Sukses

Misteri Pembunuhan Mahasiswa Kampus Idaho AS Terkuak: Ditikam di Tempat Tidur

Liputan6.com, Idaho - Sebelumnya diberitakan saat terjadi penembakan di garasi parkir University of Virginia di Charlottesville, AS awal pekan lalu, University of Idaho juga terguncang kasus dugaan pembunuhan. 

Pada Minggu 13 November 2022, polisi di Moskow, Idaho, mengatakan bahwa empat mahasiswa Universitas Idaho ditemukan tewas di sebuah rumah di dekat kampus. Polisi yang menyelidiki insiden tersebut menyebut kematian tersebut sebagai dugaan pembunuhan.

"Departemen Kepolisian Moskow menyampaikan belasungkawa kami yang tulus kepada anggota keluarga, teman, dan komunitas Moskow," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Hampir sepekan setelahnya, mengemuka laporan dugaan penyebab kematian keempat mahasiswa tersebut.

"Beberapa mahasiswa Universitas Idaho yang terbunuh ditikam di tempat tidur mereka," kata petugas koroner seperti dikutip dari CBS News, Sabtu (19/11/2022).

"Dari empat mahasiswa Universitas Idaho yang ditemukan tewas ditikam di sebuah rumah sewaan Minggu lalu, beberapa tewas di tempat tidur mereka," jelas koroner Latah County itu kepada CBS News Friday.

Petugas koroner Cathy Mabbutt tidak memberikan rincian lebih lanjut. Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa laporan media sebelumnya yang menyatakan keempat korban telah dibunuh di tempat tidur mereka tidak akurat.

Pada Kamis 17 November, Mabbutt mengatakan kepada CBS News bahwa para siswa dibunuh dengan "pisau yang lebih besar", memperluas laporan otopsi yang menyimpulkan keempat korban ditikam sampai mati.

Pembunuhan itu telah mengguncang Moskow, sebuah kota Panhandle Idaho dengan 25.000 penduduk yang terakhir menyaksikan pembunuhan sekitar lima tahun lalu. Kota perguruan tinggi yang rimbun ini terletak sekitar 80 mil di selatan Spokane, Washington.

"Petugas belum mengidentifikasi tersangka atau menemukan senjata," kata Kepala Polisi Moskow James Fry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Identitas Empat Korban Tewas

Keempat korban adalah anggota fraternities and sororities: senior Madison Mogen, 21, dari Coeur d'Alene, Idaho, dan Kaylee Goncalves, 21, dari Rathdrum, Idaho; junior Xana Kernodle, 20, dari Post Falls, Idaho; dan mahasiswa baru Ethan Chapin, 20, dari Mount Vernon, Washington.

Para wanita itu adalah teman sekamar. Jenazah ditemukan sekitar Minggu 13 November 2022 siang.

Polisi mengatakan bukti yang ditemukan di tempat kejadian membuat mereka percaya bahwa para siswa menjadi target, meskipun mereka belum memberikan perincian. Penyelidik mengatakan tampaknya tidak ada yang dicuri dari para korban atau rumahnya.

 

3 dari 4 halaman

Ada 2 Orang di Lokasi Pembantaian Tak Terluka

Dua orang lainnya ditemukan di rumah yang luas itu, tidak terluka.

Kepala Polisi Mskow, Fry menolak untuk mengatakan apakah mereka dapat memberikan laporan tentang pembunuhan tersebut, atau untuk menentukan siapa yang menelepon 911.

Sejauh ini tidak ada tanda-tanda masuk paksa di rumah tersebut, menurut kepala polisi, dan sebuah pintu ditemukan terbuka oleh petugas polisi pertama yang tiba di lokasi kejadian.

4 dari 4 halaman

Pelaku Belum Tertangkap

Setelah awalnya mengatakan tidak ada bahaya yang sedang berlangsung, polisi mengeluarkan pernyataan lagi pada hari Rabu.

"Kami tidak bisa mengatakan bahwa tidak ada ancaman terhadap masyarakat," kata Fry.

"Kami masih percaya itu adalah serangan yang ditargetkan. Tapi kenyataannya masih ada orang di luar sana yang melakukan empat kejahatan yang sangat mengerikan."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS