Sukses

Profil Tank Leopard 2 Bikinan Jerman yang Bikin Rusia Panik

Jerman merestui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Kedatangan tank itu memiliki potensi untuk mengubah situasi perang antara Rusia-Ukraina.

Liputan6.com, Kyiv - Pemerintah Jerman dikabarkan merestui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Kedatangan tank itu memiliki potensi untuk mengubah situasi perang antara Rusia-Ukraina.

Berdasarkan laporan The Washington Post, Rabu (25/1/2023), Jerman tidak akan menghalangi apabila negara-negara sahabat ingin mengirim Leopard 2 mereka ke Ukraina. Sebelumnya, Polandia ingin mengirimkan tank Leopard 2 milik Ukraina, namun terganjal restu Jerman sebagai pemanufaktur. 

BBC menyebut Kanselir Jerman Olaf Scholz akan mengirim setidaknya 14 unit tank Leopard 2 untuk Ukraina. 

Kabar pengiriman tank Leopard 2 itu mendapatkan respons negatif dari Rusia. Pemerintah Rusia berkata langkah itu akan memperparah hubungan Rusia-Jerman. 

Mengapa Rusia begitu resah dengan tank Leopard 2? Dan mengapa Ukraina dan sekutunya sangat menginginkan tank tersebut? 

Jawabannya karena tank Leopard 2 adalah salah satu tipe tank terbaik di dunia. NPR menyebut Leopard 2 adalah tank tempur terbaik nomor dua di dunia. Satu-satunya pesaing Leopard 2 adalah M1 Abrams buatan Amerika Serikat. 

Berikut profil tank Leopard 2:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Spesifikasi

Menurut situs Military Factory, tank ini telah diproduksi sebanyak 3.500 unit. Pembuat tank ini adalah Krauss-Maffei Wegmann.

Panjang tank: 9,67 meter

Lebar: 3,7 meter

Tinggi: 2,48 meter

Berat: 60,8 ton

Kecepatan: 44,7 mph

Range: 550 km

Kru: 4 orang

Operator: Austria, Kanada, Chile, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki

Persenjataan (tipe 2A6 dan setelahnya):

- 1 x 120mm Rheinmetall L55 smoothbore main gun

- 1 x 7.62mm MG3A1 co-axial machine gun

- 1 x 7.62mm MG3A1 anti-aircraft machine gun

- 2 x 8 smoke grenade dischargers

3 dari 4 halaman

2. Perlindungan Lengkap

Kekuatan tank Leopard 2 tak hanya unggul dalam penyerangan, tetapi untuk bertahan. Situs France24 menyebut tank ini bisa memberikan perlindungan lengkap bagi para prajurit dari ranjau, api, hingga improvised explosive device (IED).

Tank Leopard ini juga memiliki kemampuan deteksi musuh pada jarak yang jauh. 

Keunggulan tank ini membuatnya menjadi favorit di Eropa. Amunisi dan suku cadangnya pun mudah didapatkan. 

Media Jerman Frankfurter Allgemeine Zeitung menyebut Leopard 2 bagaikan "(Volkswagen) Golf di industri tank Jerman: serba bisa dengan pengakuan dunia".

4 dari 4 halaman

3. Ukraina Butuh 100

Tank Leopard yang aktif saat ini adalah tipe 2A4 menuju 2A7. Pakar menyebut Ukraina butuh setidaknya 100 tank Leopard untuk mengubah situasi di Ukraina. 

International Institute for Strategic Studies (IISS) menyebut kehadiran 100 tank Leopard 2 akan "signifikan" untuk Ukraina.

"Dengan Leopard, tentara bisa maju lusinan kilometer sekali jalan," ujar CEO dari Rheinmetall, Armin Papperger. Rheinmetall adalah perusahaan manufaktur perlengkapan pertahanan. 

Selain itu, para pakar menyarankan supaya Ukraina dikirim jenis yang sama, yaitu tank Leopard 2A4.

"Model yang sama sangatlah penting untuk pelatihan dan alasan logistik," ujar Jenderal Bruno Kasdorf, mantan inspektur tentara Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini