Sukses

Ketegangan di Kashmir Meningkat Usai 5 Warga Sipil Tewas dalam 24 Jam

Ketegangan di wilayah Kashmir meningkat setelah kematian 5 warga sipil dalam 24 jam terakhir.

Liputan6.com, Kashmir - Beberapa bagian Kashmir yang dikelola India tegang setelah lima warga sipil tewas dalam dua serangan terpisah di daerah yang sama dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dilansir BBC, Senin (2/1/2022), empat orang tewas dan sembilan lainnya luka-luka setelah militan menembaki tiga rumah di distrik Rajouri pada Minggu malam.

Pada hari Senin, seorang anak meninggal dan empat orang terluka setelah ledakan terjadi di dekat rumah yang sama.Penyebab ledakan itu tidak segera jelas. 

Pejabat tinggi kepolisian telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut.Serangan hari Minggu telah memicu protes dan pemogokan di Rajouri karena orang-orang menyalahkan pemerintah setempat atas kesalahan keamanan. 

Manoj Sinha, kepala administrasi wilayah tersebut, mengutuk "serangan teror pengecut di Rajouri" dan mengumumkan bantuan keuangan untuk keluarga para korban.

"Saya meyakinkan orang-orang bahwa mereka yang berada di balik serangan keji ini tidak akan luput dari hukuman," tweetnya pada hari Senin.Wilayah Kashmir di Himalaya diperebutkan dengan panas oleh India dan Pakistan, yang sama-sama mengklaimnya secara penuh tetapi menguasainya sebagian. 

Tetangga bersenjata nuklir itu telah berperang dua kali dan konflik terbatas atas Kashmir sejak 1947, ketika India dipartisi dan Pakistan dibentuk.

Selama lebih dari tiga dekade, pemberontakan bersenjata telah dilancarkan melawan kekuasaan India di wilayah tersebut, yang merenggut puluhan ribu nyawa.

India menyalahkan Pakistan karena mengobarkan kerusuhan dengan mendukung militan separatis di Kashmir - tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik Jammu-Kashmir

Jammu dan Kashmir adalah satu-satunya negara bagian berpenduduk mayoritas Muslim di India hingga Agustus 2019, ketika pemerintah federal mencabut otonominya dan membaginya menjadi dua wilayah terpisah. 

Empat orang yang tewas pada hari Minggu berasal dari komunitas minoritas Hindu di Kashmir yang mayoritas Muslim.

Selama setahun terakhir, beberapa umat Hindu di Kashmir telah tewas dalam serangan yang ditargetkan oleh militan, sehingga memicu ketakutan di masyarakat.

3 dari 4 halaman

Tersangka Pemberontak Tewas

Beberapa hari lalu, polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India mengatakan pasukan pemerintah menewaskan empat tersangka militan dalam baku tembak, Rabu (28/12).

Seorang perwira tinggi polisi, Mukesh Singh, mengatakan pasukan India mencegat sebuah truk di pinggiran kota Jammu, Rabu pagi (28/12) menyusul "pergerakan kendaraan itu yang tidak biasa" di jalan raya.

Ketika pasukan mulai menggeledah truk, tembakan datang dari dalam, yang dibalas oleh pasukan, sehingga terjadi baku tembak, kata Singh kepada wartawan.

Polisi mengatakan empat tersangka militan tewas dan pihak berwenang menemukan sedikitnya delapan senapan otomatis dan beberapa amunisi dari truk tersebut. Menurut polisi, pengemudi truk melarikan diri dan pencarian sedang dilakukan untuk menemukannya. Tidak ada konfirmasi independen atas dugaan baku tembak tersebut.

4 dari 4 halaman

Pemberontakan di Kashmir

Pemberontak di bagian Kashmir yang dikuasai India telah berperang melawan pemerintahan New Delhi sejak 1989. Sebagian besar Muslim Kashmir mendukung tujuan pemberontak untuk menyatukan wilayah tersebut, baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka tersendiri.

India menegaskan militansi Kashmir adalah terorisme yang disponsori Pakistan. Pakistan membantah tuduhan itu, dan sebagian besar warga Kashmir menganggapnya sebagai perjuangan kemerdekaan yang sah. Puluhan ribu warga sipil, pemberontak, dan anggota pasukan pemerintah tewas dalam konflik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.