Sukses

Lee Hsien Loong Undang PM Baru Malaysia Anwar Ibrahim ke Singapura

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Lee Hsien Loong berbicara dengan Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat, Anwar Ibrahim pada Jumat 25 November 2022 dan mengundangnya untuk segera mengunjungi Singapura.

Dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (26/11/2022), dalam panggilan telepon, Lee juga mengucapkan selamat kepada Anwar karena telah menjadi perdana menteri ke-10 Malaysia.

"Saya telah mengenal Dato' Seri Anwar selama beberapa dekade," kata Lee dalam sebuah posting Facebook pada hari Jumat, menambahkan bahwa keduanya terakhir bertemu di Singapura pada 2018 ketika Anwar menyampaikan pidato di KTT Singapura tentang pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dan Malaysia. 

"Memang, Singapura dan Malaysia adalah mitra dekat. Negara kami berbagi persahabatan lama, didukung oleh ikatan sejarah, budaya, dan interpersonal yang kuat."

Lee menambahkan, ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan kedua belah pihak untuk meningkatkan hubungan bilateral demi keuntungan bersama. "Saya berharap dapat bekerja sama dengannya dan pemerintahan baru untuk lebih memperkuat hubungan bilateral kita."

Lee pada hari Kamis 24 November menulis surat kepada Anwar untuk memberi selamat kepada koalisinya atas kinerja kuatnya dalam pemilihan umum. 

Menanggapi pesan ucapan selamat Lee di Twitter, Anwar mengatakan, "Sebagai tetangga dekat dan mitra di ASEAN, Malaysia dan Singapura juga berbagi banyak kesamaan, sejarah terjalin dan hubungan orang-ke-orang yang sangat dekat dan aktif."

Anwar berharap dapat bertemu Lee "pada kesempatan paling awal" dan bekerja sama untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral Malaysia-Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jokowi Juga Ucapkan Selamat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada Anwar Ibrahim yang telah resmi menjadi Perdana Menteri ke 10 Malaysia. Ucapan itu disampaikan Jokowi dalam sambungan teleponnya kepada Anwar Ibrahim.

Momen itu terekam dalam video yang diunggah di akun Instagram Anwar Ibrahim. Terlihat sang Perdana Menteri Malaysia ini menerima telepon dari Presiden Jokowi. Ia tampak semringah. Usai menjawab salam, Anwar Ibrahim kemudian mengaktifkan loud speker handphonenya.

 "Pemerintah atas nama seluruh rakyat Indonesia saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya yang mulia sebagai perdana menteri yang ke-10 Malaysia," kata Jokowi yang suaranya terdengar dari handphone Anwar Ibrahim, dikutip Kamis (24/11/2022).

3 dari 4 halaman

Respons Anwar

Mendapat ucapan selamat dari Jokowi, PM Malaysia Anwar Ibrahim mengucapkan terimakasih. Menurutnya, Presiden Jokowi merupakan orang pertama yang menyampaikan ucapan selamat kepada dirinya.

"Terima kasih saya anggap ini sebagai penghormatan yang paling awal, pernah liput ini menunjukkan bahwa saya kekal sahabat sejati Indonesia," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Tokoh yang Dikenal Luas

Selanjutnya Jokowi menyampaikan bahwa Anwar Ibrahim merupakan tokoh yang dikenal luas dan juga dihormati oleh masyarakat Indonesia. Anwar Ibrahim pun menyampaikan ucapan terimakasih. Ia berharap hubungan Malaysia dengan Indonesia akan semakin erat.

"Terima kasih dan saya mengharapkan hubungan perdagangan bisnis, investasi, dan budaya, persahabatan insya Allah dapat kita tingkatkan dan beberapa isu yang nampak terbatas, termasuk soal pekerja itu dapat diluruskan dengan cara yang bersih," ujar Anwar Ibrahim.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS