Sukses

10 Tempat Liburan Favorit Tukang Copet, Waspada!

Liputan6.com, Jakarta - Jangan lengah menjaga barang saat liburan ke luar negeri. Status sebuah negara sebagai negara maju belum tentu menjamin tidak ada kriminal, termasuk aksi pencopetan

Faktanya, lokasi-lokasi liburan yang memiliki reputasi cemerlang justru juga dikenal sebagai lokasi favorit tukang copet. Turis luar negeri tentunya akan menjadi sasaran empuk, apalagi yang baru pertama kali datang ke lokasi tersebut. 

Baru-baru ini, ada juga sekolompok bikers dari Indonesia yang menjadi korban pencurian di Montana, Amerika Serikat. Total kerugian ditaksir Rp 1,2 miliar. Pencurian itu mengejutkan korban sebab area di TKP sangat bagus.

Menurut laporan situs Money.co.uk, tiga tempat liburan favorit para tukang copet ternyata ada di kota-kota Eropa: Barcelona (Spanyol), Paris (Prancis), dan Roma (Italia). 

Situs tersebut memeriksa para reviewer dari para turis, kemudian menampilkan 10 tempat yang paling banyak disebut ada pencopetan. 

Berikut ulasannya: 

1. Las Ramblas 

Lokasi: Barcelona

Totalnya ada 3.271 review di Las Ramblas yang menyebutkan masalah pencopetan. Las Ramblas adalah tempat jalan-jalan yang terkenal di Barcelona.

Lokasi ini sangat ramai di musim turis, sehingga menjadi tempat favorit tukang copet. Akibat para tukang copet, Barcelona yang kaya raya akan budaya malah memiliki reputasi negatif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kota Paris

2. Menara Eiffel 

Lokasi: Paris 

Salah satu tujuan turis paling favorit di dunia. Ada 2.569 review yang menyorot pencopetan di kota ini.

Hati-hati saat sedang jalan-jalan dari stasiun metro ke arah menara. Pada 2019, polisi di Paris menangkap 19 orang yang dipercaya sebagai ringleader dari geng tukang copet. Target mereka memang area Menara Eiffel.

3. Air Mancur Trevi 

Lokasi: Roma

Roma adalah salah satu kota tertua di Eropa. Kota ini terkenal dari segi budaya maupun olahraga. Di kota ini, ada tradisi melempar koin ke Air Mancur Trevi. Setiap harinya, sekitar 3.000 euro (Rp 45 juta) dilemparkan ke air mancur. 

Koin-koin itu seringkali dicuri. Tak hanya koin yang dilempar, barang berharga milik turis juga terancam raib apabila tak waspada. 

Jangan Pakai Ransel?

Situs Money.co.uk mengingatkan bahwa backpack (ransel) adalah sasaran empuk pencopetan. Ransel juga membuat orang-orang jahat gampang mengenali turis. Memakai ransel juga memudahkan seseorang mengambil barang tanpa menyentuh fisik kita, sehingga sulit dideteksi.

Apabila memungkinan, coba selipkan tas bawaan di pakaian, serta jangan diletakan di bagian belakang tubuh. Hati-hati pula ketika memakai barang-barang berharga agar tak mencuri perhatian para tukang copet. 

Berikut daftar tempat wisata di dunia yang kabarnya kerap menjadi sasaran tukang copet:

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

10 Tempat yang Harus Diwaspadai

Lokasi ini sangat ramai di musim turis, sehingga menjadi tempat favorit tukang copet. Akibat para tukang copet, Barcelona yang kaya raya akan budaya malah memiliki reputasi negatif.

Daftar lokasi yang menjadi tempat favorit tukang copet, berdasarkan jumlah review:

1. Las Ramblas (Barcelona, Spanyol): 3.271 review

2. Menara Eiffel (Paris, Prancis): 2.569 review

3. Air Mancur Trevi (Roma, Italia): 2.206 review

4. Jembatan Charles (Praha, Republik Ceko): 1.081 review

5. Sacré Coeur (Paris, Prancis): 914 review

6. Colosseum (Roma, Italia): 666 review

7. Old Tow Square (Praha, Republik Ceko): 646 review

8. Louvre (Paris, Prancis): 598 review

9. Notre-Dame de Paris (Paris, Prancis): 408 review

10. Sagrada Familia (Barcelona, Spanyol): 407 review

4 dari 4 halaman

WNI Jadi Korban Pencurian, Total Kerugian hingga Rp 1,2 Miliar

Sebelumnya dilaporkan, rombongan Bali Indonesia Bikers menjadi korban pencurian di negara bagian Montana, Amerika Serikat. Kerugian mencapai Rp 1,2 miliar. 

Tak ada CCTV di tempat kejadian. Jam tangan Rolex dan tas Louis Vuitton ikut lenyap.

Dilaporkan VOA Indonesia, Kamis (18/8/2022), pencurian itu terjadi pada pekan lalu (10/8) sekitar pukul 02.00 waktu setempat di tempat parkir Hotel Extended Stay America di kota Billings, menurut laporan kasus yang dikeluarkan oleh polisi setempat.

40 koper milik 18 warga negara Indonesia (WNI) yang disimpan dalam sebuah truk sewaan yang diparkir di sebuah hotel di negara bagian Montana, dicuri baru-baru ini. 

Koper-koper dan segala isinya yang hilang itu adalah milik 18 WNI dari Bali. Mereka sedang berada di AS untuk mengikuti Sturgis Motorcycle Rally di negara bagian South Dakota. Para anggota Bali Indonesia Bikers ini berpawai naik 10 moge dan 1 truk sewaan berisi barang-barang sejauh hampir 2.500 kilometer. Perjalanan diawali di kota Seattle di negara bagian Washington dan berakhir di Rapid City, negara bagian South Dakota. Mereka singgah di tiga negara bagian, termasuk Montana.

"Di (truk) U-Haul itu berisi barang-barang kita. Jadi setiap stop itu kita selalu turunin barang-barang yang perlu saja," kata pemimpin rombongan Tommy Indrarji kepada VOA.

Ketika sedang beristirahat di hotel di Montana itulah pencurian diduga terjadi.

"Kita check-in hotel jam 10 (malam). Karena crowded, kita baru bisa masuk kamar jam 11 (malam). Kita keluar jam 7 pagi. Greg (rekan perjalanan) yang pertama kali memberitahu saya kalau koper itu sudah tidak ada di (truk) U-Haul," jelas Tommy.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS