Sukses

Badai Musim Dingin Dahsyat di AS Tewaskan 9 Orang, Rekor Malam Natal Terdingin

Badai musim dingin yang dahsyat menghantam AS pada Jumat 23 Desember 2022 dengan suhu yang sangat dingin, angin kencang, dan salju lebat, menyebabkan sedikitnya sembilan orang tewas.

Liputan6.com, Washington D.C - Badai musim dingin yang dahsyat menghantam AS pada Jumat 23 Desember 2022 dengan suhu yang sangat dingin, angin kencang, dan salju lebat, menyebabkan sedikitnya sembilan orang tewas, memutus aliran listrik ke lebih dari satu juta pelanggan, dan merusak rencana liburan dari pantai ke pantai.

Badai - diperkirakan akan meningkat sepanjang hari Jumat saat meluncur melalui AS bagian Midwest dan East - membuat kondisi jalan yang suram dengan jarak pandang yang buruk dan jalan-jalan yang tertutup es. Banjir pesisir juga menjadi masalah, terutama di sepanjang garis pantai Timur Laut.

Semua moda perjalanan – pesawat, kereta api, dan mobil – terganggu: Ada ratusan mil penutupan jalan dan pembatalan penerbangan berkembang pesat. Di New York, banjir di sepanjang Long Island Rail Road memaksa sebagian cabang Long Beach ditutup sementara.

"Natal dibatalkan," kata Mick Saunders, seorang penduduk Buffalo, New York, yang berada dalam kondisi badai salju selama dua jam yang diperkirakan akan berlangsung hingga Minggu pagi mengutip CNN.

"Semua keluarga dan teman-teman setuju bahwa cara ini lebih aman."

9 Orang Tewas

Setidaknya 9 kematian telah dilaporkan sejak Rabu 21 Desember.

Sementara itu di Kansas utara-tengah, tiga orang tewas dalam kecelakaan mobil terpisah pada Rabu malam; satu kematian dipastikan terkait cuaca, dan dua diyakini terkait cuaca tetapi perlu penyelidikan lebih lanjut, menurut juru bicara Patroli Jalan Raya Kansas Letnan Candice Breshears.

Di Kansas City, satu orang tewas setelah kehilangan kendali atas Dodge Caravan mereka di jalan yang tertutup es pada Kamis sore, menurut Departemen Kepolisian Kansas City. "The Dodge menuruni tanggul, melewati dinding penahan semen dan mendarat terbalik, terendam di Brush Creek," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Di Kentucky, tiga orang tewas akibat badai, termasuk dua orang dalam kecelakaan kendaraan dan satu lagi orang yang "tidak aman di perumahan" di Louisville, kata Gubernur Andy Beshear. Tubuh pria itu ditemukan di luar tanpa tanda-tanda trauma yang jelas dan otopsi akan menentukan penyebab kematiannya, kata polisi.

Dan di Ohio, empat orang tewas "akibat kecelakaan mobil terkait cuaca" dan beberapa lainnya terluka, menurut Gubernur Mike DeWine.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dingin yang Mengancam Jiwa hingga Pemadaman

Dingin yang mengancam jiwa telah menyebar sampai ke Pantai Teluk dan perbatasan Meksiko, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius dilaporkan sampai ke Austin dan Atlanta di selatan.

Banyak lokasi di AS bagian timur mengalami Malam Natal terdingin dalam beberapa dekade saat ledakan Arktik atau suhu terdingin mencapai puncaknya.

Lebih dari satu juta pelanggan di AS mengalami pemadaman listrik di tengah cuaca musim dingin dan suhu yang sangat dingin, menurut situs web PowerOutage.US.

Maine, New Hampshire, New York, Virginia, dan Pennsylvania mengalami pemadaman terbanyak.

