Sukses

KTT G20: Justin Trudeau Siapkan Rp 8,8 T Lebih untuk Infrastruktur-Pembuatan Vaksin Negara Berkembang

Saat KTT G20 di Bali, Justin Trudeau menyebutkan, Kanada akan menyumbangkan 750 juta dolar Kanada untuk perbaikan infrastruktur dan pembuatan vaksin COVID-19 di negara-negara berkembang.

Liputan6.com, Bali - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan pendanaan bagi negara-negara berkembang untuk meningkatkan infrastruktur mereka dan membuat vaksin COVID-19 pada KTT G20 yang berlangsung di The Apurva Kempinski Bali. 

Mengutip Canadian Press, Rabu (16/11/2022), pada hari Senin PM Trudeau menjanjikan 750 juta dolar Kanada (sekitar Rp 8,8 triliun) yang akan diberikan ke sebuah perusahaan Crown untuk membiayai proyek infrastruktur di Asia selama tiga tahun, mulai Maret mendatang.

Ini adalah bagian terbesar dari strategi Indo-Pasifik mendatang yang telah diumumkan oleh kaum Liberal sejauh ini, sekaligus bagian dari proyek KTT G20 yang dimaksudkan untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah agar memiliki kota yang lebih aman dan berkelanjutan.

“Ini juga akan membuat rantai pasokan kami lebih kuat dan menciptakan lapangan kerja yang baik,” kata Trudeau dalam sambutannya di forum tertutup bersama Indonesia, AS, dan Uni Eropa.

Pendanaan akan dikelola oleh FinDev Canada, yang saat ini telah memiliki mandat untuk beroperasi di Afrika Sub Sahara, Amerika Latin, dan Karibia. 

PM Kanada mengatakan kepada para pemimpin bahwa dana kekayaan kedaulatan dapat membantu pemerintah di negera lain membangun sekolah dan rumah sakit.

"Jika kita ingin menutup kesenjangan infrastruktur, kita perlu terus mencari cara untuk mendorong investasi sektor swasta yang lebih besar. Tidak ada jumlah uang publik yang dapat memperbaiki masalah ini sendirian,” bunyi pernyataan perdana menteri itu.

Trudeau juga mengumumkan 80 juta dolar Kanada (Rp 941 miliar) untuk sistem kesehatan global, dengan sebagian besar dana disalurkan ke proyek Bank Dunia yang membantu negara-negara mencegah pandemi dan meresponsnya.

Pendanaan tersebut juga akan mendukung proyek yang membantu negara berkembang memproduksi vaksin mRNA COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kanada: Rusia Bertanggung Jawab atas Buruknya Inflasi dan Keamanan Global

Di sisi lain, geopolitik kemungkinan akan membayangi janji yang dibuat para pemimpin-pemimpin negara di KTT. Mereka memperdebatkan bagaimana menanggapi invasi Rusia ke Ukraina dan meningkatnya ketegangan China.

Kanada adalah salah satu negara yang juga mendorong para pemimpin G20 untuk memanggil Rusia atas memburuknya inflasi dan keamanan global melalui perangnya di Ukraina. Akan tetapi, beberapa negara masih menahan diri untuk tidak memanggil Rusia, dalam upaya menjaga hubungan baik dengan Barat dan Moskow.

Sebagai tuan rumah KTT, Indonesia telah mendesak negara-negara untuk fokus menemukan titik temu, untuk memastikan adanya pernyataan konsensus ketika KTT ditutup pada Rabu.

Andrew Cooper, seorang profesor di Balsillie School of International Affairs di University of Waterloo yang mempelajari KTT G20 berpendapat, "Beberapa negara melakukan persekongkolan, mencoba mendapatkan semacam deklarasi untuk menyelamatkan mereka dari rasa malu karena tidak memiliki komunike. Jadi ini akan menjadi sangat rumit.”

