Sukses

5 Fakta Soal Xi Jinping Jadi Presiden di Periode Ketiga, Benarkah Terkuat Sejak Mao Zedong?

Xi Jinping telah terpilih kembali menjadi Presiden China, yang terkuat sejak Mao Zedong.

Liputan6.com, Beijing - Presiden China Xi Jinping akhirnya memasuki masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin China pada hari Minggu (23 Oktober), tak lama setelah pertemuan pertama Komite Sentral yang baru, yang dipilih pada hari Sabtu.

Dilansir Channel News Asia, Senin (24/10/2022), Xi berjalan di depan kelompok tersebut pada acara Kongres untuk Komite Tetap Partai Komunis yang beranggotakan tujuh orang, posisi yang disediakan untuk sekretaris jenderal partai.

Pelantikan Xi akan diselenggarakan setelah kongres selama seminggu, yang melihat perombakan besar-besaran Komite Sentral, di mana sejumlah pejabat tinggi - termasuk Perdana Menteri Li Keqiang - mengundurkan diri, serta dukungan "posisi inti" Xi di antara anggota parlemen negara.

Berikut adalah sejumlah fakta soal jabatan ketiga Xi Jinping:

1. Masuk Periode Ketiga dan Menjadi Pemimpin Terkuat Sejak Mao Zedong

Pengangkatan kembali Xi sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis China untuk masa jabatan lima tahun ke depan, secara efektif memperkuat posisinya sebagai pemimpin negara yang paling kuat sejak Mao Zedong.

Mantan pemimpin Deng Xiaoping telah menulis batasan yakni maksimal dua masa jabatan presiden ke dalam konstitusi pada tahun 1982 untuk melembagakan suksesi, tetapi Xi menghapus batasan itu pada tahun 2018.

Pria berusia 69 tahun itu sekarang dipastikan akan menjalani masa jabatan ketiga sebagai presiden China, yang akan diumumkan secara resmi selama sesi legislatif tahunan pemerintah pada bulan Maret.

Sejak menjadi pemimpin negara itu satu dekade lalu, Xi telah mencapai konsentrasi kekuasaan yang tiada bandingnya dengan penguasa Tiongkok modern selain Mao.

Dia mengusulkan Inisiatif Sabuk dan Jalan, mendorong ekspansi cepat China di Laut China Selatan dan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022.

Xi juga mengawasi kebangkitan China sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, ekspansi militer yang besar dan postur global yang jauh lebih agresif yang telah menarik oposisi kuat dari Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anggota Komite

Komite Tetap Politbiro yang terdiri dari tujuh orang, termasuk sekretaris jenderal terpilih kembali Xi, terungkap pada hari Minggu.

Komite Tetap, yang melihat empat wajah baru, mewakili puncak kekuatan politik di China.

Anggota komite dipilih oleh Komite Sentral yang baru dibentuk yang terdiri dari sekitar 200 pejabat senior partai.

Mantan ketua partai Shanghai Li Qiang, orang kepercayaan Xi, dipromosikan di posisi nomor dua dalam hierarki partai. Ini membuatnya kemungkinan akan ditunjuk sebagai perdana menteri pada sesi legislatif tahunan pemerintah Maret mendatang.

Ini akan menjadi penunjukan yang tidak biasa karena Li, tidak seperti kebanyakan perdana menteri sebelumnya, tidak memiliki pengalaman sebagai wakil perdana menteri yang menjabat di pemerintah pusat.

Prospek bintang muda yang sedang naik daun berusia 63 tahun itu tampaknya diragukan setelah ia melakukan penguncian keras selama dua bulan di Shanghai awal tahun ini yang membuat penduduk pergi dengan kurangnya akses ke makanan dan perawatan medis.

Yang ketiga dan keempat dalam hierarki partai adalah Zhao Leji, mantan kepala pengawas antikorupsi partai dan Wang Huning, arsitek dengan slogan "Impian China" Xi dan kebijakan luar negeri yang lebih tegas. Keduanya adalah anggota Komite Tetap yang sudah ada.

3 dari 5 halaman

3. Amandemen Konstitusi

Partai Komunis China dengan suara bulat menyetujui serangkaian amandemen konstitusi pada hari Sabtu.

Konstitusi partai, atau piagam, adalah dokumen otoritas tertinggi yang harus dipatuhi oleh 96 juta anggota partai, dan amandemen tetap berlaku tanpa batas.

Partai mendukung "posisi inti" Xi di Komite Sentral serta statusnya yang dijernihkan "dalam partai secara keseluruhan".

Semua anggota partai harus "memperoleh pemahaman yang mendalam" tentang peran Xi yang tak tergoyahkan dan bekerja untuk menegakkannya, kata dokumen itu.

Sementara pria berusia 69 tahun itu telah lama disebut sebagai "inti" partai, resolusi tersebut lebih sering menggunakan sebutan dan dalam istilah yang lebih hormat daripada piagam sebelumnya.

Analis telah mengamati dengan cermat apakah piagam partai akan diubah untuk mengabadikan "Pemikiran Xi Jinping" sebagai filosofi pemandu, sebuah langkah yang akan menempatkan Xi setara dengan Mao.

Itu tidak terjadi, meskipun sebuah resolusi menyebut kredo itu "Marxisme Tiongkok kontemporer dan abad ke-21", menambahkan bahwa itu "mewujudkan budaya dan etos Tiongkok terbaik di era ini".

Pada tahun 2017, "Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tiongkok untuk Era Baru" yang lebih panjang pertama kali disalin ke dalam piagam, dan berpendapat bahwa partai tersebut harus mengambil peran penting dalam masyarakat Tiongkok sambil mendorong reformasi lebih lanjut, keamanan nasional, dan disiplin internal.

4 dari 5 halaman

4. Kemerdekaan Taiwan

Partai Komunis China juga untuk pertama kalinya mengabadikan penentangannya terhadap kemerdekaan Taiwan dalam konstitusinya.

"(Kongres) setuju untuk memasukkan dalam pernyataan konstitusi partai tentang ... dengan tegas menentang dan menghalangi separatis mencari 'kemerdekaan Taiwan'," kata resolusi itu.

Piagam sebelumnya hanya mengatakan bahwa partai akan "bekerja terus menerus untuk memperkuat persatuan semua orang China, termasuk rekan senegaranya ... di Taiwan" sebagai bagian dari upaya untuk mencapai "penyatuan kembali tanah air".

Dalam pidato pembukaannya pada 16 Oktober, Xi mengutuk "kekuatan eksternal" yang ikut campur soal Taiwan, yang diklaim China sebagai miliknya.

Xi menjanjikan "perjuangan besar" untuk melawan separatisme dan campur tangan di Taiwan, menambahkan bahwa "masalah Taiwan ... harus diselesaikan oleh orang-orang China sendiri".

"Kami ... tidak akan pernah berkomitmen untuk meninggalkan penggunaan kekuatan, dan memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan," tambahnya.

5 dari 5 halaman

5. Kebijakan Zero-COVID

China telah berulang kali menekankan komitmennya pada strategi zero-COVID-nya.

Xi mengatakan dalam pidato pembukaannya bahwa negara itu telah mengutamakan "rakyat dan kehidupan mereka" ketika berhadapan dengan pandemi COVID-19.

Dia mengatakan China telah "melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat ke tingkat tertinggi dan mencapai hasil positif yang signifikan dalam mengoordinasikan pencegahan dan pengendalian epidemi dengan pembangunan sosial dan ekonomi".

"Kami telah berpegang pada supremasi rakyat dan supremasi kehidupan, berpegang pada nol-COVID yang dinamis ... dan mencapai hasil positif yang besar dalam pencegahan dan pengendalian epidemi secara keseluruhan, dan pembangunan ekonomi dan sosial," kata Xi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.