Sukses

Tips dan Trik Foto Gerhana Bulan Total Menurut Astrografer, Bisa Pakai Ponsel

Sudahkah Anda siap menyambut gerhana bulan total sore nanti? Jangan lupa siapkan ponsel Anda untuk mendapatkan stok gambar terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Malam ini, orang-orang akan melihat ke langit dan menyaksikan gerhana total -- istilah yang digunakan untuk menggambarkan saat Bulan sepenuhnya tertutupi oleh bayangan Bumi.

Selain menjadi fenomena alam yang menarik perhatian khalayak, gerhana bulan menghadirkan peluang yang bermanfaat bagi fotografer untuk menangkap gambar bulan yang indah atau mempercantik postingan para pengguna media sosial.

Tetapi Anda tidak harus selalu menyerahkannya kepada para profesional. Mengutip dari laman ABC News, Selasa (8/11/2022), berikut adalah beberapa trik foto agar mendapatkan jepretan gerhana terbaik di ponsel Anda.

Mengambil foto gerhana bulan yang menakjubkan dengan telepon itu mungkin, tetapi tanpa teleskop akan terlihat sangat kecil.

Foto close-up yang indah dan tajam dari gerhana bulan berwarna merah darah hampir selalu diambil dengan teleskop atau lensa telefoto, menurut astrofotografer Phil Hart.

"Segala sesuatu di mana Bulan pada dasarnya adalah subjek tunggal dalam bingkai ... akan melalui lensa telefoto yang sangat panjang atau umumnya teleskop," kata Hart kepada ABC News.

Astrofotografer Joel Stafford sedang merencanakan pengaturan foto gerhananya di iPhone 13 Pro.

Dia mengatakan fotografi gerhana bulan dapat dicapai, tetapi bisa jadi sulit.

"Anda pasti bisa mengambil gambar yang bagus dengan telepon, tetapi dengan gerhana bulan itu sulit, karena saat Bulan berubah warna menjadi merah, lalu menjadi lebih gelap," katanya.

"Jadi, Anda memerlukan aplikasi kamera di ponsel Anda yang memungkinkan kamera ponsel melakukan eksposur lebih lama."

Orang-orang harus menyiapkan ponselnya, namun – Stafford juga akan menggunakan teleskop dalam kemitraan dengan ponselnya untuk mendapatkan bidikan close-up yang sempurna.

"Saya memiliki dudukan telepon khusus yang dapat diklik pada lensa mata pada teleskop sehingga saya dapat mengarahkan telepon saya di atas lensa mata untuk memotret melalui teleskop dengan cara itu," kata Stafford.

"Lalu saya akan memfokuskannya dengan baik dan tajam ke Bulan, kemudian mengambil foto melalui aplikasi kamera."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiat Mendapatkan Bidikan Gerhana Bulan Terbaik

Memiliki Point of Comparison 

Bagi mereka yang hanya berbekal telepon, memiliki titik pembanding (pointof comparison) dalam bidikan Anda akan memberikan hasil yang luar biasa, menurut Stafford.

"Anda tidak akan mendapatkan bidikan yang diperbesar dengan ponsel Anda kecuali jika Anda memiliki zoom besar-besaran," katanya.

"Melakukan bidikan lebar (wide-angle) dengan sesuatu seperti rumah Anda dalam bidikan, kemudian Bulan di atas rumah Anda, Anda akan mendapatkan bidikan yang bagus dengan melakukan cara itu."

Selang Waktu

Tidak ingin memotret setiap 10 detik selama 86 menit berturut-turut? Biarkan ponsel atau kamera Anda bekerja dengan selang waktu (time lapse).

"Atur selang waktu untuk mengambil banyak gambar selama periode waktu tertentu," kata Hart.

"Itu bisa dilakukan dengan ponsel, DSLR, dan bahkan kamera saku yang mungkin dimiliki orang."

Sementara sebagian besar Android dan iPhone akan memiliki kemampuan selang waktu bawaan, ada aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh yang akan membuat ponsel Anda mampu selang waktu.

3 dari 4 halaman

Potret Bulan dalam Rona Merah

Susun Bidikan Anda

Setelah Anda memiliki banyak bidikan dari selang waktu (atau dari sekadar senang-senang), Anda dapat mengedit foto-foto itu dengan menumpuk beberapa bidikan di atas satu sama lain untuk membuat bidikan komposit.

Di beberapa area tertentu, seperti di Australia, gerhana terjadi saat bulan terbit. Ini merupakan kesempatan langka untuk membuat foto yang sangat unik.

"Saat Bulan terbit dan gerhana terjadi, bayangan ini mengambil potongan Bulan yang semakin besar, sehingga Anda dapat membuat gambar komposit ini dengan mudah," kata Hart.

"Itu bisa berupa foto setiap lima menit yang baru saja diekspos untuk Bulan itu sendiri, ambil selama satu jam atau lebih dan Anda dapat membuat tumpukan ini di mana Anda dapat melihat bayangan gerhana yang berubah."

Pengaturan 

Gerhana bulan total menampilkan bulan dalam rona merah yang menakjubkan karena cahaya dari matahari mengenai atmosfer Bumi.

Bergantung pada jenis peralatan yang Anda gunakan, ada sedikit perubahan untuk memaksimalkan warna yang tidak dapat dilewatkan itu — gunakan mode siang hari.

"Ponsel, kamera saku, dan DSLR memiliki pengaturan keseimbangan putih (white balance)," kata Hart.

"Jika Anda membiarkannya pada keseimbangan putih otomatis, maka kamera secara efektif mengubah warna untuk mengimbangi apa yang dianggapnya sebagai pencahayaan pemandangan. Sedangkan, jika Anda membiarkannya pada pengaturan siang hari, itu akan merekam warna dengan benar dan akurat."

4 dari 4 halaman

Yang Terpenting, Amati

Tidak masalah jika Anda memiliki peralatan fotografi profesional atau Anda hanya mengambil beberapa foto di ponsel Anda, baik Hart dan Stafford mengatakan hanya melihat gerhana bulan di kehidupan nyata bisa sangat menakjubkan.

"Ini adalah peristiwa yang sangat bagus untuk dilihat secara visual, bahkan jika Anda tidak memiliki kamera. Ada perkembangan yang lambat selama beberapa jam. Jadi, cobalah mengambil foto, tetapi pastikan Anda juga mengamatinya," kata Hart.

"Saya masih ingat ketika saya masih sangat muda menonton gerhana bulan dari luar rumah saya tempat saya dibesarkan, jadi itu mungkin peristiwa yang menangkap imajinasi saya dan membuat saya memulai astronomi sebagai hobi."

Stafford menambahkan: "Setiap orang harus selalu memiliki kesempatan. Karena Anda tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk melihatnya, itu adalah sesuatu yang setiap orang harus coba dan saksikan."

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.