Sukses

DK PBB Kecam Larangan Taliban untuk Kaum Perempuan di Afghanistan

Dewan Keamanan PBB secara tegas mengecam larangan Taliban bagi perempuan Afghanistan.

Liputan6.com, Kabul - Dewan Keamanan (DK) PBB pada hari Selasa menyerukan partisipasi penuh, setara dan bermakna bagi perempuan dan anak perempuan di Afghanistan. Pihaknya juga mengecam larangan oleh administrasi pimpinan Taliban bagi perempuan untuk menghadiri universitas atau bekerja untuk kelompok bantuan kemanusiaan.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (28/12/2022), dalam sebuah pernyataan yang disepakati melalui konsensus, dewan beranggotakan 15 orang itu mengatakan larangan perempuan dan anak perempuan menghadiri sekolah menengah dan universitas di Afghanistan “merupakan erosi yang meningkat untuk menghormati hak asasi manusia dan kebebasan fundamental.”

Dewan menambahkan bahwa larangan itu “akan memiliki dampak yang signifikan dan langsung untuk operasi kemanusiaan di negara tersebut”, termasuk yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Beberapa waktu lalu, penguasa Afghanistan melarang perempuan bekerja di organisasi non-pemerintah, mengatakan langkah itu dibenarkan karena beberapa pekerja tidak mematuhi interpretasi mereka tentang aturan berpakaian Islami.

Taliban telah menangguhkan pendidikan universitas untuk wanita dan sekolah menengah untuk anak perempuan.

Itu juga membatasi perempuan dari sebagian besar bidang pekerjaan, memerintahkan mereka untuk mengenakan pakaian tertutup dari kepala hingga ujung kaki di depan umum dan melarang mereka ke taman dan pusat kebugaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertentangan dengan Komitmen Taliban

Komunitas internasional telah menghormati hak-hak perempuan sebagai poin penting dalam negosiasi dengan pemerintah Taliban untuk pengakuannya dan pemulihan bantuan.

“Pembatasan ini bertentangan dengan komitmen yang dibuat oleh Taliban kepada rakyat Afghanistan serta harapan masyarakat internasional,” kata Dewan Keamanan, yang juga menyatakan dukungan penuhnya untuk misi politik PBB di Afghanistan, yang dikenal sebagai UNAMA.

3 dari 4 halaman

Jadi Penghalang Bantuan

UNAMA juga mendesak pemerintah Taliban untuk membatalkan larangan yang dikhawatirkan badan amal akan memperburuk kesulitan musim dingin.

“Jutaan warga Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan dan menghilangkan penghalang sangat penting,” kata UNAMA dalam pernyataan itu, menambahkan bahwa penjabat kepala dan koordinator kemanusiaan Ramiz Alakbarov telah bertemu dengan menteri ekonomi Mohammad Hanif.

Arahan yang melarang perempuan bekerja di LSM datang dari kementerian Hanif. Perintah tersebut tidak berlaku langsung untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi banyak dari programnya dilaksanakan oleh LSM yang tunduk pada perintah tersebut.

4 dari 4 halaman

Penangguhan Kerja LSM

Empat LSM global besar, yang upaya kemanusiaannya telah menjangkau jutaan warga Afghanistan, telah mengumumkan bahwa mereka menangguhkan operasinya pada hari Minggu. LSM kecil lainnya juga telah mengumumkan penangguhan, termasuk Islamic Relief Worldwide yang berbasis di Inggris.

LSM mengatakan mereka tidak dapat menjalankan program mereka tanpa staf perempuan. Lebih dari setengah populasi bergantung pada bantuan kemanusiaan, menurut lembaga bantuan. Bantuan dasar menjadi lebih penting selama musim dingin yang keras di negara pegunungan itu.

LSM juga merupakan sumber pekerjaan penting bagi puluhan ribu warga Afghanistan, terutama perempuan, karena ekonomi lokal telah runtuh setelah penarikan pasukan asing pimpinan AS dan pengambilalihan Taliban berikutnya tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.