Secara keseluruhan, lebih dari 200 juta orang di AS berada di bawah peringatan angin dingin dari perbatasan Kanada ke perbatasan Meksiko dan dari negara bagian Washington ke Florida, dengan angin dingin di bawah nol derajat Celcius diperkirakan terjadi di Tenggara pada hari Jumat. Peringatan cuaca musim dingin lainnya berlaku untuk kondisi badai salju, es, salju, dan banjir.

"Grafis Peringatan National Weather Service menggambarkan salah satu peringatan dan nasihat cuaca musim dingin terbesar yang pernah ada," kata badan itu Kamis.

 

3 dari 4 halaman

Rekor Malam Natal yang Dingin Bagi Banyak Orang

Khususnya, sebagian Montana, South Dakota, dan Wyoming telah mengalami angin dingin di bawah minus 50 derajat Fahrenheit dalam dua hari terakhir.

Seluruh negara bagian Texas mengalami suhu di bawah titik beku pada Jumat sore, menurut pengamatan cuaca dari seluruh negara bagian.

Gubernur New York Kathy Hochul memperingatkan penduduk tentang "bahaya epik di seluruh negara bagian" dari cuaca musim dingin.

"Saya menyebutnya kitchen sink storm (badai wastafel dapur) karena melemparkan segalanya ke arah kita kecuali wastafel dapur," kata Hochul pada konferensi pers Jumat sore. "Kami mengalami es, banjir, salju, suhu beku, dan segala sesuatu yang dapat ditimpa oleh alam pada akhir pekan ini."

Bagi Brian Trzeciak, badai itu "sesuai dengan peringatan" di rumahnya di Hamburg, New York. Bandara Buffalo, tepat di utara, melaporkan jarak pandang nol tak lama setelah tengah hari pada hari Jumat.

"Kondisi memutih, suhu dingin, dan ombak seperti yang Anda lihat saat badai," katanya kepada CNN.

Dia dan keluarganya memutuskan untuk membatalkan rencana Natal mereka karena bahaya badai.

"Ibu saya tinggal sekitar 30 menit dan begitu juga saudara perempuan saya dan keluarganya, di arah lain," katanya. "Kami selalu berkumpul untuk Malam Natal dan Natal, tapi kami semua berdiam di rumah sampai semuanya berhenti pada hari Senin."

Larangan mengemudi diberlakukan di wilayah Erie, Genesee, Niagara, dan Orleans di New York Barat karena kondisi pemadaman listrik.

Sebanyak 250 orang dapat terdampar di mobil mereka di Erie County dalam situasi yang menurut Wali Kota Buffalo Byron Brown menempatkan responden pertama pada risiko yang tidak perlu. Brown mengatakan kepada CNN Jumat malam bahwa prakiraan membutuhkan salju setebal 36 hingga 48 inci. Daerah tersebut memiliki hembusan angin 79 mph.

Banyak yang akan mengalami liburan dingin tidak seperti yang lain: Atlanta, Philadelphia, Pittsburgh dan Tallahassee, Florida, semuanya diperkirakan memiliki suhu tertinggi terdingin yang pernah tercatat pada 24 Desember, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Washington DC diperkirakan akan mengalami Malam Natal terdingin kedua, setelah tahun 1989. Di New York, ini akan menjadi Malam Natal terdingin sejak 1906. Chicago memperkirakan suhu akan pulih di atas nol, tetapi masih akan mengalami Malam Natal terdingin sejak 1983.

Sebagian besar Florida akan mengalami puncak kedinginan pada Hari Natal. Ini akan menjadi Hari Natal terdingin sejak 1983 untuk Miami, Tampa, Orlando, dan West Palm Beach.

 

4 dari 4 halaman

Badai Diperkirakan Akan Menjadi 'Bom Siklon'

Pada hari Jumat, badai mengeluarkan lebih banyak salju lebat dan kondisi badai salju, terutama di Midwest.

