Sukses

8 Fakta Penembakan Malam Imlek di California, Rakit Senjata hingga Penembak Tertua

Berikut ini delapan fakta terkait penembakan malam Imlek di California.

Liputan6.com, California - Penembakan massal akhir pekan lalu, Sabtu 21 Januari 2023 di sebuah studio tari di Monterey Park, sebuah kota di timur Los Angeles, California, AS menewaskan 11 orang dan menyebabkan sembilan lainnya luka-luka.

Korban ke-11 meninggal di sebuah rumah sakit, Departemen Layanan Kesehatan Los Angeles (DHS) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. Korban tidak diketahui identitasnya oleh petugas.

Seorang wanita berusia 73 tahun yang terluka dalam penembakan itu dipulangkan dari LAC+USC Medical Center Senin sore waktu setempat, kata para pejabat. Dua korban lagi masih mendapatkan perawatan.

Setelah perburuan selama berjam-jam, tersangka ditemukan tewas akibat luka tembak yang dilakukan sendiri di Torrance, sekitar 30 mil barat daya Monterey Park, kata para pejabat.

Tersangka telah diidentifikasi sebagai Huu Can Tran, seorang pria Asia berusia 72 tahun.

Berikut ini delapan fakta terkait penembakan malam Imlek di California, dirangkum dari situs NPR.org, Selasa (24/1/2023):

1. 4 Korban Diidentifikasi

Pada Senin 23 Januari, Los Angeles County Medical Examiner-Coroner mengidentifikasi empat korban sebagai My Nhan yang berusia 65 tahun, Lilan Li yang berusia 63 tahun, Xiujuan Yu yang berusia 57 tahun, dan Valentino Alvero yang berusia 68 tahun. Tiga wanita dan empat pria yang tersisa - semuanya berusia 50-an, 60-an, dan 70-an - belum teridentifikasi.

"Tim kami terus bekerja sepanjang waktu untuk merawat dua korban yang tersisa yang menerima perawatan di LAC+USC, dan kami tetap berharap untuk kesembuhan mereka," kata Jorge Orozco, CEO di LAC+USC Medical Center, dalam sebuah pernyataan.

2. Serangan di Komunitas Orang Asia di AS

Serangan Sabtu malam itu terjadi di komunitas yang didominasi orang Asia-Amerika pada Malam Tahun Baru Imlek, setelah festival populer di daerah tersebut digelar. Sepuluh orang — lima wanita dan lima pria — dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Belum diketahui motif penembakan di California tersebut. FBI dan otoritas negara juga terlibat dalam penyelidikan.

Populasi Monterey Park lebih dari 65% orang Asia, menurut angka terbaru dari Biro Sensus AS.

Kota berpenduduk hampir 60.000 itu baru saja menyelesaikan hari pertama Festival Tahun Baru Imlek ketika penembakan terjadi.

Tahun Baru Imlek, yang dimulai Minggu 22 Januari, adalah salah satu festival terpenting di masyarakat Asia, termasuk di Vietnam, China, Korea, dan Mongolia. Liburan secara historis dimulai pada bulan baru pertama tahun lunar, tetapi tanggal mulai dan asalnya dapat berbeda di setiap budaya.

Anggota dewan Monterey Park Thomas Wong, yang mewakili distrik tempat penembakan itu terjadi, mengatakan komunitasnya terkejut, sedih, dan "gelisah".

"Alih-alih merayakan dan menyatukan keluarga untuk menantikan tahun baru yang penuh harapan dan sejahtera, kami memulainya dengan tragedi yang tidak masuk akal," kata Wong kepada NPR.

3. Pelaku Pernah Ditangkap Sebelumnya

Selama jumpa pers Senin sore waktu setempat, Sheriff Los Angeles County Robert Luna mengatakan kepada wartawan bahwa pria bersenjata itu, Huu Can Tran, seorang pria Asia berusia 72 tahun, memiliki "sejarah kriminal yang terbatas."

Ia pernah ditangkap pada tahun 1990 karena memiliki senjata api secara tidak sah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Serangan di 2 Studio Tari Terpisah

Sekitar pukul 10.22 malam. waktu setempat pada hari Sabtu, Tran melepaskan tembakan di dalam Star Dance Studio, sebuah studio dansa ballroom milik warga China di West Garvey Avenue, kurang dari satu blok dari tempat diadakannya festival Tahun Baru Imlek.

Hari pertama festival dua hari baru saja berakhir. Acara, yang menurut para pejabat menarik lebih dari 100.000 peserta, dibatalkan setelah penembakan.

Kekerasan senjata Amerika memiliki biaya yang sangat besar di luar jumlah korban jiwa, studi baru menemukan Sekitar setengah jam setelah penyerangan, pria bersenjata yang sama pergi ke studio ballroom lain, Lai Lai Ballroom and Studio, di dekat Alhambra, beberapa mil jauhnya.

Tersangka pergi ke lokasi kedua dengan "niat untuk membunuh lebih banyak orang," kata Sheriff Los Angeles County Robert Luna, tetapi dua orang berhasil melucuti senjata tersangka dengan merebut senjata dari tangannya.

Tersangka menggunakan apa yang menurut otoritas setempat adalah pistol serbu dengan magazin, yang menurut Luna dia tidak yakin dengan status hukumnya di negara bagian.

Pada hari Minggu sekitar pukul 10.20, polisi melihat sebuah van kargo putih di Torrance, California. Pengemudi van tersebut menepi dan polisi mengepungnya, kemudian mendengar satu tembakan.

Pihak berwenang mundur dan kembali sekitar pukul 12.52 dengan tim pendukung, lalu menemukan Tran di dalam, dalam kondisi sudah meninggal karena luka tembak yang dilakukan sendiri.

3 dari 4 halaman

5. Bikin Senjata Rakitan di Rumah

Pria bersenjata itu membuat senjata api rakitan di rumahnya, kata para pejabat.

Luna mengatakan kepada wartawan bahwa penyelidik menemukan "beberapa barang menarik" di kediaman pria bersenjata itu pada hari Senin, beberapa di antaranya membuat penyelidik percaya bahwa dia "memproduksi penekan senjata api rakitan."

Barang-barang itu dikumpulkan selama surat perintah penggeledahan yang dilakukan pada hari itu, menurut pejabat.

Luna juga mengatakan kepada wartawan bahwa beberapa barang lain yang ditemukan adalah senapan kaliber .308 bersama dengan berbagai perangkat elektronik, termasuk komputer dan ponsel. Selain itu, pihak berwenang mengatakan mereka juga menemukan "ratusan butir" amunisi.

Perbandingan balistik dan forensik tambahan perlu dilakukan pada semua barang yang dikeluarkan dari rumah, menurut Luna.

"Kami tidak ingin meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat," kata Luna kepada wartawan, menambahkan bahwa kantornya bekerja dalam kemitraan dengan FBI, ATF, dan kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles.

Pihak berwenang juga menyita pistol Norinco yang didaftarkan atas nama Tran, dari van tempat jasadnya ditemukan hari Minggu, kata Luna.

4 dari 4 halaman

6. Penembak Menuduh Keluarganya Mencoba Meracuninya

Pihak berwenang mengatakan Tran datang ke kantor polisi di Hemet, California, awal bulan ini untuk menyatakan bahwa keluarganya di daerah Los Angeles telah menipu, mencuri, dan mencoba meracuninya dalam insiden mulai dari 10 hingga 20 tahun yang lalu.

Tersangka menyatakan dia akan kembali ke kantor dengan bukti untuk mendukung tuduhannya tetapi dia tidak pernah kembali, kata Departemen Kepolisian Hemet.

7. Penembak Diduga Ngambek Tak Diundang Pesta

Berdasarkan laporan The Los Angeles Times, hal itu terkuak berdasarkan obrolan di aplikasi WeChat setelah insiden. Pelaku bernama Huu Can Tran disebut kesal karena wanita yang ia kenal diundang ke pesta dansa di sebuah ballroom, tetapi ia sendiri tak diundang.

Ketua dari Kamar Dagang China di Los Angeles, Chester Chong, percaya bahwa masalah penembakan itu memang personal, yakni tersinggung karena tak diundang ke acara. Menurutnya itu hal yang umum.

"Para laki-laki mungkin benci ketika istrinya berangkat dan berdansa dengan laki-laki lain," ujarnya. Chester juga menyebut banyak orang-orang yang sedang kesepian menghadiri acara-acara tersebut untuk berkencan.

Seorang warga Monterey Park bernama Grace mengaku melihat grup WeChat terkait. Ia berkata Tran cemburu karena wanita yang ia kenal pergi berdansa tanpa dirinya. Tran sepertinya tidak mendapat undangan.

8. Pelaku Penembakan Tertua di AS

Usia Tran yang tidak muda lagi turut disorot, karena pelaku penembakan massal di Amerika Serikat cenderung berusia muda.

James Densley, presiden dari Violence Project yang melacak kasus penembakan massal, menyebut bahwa Tran adalah pelaku penembakan tertua dalam database mereka. Database itu menghitung kasus dari 1966.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.