Sukses

Serbia Darurat Kebocoran Amonia dari Kereta Anjlok, 51 Orang Dilaporkan Keracunan

Kereta barang yang mengangkut amonia anjlok di Serbia selatan pada Minggu 25 Desember 2022. Puluhan orang dirawat di rumah sakit, sementara jalan raya internasional ditutup akibat insiden tersebut.

Liputan6.com, Pirot - Kereta barang yang mengangkut amonia anjlok di Serbia selatan pada Minggu 25 Desember 2022. Puluhan orang dirawat di rumah sakit, sementara jalan raya internasional ditutup akibat insiden tersebut.

Mengutip VOA Indonesia, Senin (26/12/2022), pihak berwenang di Kota Pirot menyatakan keadaan darurat dan meminta warga tidak keluar rumah karena kemungkinan bocornya gas berbahaya.

Video yang direkam media setempat menunjukkan penjagaan petugas gawat darurat di jalan dekat Niš, di dekat Kota Pirot.

"Puluhan orang dirawat di rumah sakit karena diduga keracunan," kata media pemerintah Serbia.

Karena jarak pandang terbatas yang dilaporkan disebabkan oleh kebocoran tersebut, beberapa mobil mengalami kecelakaan di jalan raya utama yang mengarah ke Makedonia Utara dan selanjutnya ke Yunani pada saat lalu lintas padat karena liburan Natal.

Polisi lantas menutup jalan raya dan mengalihkan lalu lintas ke jalan-jalan lokal.

Belum diketahui apa yang menyebabkan anjloknya kereta tersebut dan apa yang memicu kebocoran.

Kebocoran gas amonia sendiri dapat mudah terbakar dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian setelah terpapar dalam jangka waktu lama.

Wali Kota Pirot Vladan Vasic mengatakan salah satu gerbong tanker yang jatuh ke Sungai Nisava "kemungkinan akan berdampak pada tumbuhan dan hewan yang ada di sungai."

"Saat ini saran utamanya adalah agar orang-orang tidak keluar rumah, tidak menyalakan AC agar udara luar tidak masuk ke dalam, serta tidak membuka jendela mereka, dan kita tunggu agar cuaca ‘melakukan tugasnya’ sehingga awan amonia melewati kota Pirot," ungkap Vasic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

51 Orang Dilaporkan Keracunan

Laporan AFP menyebut, sekitar 51 orang keracunan setelah sebuah kereta api yang membawa amonia tergelincir, menumpahkan muatannya di tenggara Serbia, kata para pejabat, Minggu 25 Desember 2022.

Kebocoran amonia menyebabkan "51 kasus keracunan", kata Vladan Vasic, wali kota kota Pirot tempat kecelakaan itu terjadi.

"Tujuh orang dibawa ke (rumah sakit) di Nis," kata Vasic di kota besar terdekat dalam konferensi pers.

 

3 dari 3 halaman

Kebocoran Gas Amonia Dalam Jumlah Besar

Kereta tergelincir pada malam hari, menyebabkan "kebocoran (amonia) dan penyebaran gas dalam jumlah besar ke atmosfer," kata kementerian dalam negeri Serbia dalam sebuah pernyataan.

Keadaan darurat diberlakukan di bagian kota berpenduduk 60.000 yang terkena dampak, dan pihak berwenang meminta penduduk untuk tetap berada di dalam rumah mereka.

Kereta 20 gerbong itu mengangkut bahan beracun dari negara tetangga Bulgaria, kata para pejabat.

Tragedi kereta tergelincir itu tidak mengakibatkan korban lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.