Sukses

Situs Geologi AS Catat Gempa Magnitudo 7 Guncang Sulawesi Utara

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 7.0 melanda Sulawesi Utara, Indonesia.

Liputan6.com, Tobelo - Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 7.0 melanda Sulawesi Utara, Indonesia.

Badan AS tersebut mencatat gempa Sulawesi berpusat di titik barat laut provinsi Sulawesi Utara, dengan kota terdekat melanda Tobelo, dikutip dari laman earthquake.usgs.gov, Rabu (18/1/2023).

Titik kordinat gempa ada di 2.740°N 127.051°E dengan kedalaman gempa yaitu 48 kilometer.

Antisipasi Gempa

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.