Sukses

Polisi Turki Tangkap 46 Orang Terkait Ledakan di Istanbul, Ada Paket Misterius

Polisi Turki telah menangkap 46 orang terkait ledakan di Istanbul tengah yang menewaskan sedikitnya delapan orang dan 81 lainnya luka-luka, kata polisi Istanbul.

Liputan6.com, Istanbul - Polisi Turki telah menangkap 46 orang terkait ledakan di Istanbul tengah yang menewaskan sedikitnya delapan orang dan 81 lainnya luka-luka, kata polisi Istanbul.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan kepada wartawan pada Seni (14/11/2022) bahwa para tersangka termasuk "orang yang meninggalkan bom yang menyebabkan ledakan" di Istiklal Avenue yang ramai di kota terbesar Turki.

Sinem Koseoglu dari Al Jazeera, melaporkan dari Istanbul, mengatakan seorang gadis berusia tiga tahun dan ayahnya termasuk di antara mereka yang tewas akibat ledakan bom tersebut.

Soylu menyalahkan Kurdistan Workers Party (PKK) atau Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang atas ledakan pada Minggu 13 November, di tempat perbelanjaan dan pariwisata populer, dengan mengatakan: "Penilaian kami adalah bahwa perintah untuk serangan teror mematikan datang dari Ain al-Arab [Kobane] di Suriah utara," di mana dia mengatakan kelompok itu memiliki markas besar di Suriah.

"Kami akan membalas mereka yang bertanggung jawab atas serangan teror keji ini," katanya, seraya menambahkan bahwa jumlah korban tewas meningkat dari enam menjadi delapan dan 81 orang terluka, dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Pihak berwenang Turki tidak mengesampingkan hubungan ISIL (ISIS), seorang pejabat senior Turki mengatakan Senin.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan Istanbul tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu menggambarkan ledakan itu sebagai "berbahaya" dan mengatakan itu "berbau seperti terorisme".

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan kepada televisi A Haber pada hari Minggu bahwa seorang wanita terlihat duduk di salah satu bangku di Istiklal Avenue selama lebih dari 40 menit.

Ledakan itu terjadi hanya beberapa menit setelah dia bangun, katanya.

"Ada dua kemungkinan,"katanya kepada A Haber. "Ada mekanisme yang ditempatkan di tas ini dan itu meledak, atau seseorang meledakkan [itu] dari jarak jauh".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelaku Ledakan Bom Diduga Seorang Perempuan, Penaruh Paket Misterius

Al Jazeera telah memperoleh foto-foto wanita yang diduga berada di balik pengeboman tersebut.

Dalam interogasi awal, wanita itu mengatakan dia dilatih oleh militan Kurdi di Suriah dan memasuki Turki melalui wilayah Afrin di barat laut Suriah, kata polisi.

Laporan berita televisi juga menunjukkan gambar seseorang, yang tampak seperti seorang wanita, meninggalkan sebuah paket misterius di bawah hamparan bunga yang ditinggikan di Istiklal, yang memiliki jalur trem yang membentang di sepanjang jalan.

Koseoglu dari Al Jazeera mengatakan dua warga negara Suriah lagi terlibat dalam serangan itu, menurut sumber keamanan.

"Menteri dalam negeri menyebutkan bahwa para pelaku ini terkait dengan YPG, kelompok pejuang Kurdi Suriah, yang dianggap Turki sebagai cabang dari PKK yang dilarang," kata Koseoglu.

"Kami menunggu pejabat untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang para tersangka… [termasuk] bagaimana mereka melintasi perbatasan Turki-Suriah karena Turki sangat ketat terhadap warga Suriah yang tinggal di kota-kota besar tanpa izin tinggal atau tanpa terdaftar."

Dia menambahkan bahwa wanita itu tampaknya berusia akhir dua puluhan atau awal tiga puluhan dan ""ditangkap oleh polisi di tempat dia tinggal" pada pukul 2.50 pagi.

3 dari 4 halaman

1.200 Kamera Keamanan Diperiksa

Menurut polisi Istanbul, 1.200 kamera keamanan telah diperiksa di dekat lokasi ledakan. Polisi telah melakukan penggerebekan di 21 alamat berbeda yang diidentifikasi memiliki hubungan dengan tersangka wanita.

Istanbul dan kota-kota Turki lainnya telah menjadi sasaran di masa lalu oleh separatis Kurdi, ISIL (ISIS), dan kelompok lain, termasuk dalam serangkaian serangan pada tahun 2015 dan 2016.

Ini termasuk pengeboman kembar di luar stadion sepak bola Istanbul pada Desember 2016 yang menewaskan 38 orang dan melukai 155 orang. Serangan itu diklaim oleh cabang PKK, yang terus mengkampanyekan pemerintahan sendiri Kurdi di tenggara Turki sejak 1980-an hingga saat ini ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Secara teratur ditargetkan oleh operasi militer Turki, PKK juga berada di jantung pergumulan antara Swedia dan Turki, yang telah memblokir masuknya Stockholm ke NATO sejak Mei, menuduhnya lunak terhadap kelompok Kurdi.

 

4 dari 4 halaman

Kecaman dan Belasungkawa

Kecaman atas serangan hari Minggu dan belasungkawa untuk para korban mengalir dari beberapa negara, termasuk Azerbaijan, Mesir, Prancis, Yunani, Italia, Pakistan, Ukraina, Inggris, dan AS.

Yunani "dengan tegas" mengecam ledakan itu dan menyatakan belasungkawa, sementara AS mengatakan pihaknya "bahu-membahu dengan sekutu NATO kami dalam melawan terorisme".

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dalam sebuah pesan kepada rakyat Turki: "Kami berbagi rasa sakit Anda. Kami mendukung Anda dalam perang melawan terorisme".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga men-tweet dalam bahasa Turki: "Rasa sakit dari orang-orang Turki yang ramah adalah rasa sakit kami."

Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga mengirimkan belasungkawa, tweeting: "Pikiran saya bersama para korban dan keluarga mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini