Sukses

Ucapan HUT ke-77 RI Dubes Inggris: Dirgahayu Indonesia, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Cepat!

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan selamat hari kemerdekaan RI juga dilayangkan oleh perwakilan negara sahabat, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. 

"Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77. Pulih lebiih cepat, bangkit lebih kuat!" ucapnya dalam sebuah video yang dikutip dari akun Twitter @UKinIndonesia, Rabu (17/8/2022).

Pada kesempatan tersebut, Dubes Jenkins mengatakan bahwa 77 tahun Indonesia merdeka, dan berbagai kemajuan telah dicapai di sejumlah bidang. Hal itu telah menjadikan Indonesia salah satu mitra utama Inggris di kawasan Ini.

Dalam ucapan selamat HUT ke-77 RI, Dubes Jenkins pun menyorot perihal keketuaan Indonesia untuk G20, memberikan dukungan dari negaraya.

"Tahun ini adalah momen yang sangat penting bagi Indonesia. Seiring dengan kepemimpinannya di forum kerjasama ekonomi utama dunia G20," ujarnya.

"Dengan mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger', Indonesia telah memainkan peran yang sangat penting dalam penggalangan usaha dan upaya yang inklusif agar kita semua bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ungkap Dubes Jenkins.

Inggris, sambung Dubes Jenkins, mendukung penuh kepemimpinan Indonesia di forum ini (G20. "Kami mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Indonesia untuk memastikan agenda penting G20 tercapai."

"Demi terwujudnya tatanan masyarakat global yang adil dan makmur, serta terciptanya perdamaian dunia."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

SBY Hadiri Upacara HUT ke-77 RI di KBRI Kuala Lumpur

Sementara itu, KBRI Kuala Lumpur menyelenggarakan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 RI. Peringatan HUT ke-77 RI itu bertempat di halaman depan KBRI KL.

Pada kesempatan ini, seperti tertuang dalam pernyataan tertulisnya Rabu (17/8/2022), KBRI Kuala Lumpur mendapat kehormatan atas kehadiran Presiden ke-6 RI Prof. Dr. Dr. (HC). H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), beserta mantan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta rombongan.

Keberadaan Presiden SBY di Kuala Lumpur bertepatan dengan rangkaian acara beliau memberikan kuliah umum atas undangan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia itu dipimpin oleh Duta Besar RI LBBP Hermono dengan partisipasi peserta dari unsur para staf KBRI, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, perwakilan Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia serta perwakilan dari sejumlah organisasi masyarakat Indonesia di Kuala Lumpur.

Pada kesempatan sambutan di acara syukuran HUT RI, SBY menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Upacara Bendera di KBRI Kuala Lumpur yang membanggakan, rapi, hikmat, tertib dan megah. Ia mengajak untuk meningkatkan semangat juang, persatuan yang tinggi, tekad yangkuat untuk "do our best for our country" melalui semangat HUT RI.

SBY menilai, pelaksanaan diplomasi yang dilaksanakan oleh KBRI Kuala Lumpur dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada melalui peningkatan hubungan kedua negara serta dukungan berbagai organisasi masyarakat dan lapisan masyarakat Indonesia di Malaysia.

Potongan Tumpeng untuk SBY

Sementara itu, Dubes Hermono menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran SBY pada rangkaian acara Upacara Bendera dan menggarisbawahi peran KBRI dalam upaya memberikan layanan dan pelindungan bagi WNI di Malaysia dengan berbagai upaya solusi atas kompleksitas permasalahannya.

Pada acara syukuran, Dubes RI untuk Malaysia itu menyerahkan potongan tumpeng kepada SBY sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran beliau yang menjadi keistimewaan tersendiri dalam pelaksanaan Upacara HUT RI di Kuala Lumpur.

Rangkaian pelaksanaan Upacara Bendera dan syukuran berlangsung dengan lancar, hikmat dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

3 dari 4 halaman

HUT ke-77 RI, Menlu AS Antony Blinken: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Ucapan selamat HUT ke-77 RI juga dihaturkan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat saya kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan Anda," ucap Blinken seperti dikutip dari situs resmi pemerintah AS, state.gov, Rabu (17/8/2022).

"Selamat atas perayaan menggembirakan Hari Kemerdekaan ini," imbuhnya.

Pada pernyataan ucapan selamat hari kemerdekaan RI ke-77 tersebut, Antony Blinken mengatakan Amerika Serikat bangga dengan sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara kedua negara, AS-Indonesia.

"Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Blinken juga menyampaikan dukungannya kepada Indonesia atas presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung November mendatang di Bali.

"Kami mendukung kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia," ucapnya.

Menlu Blinken mengutarakan bahwa "Amerika Serikat merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka." 

4 dari 4 halaman

Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan ke-77 untuk Indonesia

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden pun tak lupa menyampaikan ucapan selamat HUT ke-77 RI.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," ucap Joe Biden seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima Selasa (16/8/2022).

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu 'Bhinneka Tunggal Ika' dan 'E Pluribus Unum'. Moto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam," Joe Biden menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Joe Biden juga menyampaikan harapan untuk kedua negara, AS-Indonesia untuk pembangunan di Indo-Pasifik.

"Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh. Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak sebagai sahabat dan mitra strategis," pungkas Joe Biden.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS