Sukses

Gangguan Teknis, Bandara Manila Filipina Batalkan Hampir 270 Penerbangan

Hampir 270 penerbangan masuk atau keluar Manila dibatalkan pada Minggu (1 Januari) menyusul masalah teknis dan pemadaman listrik yang dilaporkan di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA).

Liputan6.com, Jakarta - Hampir 270 penerbangan masuk atau keluar Manila dibatalkan pada Minggu (1 Januari) menyusul masalah teknis dan pemadaman listrik yang dilaporkan di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA).

Wisatawan mulai mengalami gangguan pada dini hari Tahun Baru, dengan otoritas bandara mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada pukul 12.15 pagi bahwa beberapa jadwal penerbangan dapat berubah "pada waktu tertentu", demikian seperti dikutip dari Channelnewsasia, Minggu (1/1/2023).

Otoritas Bandara Internasional Manila (MIAA) kemudian mengatakan penerbangan ke dan dari ibu kota ditunda karenamasalah yang melibatkan sistem manajemen lalu lintas udara navigasi.

Hal ini mendorong otoritas penerbangan Filipina untuk menghentikan semua penerbangan dan memicu protokol darurat untuk mengatasi situasi dan memungkinkan penerbangan dilanjutkan sesegera mungkin.

Otoritas bandara mengatakan sistemnya "sebagian dipulihkan" pada pukul 4 sore waktu setempat, sehingga memungkinkan operasi penerbangan terbatas dengan total 282 penundaan, pembatalan, atau pengalihan penerbangan yang memengaruhi sekitar 56.000 penumpang di NAIA.

Dalam pembaruan berikutnya, otoritas bandara mengatakan di Facebook bahwa Otoritas Penerbangan Sipil Filipina mulai menerima penerbangan ke NAIA setelah pemulihan sebagian sistem manajemen lalu lintas udaranya.

Philippine Airlines penerbangan PR222 dari Brisbane tiba di bandara sementara Cathay Pacific penerbangan CX 930 berangkat ke Hong Kong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penundaan, Pembatalan

Maskapai Filipina Cebu Pacific sebelumnya mengatakan ada pemadaman listrik di Pusat Manajemen Lalu Lintas Udara Filipina.

Dalam sebuah imbauan, maskapai berbiaya rendah itu mengatakan pihaknya menawarkan penumpang penerbangan yang dijadwalkan antara Minggu dan 0400 GMT (12 malam waktu setempat) pada 2 Januari "opsi fleksibel", termasuk pemesanan ulang gratis dan mengubah tiket menjadi voucher perjalanan untuk penggunaan di masa mendatang.

Philippine Airlines menyarankan wisatawan untuk memeriksa status perjalanan mereka sebelum melanjutkan ke bandara.

"Ini adalah situasi sementara, dan kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengembalikan jadwal normal dan membawa penerbangan yang dialihkan kembali ke tujuan semula sesegera mungkin," tambah maskapai.

Memberikan rincian penerbangan yang terkena dampak, otoritas bandara mengatakan pada Minggu sore bahwa total 268 penerbangan dibatalkan pada pukul 4 sore waktu setempat. Ini termasuk penerbangan internasional dan domestik dengan maskapai seperti Cebu Pacific, Japan Airlines, Philippine Airlines, Philippines AirAsia, AirSwift, Cebgo dan PAL Express.

Tujuh penerbangan - perjalanan domestik oleh CebGo dan Philippines AirAsia - ditunda.

Tujuh penerbangan lainnya - oleh maskapai Gulf Air, Saudia Airlines, Thai Airways, Malaysia Airlines dan Philippine Airlines - dialihkan ke kota-kota seperti Hong Kong, Bangkok, Ho Chi Minh City dan Davao.

Otoritas bandara membagikan paket makanan dan minuman kepada penumpang yang terkena dampak. Foto-foto yang dibagikan oleh MIAA menunjukkan karton air kemasan serta makanan ringan bersama puluhan pelancong, beberapa dengan anak kecil, di terminal bandara.

Maskapai penerbangan seperti Gulf Air, Korea Air dan Saudia Airlines juga memberikan bantuan. Gambar yang dibagikan oleh otoritas bandara menunjukkan pramugari Korea Air dengan gerobak minuman serta nampan makanan.

 

3 dari 3 halaman

Penantian Berjam-jam

Seorang pelancong yang terkena dampak yang terbang keluar dari Jepang mengatakan kepada CNA bahwa dia dan penumpang lain menunggu sekitar empat jam di pesawat mereka di Bandara Internasional Narita.

Mereka telah naik sekitar pukul 15.40 waktu setempat untuk penerbangan ZIPAIR yang semula dijadwalkan berangkat pukul 16.05.

Maskapai mengatakan penundaan itu disebabkan oleh gangguan di Manila, kata pelancong yang hanya ingin dikenal sebagai Kelvin. Lepas landas akhirnya dijadwal ulang menjadi pukul 20.30.

Penumpang lain tampaknya tetap tenang selama insiden itu dan tidak ada yang "meminta atau membuat keributan", katanya, menambahkan bahwa maskapai tidak memberikan bentuk bantuan lain selain memberikan paket kerupuk dan air kepada penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.