Sukses

Pegawai AS Bunuh Diri Usai Tembak Mati 6 Orang di Tempat Kerja

Liputan6.com, Chesapeake - Seorang pegawai Walmart di Virginia, Amerika Serikat, menembak mati enam orang dan melukai enam orang lainnya. Ia bunuh diri usai beraksi.

Dilansir BBC, Kamis (24/11/2022), pelaku diketahui bernama Andre Bing yang berusia 31 tahun. Pihak Walmart mengakui bahwa Bing merupakan pegawai yang dipekerjakan sejak 2010.

Andre Bing menggunakan sebuah handgun dalam aksinya. Ia juga membawa sejumlah magasin peluru.

Setelah menembak sejumlah orang, Andre Bing menembak dirinya sendiri.

Polisi berkata mendapat panggilan darurat pada Selasa malam waktu setempat pukul 22.12. Aparat tiba di supermarket Walmart dalam dua menit. Lokasi dinyatakan aman satu jam kemudian.

Investigasi masih dilakukan. FBI juga ikut terlibat. Pihak Walmart berkata akan membantu para pegawai yang terdampak.

"Kami berfokus melakukan segala yang kami bisa untuk mendukung asosiasi-asosiasi kami dan keluarga mereka," ujar pihak Walmart.

Gubernur Virginia Glenn Youngkin memerintahkan supaya bendera-bendera dikibarkan setengah tiang. Presiden AS Joe Biden menyorot kasus ini sebagai bukti lain tentang bahaya penjualan senjata api yang partainya ingin kekang.

"Saya telah menandatangani reformasi senjata api yang paling signifikan dalam generasi ini, tetapi itu belum cukup. Kita harus mengambil aksi yang lebih besar," tegas Joe Biden.

Penembakan tragis di Walmart ini terjadi tidak lama setelah ada kasus penembakan di klub gay di Colorado Springs. Lima orang dinyatakan tewas, namun pelaku berhasil dibekuk.

2 dari 4 halaman

Penembakan Colorado Springs

Sebelumnya, klub malam khusus gay di Orlando, Amerika Serikat, menjadi sasaran penembakan pada Sabtu malam (19/11) waktu setempat. Polisi menyebut aksi penembak berhasil dihentikan dua orang heroik di klub gay tersebut.

Berdasarkan laporan BBC, Senin (21/11), peristiwa terjadi di Club Q yang berlokasi di Coloradi Springs. Penembakan terjadi menjelang tengah malam.

Polisi mendapat laporan darurat tentang penembakan pada pukul 23.57 pada Sabtu siang. Tersangka berhasil ditemukan di dalam klub. Ada dua senjata api yang juga ditemukan di TKP.

Pelaku penembakan masih muda, yakni berusia 22 tahun. Ia telah ditahan polisi. Si penembak disebut menggunakan senapan laras panjang saat menyerang. Polisi belum tahu apakah penembakan yang terjadi adalah kejahatan kebencian atau bukan. FBI ikut turun tangan membantu kepolisian setempat. 

Salah satu saksi mata bernama Joshua Thurman (34) awalnya mengira tembakan itu adalah bagian dari musik. Ia kemudian melihat ada tubuh-tubuh tergeletak di lantai, gelas-gelas pecah, dan orang-orang menangis.

"Tidak ada yang menghalau orang itu datang untuk membunuh kita. Kenapa ini harus terjadi? Kenapa? Kenapa orang-orang harus kehilangan nyawanya?" ujar Thurman.

Wali Kota Colorado Springs, John Soothers, berkata peristiwa yang terjadi adalah sebuah tragedi. Ia berkata masyarakatnya akan kuat melawan kebencian.

"Kita adalah komunitas kuat yang telah menunjukkan resiliensi di hadapan kebencian dan kekerasan di masa lalu, dan kita akan melakukannya lagi," ujar Soothers.

Presiden AS Joe Biden juga berduka atas kejadian ini dan mengecam teror yang terjadi. 

"Kita harus menumpas ketidaksetaraan yang berkontirbusi terhadap kekekarasan kepada masyarakat LGBTQI+," ujar Presiden Joe Biden.

