Sukses

Serba-Serbi Soal Pemakaman Ratu Elizabeth II, Salah Satunya Sekolah Bakal Diliburkan

Sejumlah hal yang perlu diketahui soal pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Masa berkabung nasional untuk Ratu Elizabeth II sedang berlangsung saat ini di Inggris. Ini akan berlanjut sampai akhir hari pemakaman kenegaraannya.

Sebelum itu, peti matinya akan diletakkan di Edinburgh dan kemudian London agar publik dapat memiliki kesempatan untuk memberi penghormatan terakhir. 

Dilansir BBC, Selasa (13/9/2022), berikut adalah sejumlah fakta soal pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) mendatang:

1. Kapan Pemakaman Ratu Dilaksanakan?

Pemakaman akan berlangsung pada pukul 11:00 waktu setempat pada hari Senin 19 September 2022.

Pemakaman akan diadakan di Westminster Abbey - gereja bersejarah tempat raja dan ratu Inggris dimahkotai.

2. Apa itu Pemakaman Kenegaraan?

Pemakaman kenegaraan biasanya diperuntukkan bagi raja atau ratu, dengan mematuhi aturan protokol yang ketat. 

Biasanya, akan ada prosesi militer yang membawa peti mati ke Westminster Hall, masa peti mati "dibaringkan" atau dalam istilahnya disebut "lie in state" di negara bagian, dan layanan di Westminster Abbey atau Katedral St Paul.

Dalam kasus yang jarang terjadi, pemakaman kenegaraan juga dapat diadakan untuk "orang lain yang sangat terhormat". Orang-orang selain raja yang telah diberi pemakaman kenegaraan termasuk Sir Isaac Newton, Lord Nelson, Duke of Wellington dan Lord Palmerston.

Pemakaman kenegaraan terakhir yang dilakukan adalah pemakaman Sir Winston Churchill pada tanggal 30 Januari 1965. 

Pemakaman kenegaraan George VI, ayah Ratu, berlangsung pada 15 Februari 1952. Pemakaman seremonial berbagi banyak elemen pemakaman kenegaraan. Ini diadakan untuk Diana, Putri Wales, pada tahun 1997 dan Ibu Suri pada tahun 2002. Baroness Thatcher mengadakan upacara pemakaman dengan penghormatan militer penuh di Katedral St Paul pada tahun 2013.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Siapa yang Akan Menghadiri Pemakaman?

Belum ada daftar tamu yang dipublikasikan. Namun, para pemimpin dan bangsawan dari seluruh dunia diharapkan untuk bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan Inggris.

Sejauh ini, Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden akan hadir dan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga mengatakan dia akan hadir.

4. Apa arti Istilah "Lie in State"?

Istilah tersebut menggambarkan acara formal di mana peti mati ditempatkan sebelum upacara pemakaman. Itu diberikan kepada raja atau ratu, Permaisuri dan terkadang mantan perdana menteri. Lebih dikenal dengan persemayaman.

Sebelum peti matinya diangkut ke London untuk proses persemayaman, Ratu akan dibaringkan hingga pukul 15:00 BST pada hari Selasa di Katedral St Giles di Edinburgh. Masyarakat pun dapat memberikan penghormatan terakhirnya di sana. 

3 dari 4 halaman

5. Apa itu Vigil?

Istilah "vigil" artinya berjaga-jaga.

Saat Ratu disemayamkan di Edinburgh, penjagaan akan dilakukan oleh Royal Company of Archers - "pengawal penguasa di Skotlandia".

Pada Senin malam, Raja Charles III diperkirakan akan mengadakan acara jaga bersama dengan anggota Keluarga Kerajaan lainnya.

Selama Ratu disemayamkan di negara bagian di Westminster Hall, setiap sudut platform tempat peti matinya diletakkan akan dijaga sepanjang waktu oleh penjagaan tentara. Mereka akan berasal dari unit dari Sovereign's Bodyguard, Household Division, atau Yeoman Warders of the Tower of London.

6. Di Mana Ratu akan Dimakamkan?

Perjalanan terakhir peti mati Ratu adalah ke Kapel St George, di Kastil Windsor.Itu akan diturunkan ke Royal Vault, dan dikebumikan di kapel peringatan Raja George VI.Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu, juga dimakamkan di Kapel St George, begitu pula orang tua Ratu dan saudara perempuannya, Putri Margaret.

4 dari 4 halaman

7. Apakah Bank akan Libur?

Ya. Salah satu tindakan pertama Raja Charles III sebagai raja adalah menyetujui hari libur bank nasional, pada hari pemakaman kenegaraan Ratu. Pemerintah mengatakan akan "memberi sebanyak mungkin orang kesempatan pada hari Pemakaman Negara untuk menandai wafatnya Yang Mulia".

8. Akankah Sekolah, Toko, dan Bisnis Ditutup?

Sekolah diperkirakan tidak akan dibuka pada hari pemakaman.

Sebagian besar bisnis dan banyak toko juga akan tutup, seperti halnya hari libur nasional lainnya.

Namun, hak untuk hari libur bank tidak otomatis. Pemerintah mengatakan pihaknya mendorong "pemilik usaha untuk menanggapi secara sensitif permintaan dari pekerja yang ingin mengambil cuti".

9. Apakah Acara akan Dibatalkan?

Tidak ada kewajiban untuk membatalkan atau menunda acara selama masa berkabung nasional.

Namun, pedoman pemerintah mengatakan jika perlengkapan atau acara olahraga direncanakan untuk hari pemakaman, organisasi mungkin ingin menyesuaikan waktunya.

Liga Premier belum membuat pengumuman tentang pertandingan sepak bola akhir pekan sebelum pemakaman. Beberapa dapat dipengaruhi oleh kurangnya sumber daya seperti kepolisian dan penjagaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.