itu berusia 30 tahun, juga duduk untuk ujian sebagai kandidat pribadi. Dia melakukannya dengan ponsel kamera yang terpasang di dadanya melalui selotip, dan tersembunyi di balik pakaiannya.

Menggunakan FaceTime, Tan menyiarkan siaran langsung soal-soal itu kepada Poh, keponakannya Fiona Poh dan seorang karyawan Feng Riwen, yang sedang menunggu di pusat pendidikan.

Ketiganya kemudian mencari jawaban dan memberikannya kepada para siswa melalui headphone mereka. "Jika saya mendengarnya dengan jelas, saya harus tetap diam, jika tidak, saya harus batuk," bersaksi seorang siswa.

 

3 dari 3 halaman

Skema Kecurangan Terungkap

Skema itu terurai ketika seorang pengawas ujian mendengar suara transmisi yang tidak biasa datang dari salah satu siswa, yang ketika ditanyai tidak menunjukkan kecurigaan apapun bagi pengawas.

Salah satu siswa yang terlibat bersaksi bahwa dia telah ditekan oleh tutor untuk menyontek, dan "tidak berani" memberi tahu mereka bahwa dia tidak ingin menjadi bagian darinya.

Pada tahun 2020, Poh, keponakannya dan Feng dihukum karena 27 tuduhan. Mereka masing-masing dipenjara antara dua dan empat tahun.

Seorang hakim telah meminta ketiganya untuk bersaksi dalam pembelaan mereka, tetapi mereka memilih untuk tetap diam. Jaksa penuntut berpendapat bahwa kesimpulan yang merugikan harus diambil dari ini, termasuk kesimpulan akhir dari kesalahan.

Pada 2019, Tan dipenjara selama tiga tahun atas tuduhan yang sama. Pada saat hukumannya, Hakim Distrik Kenneth Yap mengatakan bahwa kesucian ujian nasional harus dilindungi.

"Gagasan bahwa siswa dapat membeli [hasil] dengan menggunakan kecurangan adalah ofensif. Ini merusak prinsip meritokrasi. Tidak mungkin orang kaya bisa mendapatkan hasil ujian," katanya.

Ada skandal kecurangan teknologi tinggi serupa di tempat lain. Pada tahun 2016, mahasiswa kedokteran di Thailand tertangkap menggunakan kamera tertanam dan jam tangan pintar dengan informasi yang disimpan untuk menyontek ujian mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.