Sementara itu, Kantor Perdana Menteri Kanada mengatakan Trudeau harus campur tangan pada forum kesehatan tertutup G20 pada hari Selasa, setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengklaim biolab Amerika melakukan kegiatan jahat di Ukraina.

Menurut laporan kantor Trudeau, PM Kanada memberi tahu rekan-rekannya bahwa klaim itu "benar-benar sampah" dan bahwa para pemimpin harus bekerja dengan fakta.

 

3 dari 4 halaman

Bertemu Xi Jinping, Trudeau Sampaikan Kekhawatiran atas Campur Tangan China di Kanada

Masih terkait dengan masalah geopolitik, Trudeau juga berbicara dengan Presiden China Xi Jinping, Selasa.

Kantor PM Kanada mengatakan dia mengemukakan kekhawatiran tentang campur tangan China di Kanada, menyusul klaim tentang kantor polisi yang secara de facto beroperasi di Kanada dan tentang China yang dilaporkan ikut campur dalam pemilihan umum 2019.

Kedua pemimpin juga berbicara tentang peluncuran rudal Korea Utara, dan KTT PBB tentang keanekaragaman hayati yang akan diselenggarakan oleh China di Montreal bulan depan.

Menanggapi hal ini, Professor Cooper mengatakan kepada wartawan di Bali bahwa Kanada dapat mengikuti pola yang sama yang dihadapi Australia satu dekade lalu, ketika diasingkan oleh China tetapi secara bertahap menemukan area konsensus dengan Beijing sambil membentuk ikatan yang lebih kuat dengan negara lain di Asia.

“Kanada sudah berada di kotak penalti selama beberapa tahun sekarang,” katanya.

“Ini adalah Cina yang sangat berbeda. Presiden Xi dalam posisi konsolidasi. Jika dia bukan Mao baru, dia pasti berada dalam posisi di mana dia bisa menjadi tokoh sentral yang dapat bekerja dengan cara yang tidak kami antisipasi saat G20 dibuat.”

 

4 dari 4 halaman

Kamar Dagang Kanada: Liberal Lakukan Pendekatan Praktis dengan China

Sementara itu, Kamar Dagang Kanada (The Canadian Chamber of Commerce) menyebutkan, kaum Liberal mengambil pendekatan praktis untuk berurusan dengan China.

"Itu akan membantu menginformasikan bisnis tentang risiko bekerja di China dan membiarkan mereka memutuskan apakah akan melakukannya" ujar Perrin Beatty, CEO grup tersebut.

“Anda perlu bekerja dengan China dalam isu-isu seperti perubahan iklim, tetapi kita juga harus menyadari bahwa China adalah saingan strategis, dan mereka tidak bermain dengan aturan yang sama seperti orang lain,” tambah Beatty kepada wartawan di Bali.

Beatty juga mengatakan Ottawa sekarang perlu menguraikan prioritas perdagangannya di Asia.

“Kita harus strategis. Perlu holistik; itu perlu dikomunikasikan dengan baik, sehingga orang tahu apa kebijakannya,” katanya.

Dia menambahkan bahwa bisnis Kanada membutuhkan bantuan untuk memanfaatkan berbagai perjanjian perdagangan yang telah ditandatangani dan sedang dinegosiasikan oleh Ottawa.

“Tiga Fs -- pupuk untuk bahan bakar dari makanan -- dimiliki Kanada dalam satu paket. Yang dibutuhkan sekarang adalah strategi yang jelas di pihak Kanada untuk memanfaatkan sumber daya tersebut dan memastikan bahwa kami dapat benar-benar mengirimkan komoditas tersebut ke seluruh dunia,” katanya.

Beatty juga mengatakan Kanada harus "benar-benar" mengakhiri guncangan rantai pasokan yang telah terjadi selama pandemi COVID-19, mencari tahu apakah akan menyimpan barang-barang penting di Kanada, dan sejauh mana Kanada harus membatasi perdagangan ke negara-negara sahabat.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.