Sukses

Walau Kaya Raya, Daniel Craig hingga Gordon Ramsay Tak Berikan Warisan untuk Anaknya

Daniel Craig hingga Gordon Ramsay "perhitungan" dengan anaknya soal "kekayaan". Apa alasan mereka?

 

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang tua dengan kekayaan berlimpah berniat mewarisi hartanya pada anak-anak mereka. Mayoritas beralasan agar anak-anaknya mandiri.

Namun, ada pula yang meninggalkan warisan, tapi jumlahnya tidak sefantastis yang dibayangkan. 

Dikutip dari BBC, Jumat (20/1/2023), mulai dari aktris Marie Osmond, Daniel Craig, hingga Warren Buffett, berikut empat pesohor yang "perhitungan" dengan anak mereka:

1. Marie Osmond

Marie Osmond, yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$ 20 juta (Rp301 miliar), mengatakan kepada sebuah majalah bahwa ia menolak membagikan kekayaannya untuk anaknya. 

Sebaliknya, dia berkata bahwa dia ingin memastikan anak-anaknya menjalani keinginan mereka sendiri dan menemukan kesuksesan mereka sendiri. 

"Saya tidak tahu mereka akan menjadi apa jika saya hanya menyerahkan uang," kata Osmond

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Daniel Craig

Aktor asal Inggris Daniel Craig mengatakan bahwa gagasan soal warisan bukanlah hal yang "menyenangkan" dan bahwa kedua anaknya tidak akan mendapatkan kekayaannya yang senilai US$ 125 juta (Rp1,8 triliun).

"Filosofi saya adalah singkirkan atau berikan sebelum Anda pergi," kata bintang 'James Bond' itu pada tahun 2020.

Faktanya, tanpa warisan sekalipun, putri tertua Craig, Ella (31), telah terkenal.

Dia diwakili oleh Ford Models, salah satu agensi catwalk terbesar di dunia dan muncul di sampul L'Officiel, majalah mode Prancis pada awal tahun ini. 

Ella juga mengikuti jejak ayahnya dengan mencoba peruntungan di dunia akting. Selain bermain teater, ia juga telah membintangi sejumlah film. Salah satunya, "Texas Road".

Pada akhirnya, ia berharap untuk dihormati "sebagai aktris yang berkualitas dan melakukan pekerjaan yang sangat berkualitas".

3 dari 5 halaman

3. Gordon Ramsay

Meski terlahir dari salah satu koki paling terkenal di dunia, lima anak Gordon Ramsay tidak sepenuhnya menikmati kekayaan ayah mereka.

Menurut Ramsay, anak-anaknya jarang makan di restorannya yang berbintang Michelin. Mereka juga tidak duduk bersama orang tuanya di kelas satu saat naik pesawat.

"Mereka belum bekerja cukup keras untuk membelinya," kata Ramsay kepada Telegraph pada 2017.

Kekayaan Ramsay diperkirakan senilai 63 juta pound sterling atau senilai Rp1 triliun. 

Ramsay menegaskan bahwa dia tidak berniat mewarisi kekayaannya kepada anak-anaknya jika dia meninggal. Dia beralasan tidak ingin memanjakan mereka.

Anak-anak Ramsay sejauh ini telah mengukir jalan mereka sendiri. Putri tertuanya, Megan (24), menempuh pendidikan psikologi, sedangkan putra tertuanya, Jack (23), telah bergabung dengan Royal Marines. 

Sementara itu, putrinya yang berusia 21 tahun, Matilda, menjadi bintang televisi seperti ayahnya. Dia mempresentasikan acara memasaknya sendiri, "Matilda and the Ramsay Bunch", di saluran televisi anak-anak CBBC. Matilda juga tampil di "MasterChef Junior".

Matilda mengumpulkan lebih dari satu juta pengikut di Instagram dan 10 juta lainnya di TikTok, di mana dia sering membagikan video ayahnya - beberapa di antaranya menjadi viral.

4 dari 5 halaman

3. Sting

Legenda rock asal Inggris, Sting, adalah salah satu musisi paling sukses di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih US$ 400 juta atau sekitar Rp6 triliun. Tapi dia mengatakan anak-anaknya hampir tidak mendapatkan apa-apa ketika dia pergi nanti.

"Pemasukan kita belanjakan dan tidak banyak yang tersisa," kata ayah enam anak itu kepada Daily Mail pada tahun 2014.

Ia menambahkan, "Saya tentu saja tidak ingin meninggalkan mereka dana perwalian. Mereka harus bekerja."

Anak-anak Sting sendiri telah memulai karier di bisnis pertunjukan. Putrinya, Mickey Sumner, adalah seorang aktris yang membintangi film "Frances Ha", sementara dua anaknya yang lain - Eliot dan Joe - adalah musisi.

Sting juga membawa Joe sebagai artis pembuka di tur dunia "My Songs" pada tahun 2022. 

5 dari 5 halaman

4. Warren Buffett

Salah satu investor tersukses dunia asal Amerika Serikat, Warren Buffett, mengatakan akan menyumbangkan lebih dari 99 persen kekayaannya, sementara anak-anaknya tidak akan mendapat banyak.

Buffett menulis pada tahun 2021, "Setelah banyak mengamati keluarga yang sangat kaya, berikut saran saya: Biarkan anak-anak cukup sehingga mereka dapat melakukan apa saja, tetapi menjadi tidak cukup jika mereka tidak dapat melakukan apa-apa."

Anak-anaknya yang sudah dewasa kini telah memulai kariernya masing-masing, mulai dari filantropi hingga politikus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.