Sukses

16 Januari 1945: Adolf Hitler yang Nyaris Kalah Bersembunyi di Bawah Tanah

Hari ini, 78 tahun yang lalu, Adolf Hitler yang di ambang kekalahan pada Perang Dunia II, bersembunyi di bunker bawah tanah di Berlin, di mana ia tetap berada di sana selama 105 hari, hingga akhirnya bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 78 tahun yang lalu, Adolf Hitler yang di ambang kekalahan pada Perang Dunia II, bersembunyi di bunker bawah tanah di Berlin, di mana ia tetap berada di sana selama 105 hari, hingga akhirnya bunuh diri.

Seperti dikutip dari History.com, Hitler bersembunyi di bunker tersebut setelah memutuskan tak akan meninggalkan Berlin yang tengah dikepung oleh pasukan Sekutu; Uni Soviet dan Amerika Serikat. Demikian, Today In History Liputan6.com pada Senin, (15/1/2018).

Berlokasi 16 meter di bawah Reichskanzlei (Gedung Kanselir Jerman), bunker itu -- yang dikenal dengan nama Fuhrerbunker -- berisi 18 ruangan kecil serta mandiri dengan persediaan air dan listriknya sendiri.

Setelah masuk ke dalam bunker tersebut, Adolf Hitler jarang sekali pergi keluar. Tercatat hanya sekali The Fuhrer keluar dari rubanah tersebut, yakni untuk memimpin seremoni sayap pemuda Nazi Jerman.

Selama di dalam bunker tersebut, Adolf Hitler banyak menghabiskan waktu bercengkerama dengan sesama rekan Nazi, seperti Hermann Goering, Heinrich Himmler, Joachim von Ribbentrop, dan -- tak ketinggalan -- calon istri Der Fuhrer, Eva Braun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Tempat Bunuh Diri Hitler

Berdasarkan catatan sejarah, Fuhrerbunker di Reichskanzlei, Berlin itu menjadi tempat Adolf Hitler dan kekasihnya, Eva Braun, bunuh diri bersama pada 30 April 1945.

Hitler disebut bunuh diri dengan menembak kepalanya. Sedangkan Eva Braun menggigit kapsul sianida. Apa saja yang ada di bunker misterius tempat persembunyian sang Fuhrer?

Fotografer William Vandivert mengungkap semua. Ia menjadi orang yang pertama berhasil mengabadikan isi dari tempat spesial sang pemimpin Nazi.

 

3 dari 3 halaman

Sisa Peninggalan Hitler

Dalam foto-foto yang William muat di Majalah Life, seperti dikutip dari Dailymail, terlihat puing-puing, dokumen, dan furnitur yang menjadi sisa-sisa peninggalan Hitler. Peralatan rumah tangga terlihat berlumuran darah.

Sejumlah lukisan menggantung di berbagai sudut dinding bunker. Banyak tumpukan kertas dan perabotan rusak berhamburan di lantai, memenuhi ruangan. Ada juga lukisan seorang wanita Abad ke-16 yang diduga diambil dari Museum Milan.

Hitler dan Eva disebutkan menghabiskan sisa-sisa hidupnya di bunker tersebut sekitar 2 pekan setelah jatuhnya Berlin. Tempat rahasia itu juga menjadi saksi sejarah Hitler melalui masa penting dalam hidupnya.

Ahli sejarah menduga Hitler dan Eva menikah di tempat tersebut. Di tempat itu pula, Hitler disebut mengatur komando pasukannya sebelum dan sesudah jatuhnya Berlin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.