Sukses

Bertemu Xi Jinping, Joe Biden Berjanji Tak Ada Perang Dingin Baru

Presiden Amerika Serikat berjanji bahwa tidak akan ada Perang Dingin baru yang akan tercipta di masa depan.

Liputan6.com, Nusa Dua - Presiden Amerika Serikat berjanji bahwa tidak akan ada Perang Dingin baru yang akan tercipta di masa depan. Hal ini ia sampaikan kepada awak media di Nusa Dua, Bali usai melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping.

"Saya benar-benar mempercayai, tidak perlu ada Perang Dingin baru. Saya telah bertemu dengan Xi Jinping dan kami saling terus terang dan jelas pada maksud kami satu sama lain," kata Joe Biden di Grand Hyatt, Senin (14/11/2022).

"Saya tidak merasa ada upaya dari pihak China untuk menginvasi Taiwan," ujarnya.

"Saya menjelaskan bahwa kami ingin melihat masalah lintas-selat diselesaikan secara damai sehingga tidak perlu sampai seperti itu. Dan saya yakin dia mengerti apa yang saya katakan, saya mengerti apa yang dia katakan."

Joe Biden juga mengatakan bahwa ia juga membahas One China Policy bersama Xi Jinping.

"Kami membahas kebijakan One China Policy. Kebijakan itu tidak berubah, tidak akan pernah berubah. Kami menentang perubahan sepihak soal status quo oleh kedua belah pihak."

"Kami berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Juga jelas bahwa China dan Amerika Serikat harus dapat bekerja sama. Kita bisa untuk memecahkan tantangan global yang mengharuskan setiap negara melakukan bagiannya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Mengaku Habiskan 3,5 Jam Ngobrol dengan Xi Jinping

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengaku menghabiskan waktu kurang lebih 3,5 jam saat berbincang dengan Presiden China Xi Jinping saat melakukan pertemuan di Bali, sebelum KTT G20.

Ini adalah kali pertama keduanya bertemu secara tatap muka setelah Biden resmi dilantik sebagai presiden.

"Tidak ada salah paham. Itu kekhawatiran terbesar yang saya miliki. Kesalahpahaman tentang niat atau tindakan di pihak kita," ujar Joe Biden saat melakukan press briefing bersama media Indonesia dan negara asing lainnya, di Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Senin (15/11/2022).

"Saya ingin bertanya ke tim saya, berapa lama pertemuan itu berlangsung? Tiga setengah jam. Jadi perbincangan kami tadi mencakup banyak hal."

 

3 dari 3 halaman

Joe Biden: Kami Sangat Blak-blakan

Joe Biden juga mengaku blak-blakan saat berbicara dengan Xi Jinping.

"Kami sangat blak-blakan satu sama lain tentang hal-hal apa saja yang kami tidak setuju atau di mana kami tidak yakin tentang posisi satu sama lain," kata Biden.

"Dan kami setuju akan mengatur dan melakukan mekanisme untuk saling bertemu kembali."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.