Sukses

Presiden Rusia Vladimir Putin Telepon Jokowi, Ucap Selamat HUT ke-77 RI hingga Dukung Presidensi G20

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengadakan percakapan telepon. Hal itu diketahui dari unggahan informasi melalui akun Instagram Kedutaan Besar Rusia di Jakarta @rusemb_indonesia baru-baru ini.

Sejumlah hal dibahas dalam percakapan antara Vladimir Putin dan Jokowi tersebut.

"Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia kepada Joko Widodo dan rakyat Indonesia," demikian menurut informasi @rusemb_indonesia yang dikutip Jumat (19/8/2022).

Selain ucapan selamat HUT ke-77 RI, disebutkan bahwa kedua pemimpin membahas hubungan Rusia-Indonesia dengan fokus pada implementasi kesepakatan yang dicapai selama kunjungan Jokowi ke Rusia baru-baru ini, termasuk mempromosikan sejumlah proyek bilateral utama di bidang ekonomi dan perdagangan.

"Dibicarakan ketahanan pangan global. Antara lain, Vladimir Putin memberitahu upaya Rusia bersama Turki dan Sekretariat PBB untuk menstabilkan pasar biji-bijian dan pupuk global," jelas pihak Kedubes Rusia di Jakarta melalui akun resmi Instagram mereka.

Pada kesempatan itu, disebutkan pula bahwa Rusia memberikan dukungan atas presidensi G20 Indonesia yang akan dilangsungkan pada November mendatang.

"Sehubungan dengan presidensi G20 Indonesia, persiapan untuk KTT di Bali pada bulan November juga disinggung."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Didahului Ucapan Selamat Via Telegram

Sebelumnya, Vladimir Putin disebut telah mengirim telegram ucapan selamat HUT ke-77 RI kepada Jpkowi.

Dalam telegram, Vladimir Putin dikabarkan menggarisbawahi bahwa Rusia dan Indonesia adalah dua negara sahabat yang menjalankan hubungan konstruktif. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow beberapa waktu yang lalu sepenuhnya membenarkan hal ini.

Vladimir Putin pun menyampaikan harapan agar Jokowi mendapat kesehatan yang baik dan kesuksesan, serta kepada semua Warga Negara Indonesia - kebahagiaan dan kemakmuran. 

Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta juga telah mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. melalui akun Instagram, Facebook dan Twitter resmi.

"Mengharapkan kepada semua teman dan mitra kami di Indonesia kesehatan kuat, kesejahteraan dan kemakmuran! Dirgahayu Republik Indonesia!"

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS