Sukses

California Gempa M 6,4, 2 Orang Tewas-99 Ribu Pelanggan Terputus Aliran Listrik

Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 melanda daerah Eureka California Utara Selasa 20 Desember 2022 pagi (waktu setempat), kata Survei Geologi AS.

Liputan6.com, California - Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 melanda daerah Eureka California Utara Selasa 20 Desember 2022 pagi (waktu setempat), kata Survei Geologi AS. Menyebabkan setidaknya dua orang tewas, mengakibatkan kerusakan jalan dan rumah, mengguncang penduduk dari tidur mereka dan menyebabkan puluhan ribu tanpa listrik.

Menurut laporan CNN yang dikutip Rabu (21/12/2022), pusat gempa California yang terjadi pada pukul 02.34 PT, berada di Pasifik sekitar 15 mil dari Fortuna, sebuah kota berpenduduk sekitar 12.000 orang di Humboldt County, bagian dari Hutan Redwood Coast di California.

Fortuna berada di dekat Eureka dan sekitar 280 mil berkendara ke barat laut Sacramento.

Setidaknya dua orang tewas "akibat keadaan darurat medis" selama dan setelah gempa bumi, menurut Kantor Sheriff Wilayah Humboldt. 11 orang lainnya dilaporkan cedera.

Lebih dari tiga lusin gempa kecil – sekuat 4,6 skala Richter – melanda daerah itu sesudahnya, USGS melaporkan.

Gempa di California hari Selasa terjadi setahun setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,2 melanda tak jauh dari Cape Mendocino di Humboldt County pada 20 Desember 2021, dan menyebabkan kerusakan kecil pada bangunan di daerah tersebut.

Sebagian besar rumah dan bisnis di Humboldt County mati listrik Selasa pagi. Hampir 70.000 pemadaman dilaporkan pada sekitar pukul 01.00 siang PT – dari 99.000 pelanggan yang dilacak di wilayah tersebut – menurut pelacak utilitas PowerOutage.us.

"Kerusakan luas pada jalan dan rumah" dilaporkan di seluruh Humboldt County, kata kantor sheriff county Selasa pagi di Twitter.

Setidaknya dua orang terluka, kata kantor sheriff.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesaksian Warga - Jembatan dan Jalan Hancur

Wendy Pickett Monolias terbangun karena gemetar di Eureka.

"Begitu guncangan akhirnya berhenti, kami mengambil senter dan telepon dan melihat sekeliling. Semuanya berantakan," kata Pickett Monolias. "Hal-hal yang tidak Anda duga akan jatuh atau rusak. Seluruh lemari di kamar mandi jatuh dan pecah."

Gempa tersebut menumpahkan sejumlah barang ke lantai rumah Caroline Titus di kawasan Ferndale, sebuah video yang dia posting di Twitter menunjukkan. "Ini yang besar. Listrik padam sekarang. Rumah berantakan sekali," tulis Titus.

Di Timur laut Ferndale, gempa merusak bagian dari Fernbridge, yang meripakan rute State Route 211 di atas Eel River, lapor afiliasi CNN KRCR.

Sebagian jalan di jembatan itu retak, menurut sebuah gambar yang di-tweet oleh Departemen Perhubungan California.

"Jembatan ditutup sementara kami melakukan inspeksi keselamatan karena kemungkinan kerusakan seismik,” bunyi tweet itu.

 

3 dari 4 halaman

Tak Berpotensi Tsunami

Di pusat kota Fortuna, beberapa jendela depan toko pecah, dan orang-orang memasang papan untuk mengisi celah pada Selasa pagi yang hujan, video dari acara KRCR.

Gempa utama menghasilkan setidaknya beberapa goncangan dari pesisir Oregon ke selatan San Jose, California, menurut laporan publik yang dikumpulkan oleh survei tersebut.

Itu tidak menimbulkan ancaman tsunami, kata National Oceanic and Atmospheric Administration.

4 dari 4 halaman

Cerita Kekuatan Gempa

Mengutip LA Times, penduduk berbagi foto di media sosial tentang rumah yang hancur, dengan peralatan dan furnitur yang terguling, dan kisah tentang guncangan yang sangat kuat, yang terkuat yang pernah mereka alami dalam beberapa dekade.

Ghilarducci mengatakan gempa bisa dirasakan sejauh timur Redding dan sejauh selatan di Bay Area. "Itu tidak sebesar yang seharusnya, tetapi masih kita lihat yang satu ini mengakibatkan kerusakan, baik kerusakan struktural maupun nonstruktural," katanya.

Gempa bumi telah menghancurkan rumah-rumah, merobohkan beberapa fondasinya dan menyebabkan setidaknya satu kebakaran struktural, dan merusak infrastruktur penting seperti saluran air, listrik, dan gas. Diperkirakan 71.000 orang masih tanpa listrik Selasa, ucap Ghilarducci.

Pacific Gas & Electric tweet Selasa pagi bahwa itu "memulai rencana tanggap daruratnya, dan kru menanggapi bahaya gas dan listrik."

Layanan di beberapa daerah kembali online, tetapi butuh dua hari untuk memulihkan listrik sepenuhnya ke county itu, kata para pejabat Selasa.

Ghilarducci mengatakan negara bagian mengirimkan peringatan dini, sebuah sistem baru yang mendorong peringatan 10 detik sebelum gempa mengguncang ke sekitar 3 juta orang di California Utara, memberi penduduk kesempatan untuk turun, berlindung dan bertahan atau pergi ke suatu tempat keselamatan.

“Sistemnya memang beroperasi seperti yang kami harapkan, dan kami telah bekerja untuk merancangnya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.