Saat bergerak ke timur melintasi negara, badai tersebut diperkirakan akan menjadi "bom siklon", badai yang menguat dengan cepat yang menurunkan tekanan 24 milibar dalam waktu 24 jam. Tekanan badai diperkirakan akan menyamai badai Kategori 2 saat bergerak ke Great Lakes pada Jumat pagi.

Gubernur di setidaknya 13 negara bagian, termasuk Georgia dan Carolina Utara di Selatan, telah menerapkan langkah-langkah darurat untuk menanggapi badai tersebut.

Deklarasi keadaan darurat di beberapa negara bagian telah memasukkan aktivasi unit Garda Nasional.

Lebih dari 5.500 penerbangan Jumat telah dibatalkan pada pukul 21:30. ET, setelah hampir 2.700 pembatalan pada hari Kamis, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware.

• Cuaca akan tetap sangat dingin: Jumat akan membawa suhu terendah di sebagian besar AS, termasuk dari Lembah Mississippi Bawah, ke arah timur laut hingga Lembah Tennessee dan Ohio dan membentang melintasi sebagian besar wilayah timur dari Tenggara, hingga Selatan ke Central Appalachian dan ke pertengahan Atlantik, menurut National Weather Service.

• Angin menggigil yang berbahaya: Suhu yang turun drastis akan disertai dengan angin kencang, yang akan menciptakan angin dingin yang berbahaya di hampir seluruh bagian tengah hingga timur AS.

• Peringatan badai salju: Upper Midwest akan mengalami suhu yang sangat dingin, salju lebat, dan angin kencang. Peringatan itu berlaku untuk sebagian Iowa, Minnesota, South Dakota, North Dakota, dan Michigan. Buffalo, New York, akan mendapat peringatan badai salju Jumat pagi. Peringatan tersebut berlaku saat salju dan angin berkecepatan 35 mph akan mengurangi jarak pandang hingga kurang dari seperempat mil selama setidaknya tiga jam.

• Kondisi whiteout: Kondisi badai salju mungkin terjadi meskipun hujan salju berhenti, karena angin kencang dapat mengangkat salju yang sudah ada di tanah dan menyebabkan jarak pandang yang rendah.

Sistem Badai Terpisah di Pacific Northwest

Sistem badai terpisah membawa curah hujan campuran yang deras ke Pacific Northwest pada hari Jumat.

Peringatan badai musim dingin berlaku untuk Washington barat, termasuk Seattle, hingga Jumat pukul 7 malam PST. Hujan salju tambahan hingga 2 inci dimungkinkan dan akumulasi es bisa mencapai seperempat inci atau sekitar 0,635 cm.

Curah hujan akan dimulai sebagai salju dan transisi menjadi hujan es/hujan beku dan akhirnya menjadi hujan. Kemungkinan lebih banyak pemadaman listrik dan perjalanan akan menjadi sangat sulit.

Es menyebabkan penutupan landasan pacu di Bandara Internasional Seattle-Tacoma, di mana hampir setengah dari penerbangan masuk dan keluar bandara dibatalkan, menurut FlightAware. Selanjutnya, semua layanan ekspres untuk Sound Transit, jaringan transportasi regional di wilayah metro Seattle, dihentikan pada Jumat karena kondisi es.

Peringatan badai musim dingin juga berlaku untuk Oregon timur laut, termasuk Portland, mulai pukul 4 sore. sampai jam 10 malam PST. Total akumulasi salju dan hujan es hingga satu inci dan akumulasi es 0,2 hingga 0,4 inci kemungkinan serta angin berhembus hingga 55 mph.

Angin menggigil dengan suhu serendah mungkin, dan radang dingin mungkin terjadi pada kulit yang terbuka hanya dalam 30 menit.

Salah satu bahaya terbesar dari badai musim dingin yang masif selain salju lebat dan kondisi badai salju adalah penurunan suhu yang cepat dalam waktu singkat. Udara akan terus bertambah dan terasa lebih dingin, terutama pada jam-jam malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.