3 dari 4 halaman

Penembakan di Universitas Virginia AS Tewaskan 3 Orang, Pelaku Ditangkap Usai 12 Jam Diburu

Pada kasus lainnya, tiga orang tewas dan dua lainnya luka-luka dalam penembakan di sebuah garasi parkir di University of Virginia di Charlottesville, menurut rektor perguruan tinggi.

Polisi pada Senin 14 November 2022 mencari seorang mahasiswa yang diduga melakukan kekerasan mematikan pun diburu. 

Penembakan itu terjadi Minggu 14 November 2022 sekitar pukul 22.30, kata rektor universitas, Jim Ryan, dalam sebuah surat kepada komunitas sekolah yang diposting di media sosial seperti dikutip dari The Guardian.

Surat itu mengatakan tersangka pembunuhnya adalah Christopher Jones Jr, yang dulu bermain untuk tim sepak bola Universitas Virginia.

Pihak berwenang belum membahas kemungkinan motif dalam kasus tersebut atau mengidentifikasi salah satu korban.

Sistem manajemen darurat universitas mengeluarkan peringatan pada Minggu malam yang memperingatkan mahasiswa untuk berlindung, setelah seseorang melepaskan tembakan di pinggiran utara kampus. Kelas dibatalkan pada hari Senin.

Polisi universitas memposting pemberitahuan online mengatakan beberapa lembaga penegak hukum, termasuk pasukan negara, sedang mencari tersangka yang mereka anggap "bersenjata dan berbahaya".

Surat Ryan ke kampus kemudian menyebutkan nama Jones, yang diyakini mengenakan jeans biru serta jaket warna burgundy dan mengendarai kendaraan sport hitam dengan label Virginia.

Penyelidik mengatakan mereka masih menggeledah halaman Universitas Virginia sesaat sebelum jam 7 pagi pada hari Senin dan meminta mereka yang berada di kampus untuk tetap berlindung.

4 dari 4 halaman

WNI Ditembak

Pemerintah Indonesia akan segera membawa pulang jenazah WNI yang menjadi korban penembakan di parkiran Westmoreland, Amerika Serikat. Jenazah diharapkan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

Berdasarkan laporan VOA Indonesia, Jumat (11/11), KJRI NY telah melakukan verifikasi dan almarhum berstatus WNI. Sesuai keterangan pihak Kepolisian Westmoreland County, almarhum meninggal karena ditembak,” ujar Oki Yanuar, konsul di KJRI New York saat dihubungi VOA. 

Ia tidak mengidentifikasi nama dan rincian lain karena masih harus menunggu pernyataan pihak kepolisian dan izin keluarga. Namun KJRI New York memastikan kesiapan untuk membantu proses pemulangan jenazah ke tanah air.

“Fokus kami sekarang adalah memulangkan jenazah," ujar Oki. Ia berkata rencananya jenazah dipulangkan pada 11 November 2022.

"Dan tiba di Cengkareng Minggu malam (13/11)," tambahnya.

Sejumlah media lokal di Amerika memberitakan insiden penembakan di lapangan parkir pusat perbelanjaan Lowe’s di Rostraver Square, Westmoreland County, Pennsylvania Sabtu lalu (5/11). Rostraver Square adalah suatu kawasan yang sibuk di mana terdapat beberapa pusat perbelanjaan besar, restoran, hotel dan toko-toko eceran. Insiden penembakan ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 7.20 malam waktu setempat.

Kantor jaksa Westmoreland County mengatakan satu orang tersangka telah ditangkap Minggu malam (6/11) dan hingga saat ini ditahan di Lapas Westmoreland County di Hempfield. Identitas tersangka belum dirilis. “Penyelidikan menunjukkan ini merupakan serangan terisolasi, yang menarget korban,” demikian petikan pernyataan kantor jaksa itu.

Oki Yanuar di KJRI New York membenarkan hal itu. “Sesuai keterangan pihak Kepolisian Westmoreland County, memang benar insiden ini bersifat ‘targeted’ dan ‘isolated,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.