Sukses

Tentara Tembak Tentara di Fasilitas Militer Thailand, 2 Orang Tewas

Penembakan melanda sebuah fasilitas militer di Thailand. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam insiden tentara tembak tentara tersebut.

Liputan6.com, Bangkok - Penembakan melanda sebuah fasilitas militer di Thailand. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut

"Tentara Thailand menewaskan dua orang dan melukai satu lainnya dalam penembakan di fasilitas militer di Bangkok pada Rabu (14 September 2022)," kata pejabat polisi dan tentara seperti dikutip dari AFP.

Sersan Mayor Yongyuth Mungkornkim, seorang pegawai di Royal Thai Army War College, menembak tiga tentara lainnya sekitar pukul 08.45 waktu setempat, kata pihak militer dalam sebuah pernyataan.

Pria berusia 59 tahun itu mencoba melarikan diri dari tempat kejadian tetapi menyerahkan diri sekitar pukul 10.00 pagi, kata wakil juru bicara kepolisian nasional Kissana Phathanacharoen kepada wartawan.

"Angkatan darat ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga prajurit yang meninggal dan yang terluka. Insiden ini merupakan kerugian bagi keluarga dan organisasi. Ini adalah sesuatu yang tidak diharapkan terjadi," wakil juru bicara militer Kolonel Senior Sirichan Nga-thong mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Penyebab dan motivasi insiden itu sedang diselidiki."

Setelah penembakan tentara itu, polisi dan tentara menjaga gerbang fasilitas, bagian dari kompleks besar bangunan militer di utara ibu kota.

Militer dalam pernyataannya mengidentifikasi para korban sebagai Sersan Mayor Nopparat Inthasunthorn dan Sersan Mayor Prakarn Sinsong.

Prajurit ketiga yang terluka, Sersan Mayor Yongyuth Panyanuwat, dibawa ke rumah sakit untuk perawatan, kata pernyataan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Ditangani Pengadilan Militer

Penjabat Perdana Menteri Prawit Wongsuwan mengatakan kepada wartawan bahwa polisi sedang menyelidiki peristiwa tersebut. Sejauh ini masih terlalu dini untuk memastikan motif penembak. 

Perwira senior militer lainnya, Mayor Jenderal Burin Thongprapai, mengatakan kepada wartawan bahwa tersangka diduga menderita masalah kesehatan mental setelah operasi otak akibat kecelakaan sepeda motor.

Juru bicara polisi Kissana mengatakan bahwa karena tersangka adalah seorang tentara yang bertugas, kasus ini akan ditangani oleh pengadilan militer.

 

3 dari 4 halaman

Penembakan Massal Mematikan Sebelumnya

Meskipun Thailand memiliki tingkat kepemilikan senjata yang tinggi, penembakan massal sangat jarang terjadi.

Namun dalam satu tahun terakhir, setidaknya ada dua kasus penembakan berakibat pembunuhan oleh tentara aktif, menurut Bangkok Post.

Dan pada tahun 2020, dalam salah satu insiden paling mematikan di kerajaan itu dalam beberapa tahun terakhir, seorang tentara menembak mati 29 orang dalam amukan selama 17 jam dan melukai lebih banyak lagi sebelum dia ditembak mati oleh pasukan komando.

Penembakan massal itu, yang mengejutkan Thailand, terkait dengan sengketa utang antara pria bersenjata Sersan-Mayor Jakrapanth Thomma dan seorang perwira senior, dan petinggi militer bersusah payah menggambarkan si pembunuh sebagai tentara nakal.

Militer memiliki pengaruh kuat dalam banyak aspek kehidupan di Thailand mulai dari politik hingga bisnis, dan telah melakukan intervensi untuk merebut kekuasaan berkali-kali selama beberapa dekade, terakhir pada tahun 2014.

4 dari 4 halaman

Penembakan Polisi di Ontario Kanada, 1 Petugas Tewas Saat Istirahat

Penembakan aparat sebelumnya melanda polisi di Kanada.

Seorang polisi Toronto Kanada yang sedang istirahat makan siang selama pelatihan ditembak dan dibunuh di Mississauga, oleh seorang tersangka yang kemudian ditahan di Hamilton setelah penembakan mematikan kedua, kata pihak berwenang pada konferensi pers Senin 12 September 2022 malam.

Pihak berwenang Kanada mengatakan orang lain terluka di Mississauga. Tersangka melarikan diri ke Milton dan diperkirakan telah menembak tiga orang lagi, menewaskan satu orang, kata polisi seperti dikutip dari CNN, Selasa (13/9/2022).

Polisi Andrew Hong, 48, dari unit lalu lintas polisi Toronto ditembak dari jarak dekat dan meninggal di tempat kejadian, kata Kepala James Ramer kepada wartawan.

Penembakan polisi ini menjadi kabar buruk bagi kepolisian dan keluarga yang ditinggalkan.

"Ini adalah berita buruk bagi keluarganya dan untuk semua anggota Kepolisian Toronto dan seluruh komunitas kepolisian kami," kata kepala polisi. "Kami akan bersandar satu sama lain saat kami bekerja untuk mendukung keluarga Polisi Hong, dan satu sama lain, dalam kesedihan kami."

Hong meninggalkan seorang istri dan dua anaknya. Dia telah bekerja di departemen itu selama 22 tahun.

Polisi Regional Peel di Mississauga sebelumnya mengatakan mereka dipanggil ke lokasi penembakan yang terjadi di persimpangan Argentia Road dan Winston Churchill Boulevard di mana dua orang ditembak tepat setelah pukul 2 siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.