Sukses

Pesawat Jatuh di Pantai California, Eks Wali Kota Tewas

Kecelakaan pesawat dilaporkan terjadi di California, Amerika Serikat (AS). Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Liputan6.com, California - Kecelakaan pesawat dilaporkan terjadi di California, Amerika Serikat (AS). Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat insiden tersebut.

"Seorang mantan wali kota Santa Monica, California, meninggal setelah sebuah pesawat kecil jatuh dan terbalik di sebuah pantai di komunitas pesisir California," kata pihak berwenang seperti dikutip dari Associated Press (AP), Sabtu (24/12/2022). 

Rex Minter adalah penumpang Cessna bermesin tunggal yang lepas landas dari Bandara Santa Monica pada Kamis 22 Desember sekitar pukul 03.00 sore dalam perjalanan ke Malibu. Sementara sang pilot dibawa ke rumah sakit.

Kota Santa Monica dan wali kota saat ini, Gleam Davis secara terpisah mengkonfirmasi kematian Minter.

Menurut rekaman penerbangan pesawat jatuh itu, pilot melaporkan masalah mesin dan mencoba kembali ke bandara tetapi kemudian memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat, lapor KCBS-TV.

Dalam rekaman  yang diputar di KTTV-TV, pengawas lalu lintas udara memperingatkan pilot bahwa "pendaratan di pantai akan menjadi risiko Anda sendiri".

"Saya berharap saya punya pilihan lain," jawab pilot.

Rekaman video yang beredar menunjukkan pesawat turun untuk mendarat di pantai tetapi menabrak air di garis pantai dan terbalik di selatan Dermaga Santa Monica.

Petugas pemadam kebakaran mengeluarkan dua orang dari pesawat, salah satunya mengalami serangan jantung, kata pihak berwenang.

Minter terpilih menjadi anggota Dewan Kota Santa Monica pada tahun 1955 dan menjabat sebagai wali kota antara tahun 1963 dan 1967, kemudian menjabat sebagai jaksa kota untuk Arcadia dan sebagai hakim Pengadilan Tinggi Wilayah Los Angeles, demikian pernyataan di situs web kota tersebut.

Davis mengatakan dalam sebuah twit bahwa dia telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Minter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesawat Jatuh di Perairan Yunani

Seorang warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan pesawat di perairan Yunani pada Kamis pagi, 15 Desember 2022. Sementara, seorang penumpang lainnya dilaporkan selamat dalam peristiwa tersebut.

Dikutip dari laman ekathimerini.com, Jumat (16/12/2022), Coast Guard Yunani mengatakan mereka menyelamatkan dua penumpang dalam insiden pesawat jatuh ke laut lepas pantai utara Kreta. Keduanya adalah pria yang masing-masing berusia 32 tahun dan 62 tahun.

Pria yang lebih muda diketahui berkewarganegaraan Afrika Selatan. Ia dilaporkan dalam keadaan sehat. Sementara, penumpang yang berusia lebih tua adalah WNI yang dinyatakan meninggal dunia.

Media tersebut menyebut tim penyelamat berusaha melakukan CPR pada korban ketika ditemukan tidak sadarkan diri di laut. Namun, dokter memastikan kematiannya di Rumah Sakit Venizeleio, tempat dia dipindahkan.

Pesawat kecil yang disebut terdaftar di Indonesia itu lepas landas dari Bandara Iraklio, kemari pagi, menuju Mesir. Otoritas setempat kini sedang menyelidiki insiden tersebut untuk menentukan penyebab kecelakaannya.

Penjaga Pantai Yunani merilis video operasi penyelamatan. Dua orang diselamatkan dari bangkai pesawat bermesin tunggal yang jatuh ke laut lepas pantai utara Kreta pada Kamis pagi.

Hingga saat ini belum diketahui informasi detail tentang WNI korban kecelakaan pesawat tersebut. Kantor berita Turki Anadolu menyampaikan pesawat itu terjun ke laut setelah mengirimkan sinyal SOS sekitar pukul 09.55 pagi, waktu setempat, mengutip laporan ERT.

3 dari 4 halaman

Pesawat KF-16 Milik Korea Selatan Jatuh

Kecelakaan pesawat jatuh lainnya pernah menimpa KF-16 milik Korea Selatan.

Pesawat tempur tersebut mengalami kecelakaan pada Minggu (20/11). Pihak militer Korea Selatan berkata pesawat mengalami masalah mesin ketika misi penerbangan.

Berdasarkan laporan Yonhap, Senin (21/11/2022), pilot itu sedang terbang di Wonju pada jam 20.05 malam waktu setempat ketika insiden terjadi. Wonju berada di sebelah barat Seoul ketika insiden terjadi.

Pilot pesawat tempur berhasil melakukan ejection dan selamat. Pilot itu merupakan bagian dari unit 19th Fighter Wing di Korea Selatan.

Pada foto yang ditayangkan Yonhap, tampak sebuah parasut berwarna merah hijau dan putih yang tersangkut di pohon area pegunungan. Parasut itu digunakan pilot untuk menyelamatkan diri.

Parasut itu berada di Yangpyeong yang berada 45 kilometer di timur Seoul.

Angkatan Udara Korea Selatan memilih hemat bicara terkait insiden ini. Mereka hanya menegaskan bahwa pilotnya selamat.

Awalnya, belum diketahui pula apakan pesawat jet itu adalah pesawat single-seat KF-16C atau pesawat double-seat KF-16D. Namun pesawat itu akhirnya diketahui sebagai KF-16C.

"Saat ini, pilot selamat dan kami berusaha memastikan adanya kerusakan kepada warga sipil," ujar pihak Angkatan Udara Korsel melalui pesan singkat kepada media massa.

 

4 dari 4 halaman

Pesawat Sukhoi Su-30 Rusia Jatuh di Rumah Warga

Pesawat Sukhoi Su-30 milik Rusia dilaporkan jatuh di pemukiman warga di kota Irkutsk, Siberia. Insiden itu terekam kamera dengan sangat jelas. 

Pada sebuah video di media sosial, tampak sekelompok anak sedang bermain di sebuah lapangan ketika pesawat Sukhoi Su-30 itu jatuh, meledak, dan asap hitam pekat membumbung tinggi.

Berdasarkan laporan BBC, Senin (24/10/2022), pesawat Sukhoi Su-30 itu menimpa rumah dua tingkat di Irkutsk. Gubernur Igor Kobzev berkata penghuni rumah tidak meninggal, namun dua orang pilot meninggal.

Kementerian Situasi Darurat Rusia berkata pesawat jet tersebut sedang diuji ketika jatuh di pemukiman. Pemadam kebakaran lantas menuju lokasi untuk menjinakkan api.

Komite Investigasi di Rusia telah membuka investigasi kriminal untuk mengecek apakah ada pelanggaran aturan keselamatan udara.

Jatuhnya pesawat Sukhoi juga terjadi pada pekan lalu. Pesawat militer Sukhoi Su-34 jatuh ke apartemen di kota Yeysk yang berada di selatan Rusia. Api besar pun melalap pemukiman masyarakat.

Akibat insiden itu setidaknya 15 orang tewas, namun pilot pesawat berhasil melakukan eject sebelum tabrakan. Warga setempat juga berusaha menolong salah satu pilot yang mendarat dengan parasut.

Kementerian Pertahanan Rusia berkata pesawat bomber tersebut juga sedang latihan ketika salah satu mesinnya rusak. 

Kota Yeysk berbatasan dengan wilayah Ukraina yang diduduki Rusia. Posisi kota itu digunakan untuk pelatihan penerbangan angkatan laut Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.