Sukses

AS: Pesawat Pengebom Siluman di Atas Semenanjung Korea Bagian dari Latihan

Dua pesawat pengebom siluman B-1B Stealth melakukan manuver terbang untuk pertama kalinya di sana sejak 2017.

Liputan6.com, Seoul - Pamer Kekuatan Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) di atas Semenanjung Korea pada Sabtu pekan lalu hanyalah bagian dari sebuah latihan gabungan yang ditujukan untuk memastikan AS memiliki “kekuatan siaga” di kawasan itu, demikian menurut Kepala Staf Angkatan Udara AS.

Dua pesawat pengebom siluman B-1B Stealth melakukan manuver terbang untuk pertama kalinya di sana sejak 2017, dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (9/11/2022).

“Ini merupakan bagian dari latihan Vigilant Storm, sebuah latihan yang sudah kami operasikan beberapa waktu,” kata Jenderal C.Q. Brown Jr. kepada VOA dalam wawancara pada Senin.

“Ini merupakan satu latihan lagi yang kami lakukan, dan akan kami lanjutkan, guna memastikan kesiagaan. Kami memiliki aliansi yang mantap dengan Republik Korea, dan ini bagian dari latihan kami berkelanjutan,” tambahnya.

Sebelum penerbangan bomber B-1B Stealth ini, yang menurut pejabat AS berpangkalan di Guam, Korea Utara telah menembakkan empat misil jarak tempuh pendek di lepas pantai baratnya pada Sabtu pagi.

Korea Utara pada Senin mengatakan, peluncuran misilnya baru-baru ini selama beberapa hari merupakan serangan simulasi terhadap Korea Selatan dan AS sementara kedua negara ini melakukan apa yang disebutnya adalah “latihan perang berbahaya.”

Sekitar 240 pesawat berpartisipasi dalam latihan gabungan AS – Korea Selatan dan dinamakan Vigilant Storm, juga diikuti oleh ribuan pasukan AS dan Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Utara Bantah Tuduhan Kirim Pasokan Senjata untuk Rusia

Korea Utara telah membantah klaim oleh Amerika Serikat bahwa mereka secara diam-diam mengirimkan senjata ke Rusia untuk perangnya di Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka tidak pernah menjual senjata ke Moskow dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya.

Pernyataan hari Selasa di Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi muncul setelah Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pekan lalu bahwa AS memiliki informasi yang mengindikasikan Korea Utara memasok Rusia dengan sejumlah peluru artileri "signifikan".

Dilansir Al Jazeera, Selasa (8/11/2022), ia mengatakan Korea Utara berusaha untuk mengaburkan pengiriman dengan menyalurkannya melalui negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan bahwa Washington sedang memantau untuk melihat apakah pengiriman telah diterima.

Seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Utara menyebut tuduhan itu hanyalah "rumor" dan mengatakan Pyongyang "tidak pernah memiliki 'urusan senjata' dengan Rusia" dan "tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan".

"Kami menganggap langkah AS seperti itu sebagai bagian dari upaya permusuhannya untuk menodai citra DPRK di arena internasional dengan menerapkan 'resolusi sanksi' ilegal dari (Dewan Keamanan PBB) terhadap DPRK," kata pejabat itu dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh KCNA, mengacu pada Korea Utara dengan inisial nama resminya.

Teguran itu datang di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea setelah Korea Utara melakukan serangkaian uji coba senjata pekan lalu, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM), saat AS dan Korea Selatan melakukan latihan angkatan udara terbesar mereka.

3 dari 4 halaman

Kekuatan Nuklir Korut

AS dan Korea Selatan telah memperingatkan bahwa Korea Utara dapat mempersiapkan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

Kirby mengatakan AS percaya jumlah "signifikan" peluru yang dikirim oleh Pyongyang cukup untuk membantu Rusia memperpanjang perang delapan bulan , tetapi tidak cukup untuk memberikan keuntungan atas pasukan Ukraina, yang dipasok oleh AS dan sekutu NATO.

Pada bulan September, Pyongyang membantah klaim dalam dokumen intelijen AS yang tidak diklasifikasikan bahwa Korea Utara berencana untuk menjual peluru artileri dan roket ke Moskow dan membantu negara itu mengisi kembali persediaan yang habis.

Bantuan senjata apa pun akan menjadi indikasi lebih lanjut untuk memperdalam hubungan antara Moskow dan Pyongyang karena isolasi Rusia atas perangnya di Ukraina telah berkembang.

4 dari 4 halaman

Posisi Korea Utara

Korea Utara adalah satu-satunya negara di dunia yang mengakui dua wilayah pro-Rusia yang memisahkan diri - Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) - di wilayah Donbas timur Ukraina. Ia juga menyatakan dukungan untuk pencaplokan yang dicanangkan Rusia atas bagian lain negara itu.

“Korea Utara jelas menggunakan perang Ukraina untuk mempererat hubungannya dengan Rusia,” kata Victor Cha dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) yang berbasis di AS dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.