Sukses

Jalan Terjal Sento, Pemandian Air Panas Tradisional Jepang Bertahan Tergerus Zaman Modern

Ini kisah bagaimana pemandian di Jepang yang masih kental mempertahankan cara tradisional untuk bertahan tergerus.

Liputan6.com, Tokyo - Tepat sebelum dibuka setiap sore, penduduk lanjut usia berkumpul di luar salah satu pemandian gaya lama yang tersisa di Tokyo, mereka membawa kain flanel, sabun, dan sampo untuk berendam seperti biasa.

Dengan bak mandi telanjang komunal, suasana udara cerah Gunung Fuji dan pintu masuk kayu geser di bawah atap runcing, Inariyu adalah contoh klasik dari pemandian umum Jepang atau yang biasanya disebut dengan sento.

Dulu pemandian tradisional seperti ini ada di mana-mana di daerah perkotaan yang padat, sento sekarang ditutup dengan cepat karena lebih banyak orang mandi di rumah dan pemilik berjuang pada era modern seperti ini, seharga pula harga gas yang tinggi.

Faktor lainnya adalah kurangnya penerus, di mana para anak muda jarang yang meneruskan usaha pemandian air panas ini, sehingga para pengusaha memilih untuk menjual tanah mereka yang berharga.

Secara nasional, jumlah rumah mandi telah turun menjadi sekitar 1.800 dari puncaknya hampir 18.000 pada akhir 1960-an.

Tetapi beberapa seperti Inariyu telah diberi kesempatan hidup baru melalui renovasi, sementara yang lain menemukan kembali diri mereka sebagai tempat nongkrong yang trendi atau menggunakan analisis data untuk meningkatkan bisnis.

Cara Agar Tetap Bertahan

Salah satu orang yang mendorong untuk menyelamatkan pemandian lingkungan adalah Yasuko Okuno, yang menemukannya sebagai cara untuk melepas lelah setelah bekerja lembur.

"Hari demi hari, pikiran saya lelah. Bahkan ketika saya pulang, saya tidak bisa melupakan pekerjaan," kata penulis berusia 36 tahun untuk Asosiasi Tokyo Sento.

"Kemudian saya pergi ke sento untuk pertama kalinya dalam beberapa saat, dan rasanya seperti beban telah terangkat. Ada bak mandi besar, dan pengunjung tetap menyambut saya dengan ramah," katanya kepada AFP.

Seiring waktu, "itu mulai terasa seperti rumah dari rumah."

Jepang tidak pernah memberlakukan lockdown COVID-19 yang ketat, dan tempat-tempat seperti pusat kebugaran dan sento tetap buka bahkan ketika banyak kantor beralih ke pekerjaan rumahan dan restoran memperpendek jam buka.

Masker biasanya dipakai di kereta api dan di tempat umum lainnya, tetapi tidak ada persyaratan untuk memakainya di sento, meskipun jarak sosial dan mandi yang tenang dianjurkan.

Bagi banyak orang lanjut usia, ini adalah "rutinitas harian" yang tidak ingin mereka hentikan selama pandemi, dan beberapa merasa lebih aman mandi bersama orang lain di sekitar jika mereka jatuh, kata Yasuko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterdesakan yang Terjadi

Penutupan pemandian dapat mengikis jarak antara ikatan komunitas, kata Sam Holden, yang organisasinya Sento & Neighborhood menggunakan dana sekitar $200.000 atau lebih dari 2 milliar rupiah dari Dana Monumen Dunia untuk merenovasi Inariyu.

Kelompok tersebut berusaha untuk menjaga suasana pemandian yang nyaman dan ramah - dibangun pada tahun 1930 di daerah bertingkat rendah di utara Tokyo di mana jalan setapak sempit berliku-liku di antara rumah-rumah.

Inariyu memiliki pelanggan dari segala usia, termasuk "banyak orang tua, banyak dari mereka mungkin hidup sendiri dan rentan terhadap isolasi," kata Holden, seorang Amerika berusia 32 tahun yang telah tinggal di ibu kota selama hampir satu dekade.

"Rekan-rekan saya dan saya memiliki rasa urgensi dalam ingin melestarikan beberapa struktur bersejarah ini sebelum dibangun kembali menjadi kompleks apartemen dan hal-hal lain."

3 dari 4 halaman

Harga yang Terjangkau

Dengan membayar 500 yen atau sekitar Rp 53 ribu, pria atau wanita bisa masuk ke pemandian air panas tersebut. Biaya itu telah ditetapkan oleh pemerintah Tokyo.

Sebelum memulai berendam, mereka meninggalkan sepatu di loker kecil, lalu menanggalkan pakaian di ruang ganti dan mandi sebelum naik ke bak mandi untuk berendam santai yang menyenangkan.

Tidak seperti mata air panas Jepang, yang dikenal sebagai onsen, air di sento biasanya dipanaskan dengan gas.

Shunji Tsuchimoto, yang mengelola Inariyu bersama istrinya, mengatakan kepada AFP bahwa pemandian tersebut membayar 50 persen lebih banyak untuk energi daripada yang dilakukan pada tahun 2021.

Namun dia berharap dengan mengadakan acara di gedung-gedung yang direnovasi akan meningkatkan pendapatan dengan menarik pelanggan yang lebih muda.

“Saya ingin mereka mengenal budaya sento ini,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Trendi dan Modern

Salah satu sento yang berhasil menarik pelanggan muda adalah Koganeyu di timur Tokyo, yang dibuka kembali pada tahun 2020 setelah perubahan total.

Keluarga Kadoya telah menjalankan sento sejak 1950-an dan ketika dia mengambil alih tiga tahun lalu, dia membuat database untuk melacak informasi tentang pelanggan dan waktu kunjungan mereka.

Data telah memungkinkan dia untuk membuat keputusan bisnis yang ditargetkan, seperti mempekerjakan staf wanita untuk mendorong lebih banyak wanita untuk mengunjungi dan membuka pada hari Minggu pagi untuk mengurangi keramaian.

"Sentos selalu menjadi bagian dari budaya Jepang," kata Kadoya kepada AFP, dan saat ini, meninggalkan semuanya di loker saat Anda berendam bisa menjadi semacam "detoksifikasi digital."

"Itulah yang menurut saya dibutuhkan kaum muda saat ini."

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.