Sukses

Karantina COVID-19 untuk Turis Asing di Hong Kong Dipersingkat Jadi 3 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Hong Kong mempersingkat periode karantina hotel terkait pencegahan COVID-19 untuk semua kedatangan dari 7 hari menjadi 3 hari. Hong Kong juga mengambil langkah lain untuk secara bertahap melonggarkan aturan pandemi ketat yang telah mengisolasi pusat keuangan Asia tersebut.

Langkah-langkah itu akan efektif mulai Jumat 12 Agustus, kata pemimpin kota itu, John Lee, dalam konferensi pers. Dilansir Channel News Asia, Senin (8/8/2022), kedatangan turis akan dipantau selama empat hari berikutnya, di mana mereka akan dilarang memasuki tempat-tempat seperti restoran dan bar.

"Kita perlu menyeimbangkan antara penghidupan masyarakat dan daya saing Hong Kong untuk memberikan momentum dan vitalitas ekonomi maksimal kepada masyarakat," kata Lee.

Orang yang dikarantina akan diberi kode merah pada aplikasi yang diamanatkan pemerintah. Ini akan berubah menjadi kode kuning setelah mereka meninggalkan karantina, menandakan mereka tidak boleh memasuki tempat yang ramai.

Karantina sebelumnya selama tiga minggu. Saat ini, semua kedatangan harus menghabiskan setidaknya satu minggu di karantina hotel dan mematuhi perintah pengujian yang sering dilakukan, memberikan sampel tinja untuk bayi dan mengisi berbagai formulir.

Hanya sejumlah hotel tertentu yang tersedia untuk karantina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Karantina

Kamar mahal dan biasanya dipesan berbulan-bulan sebelumnya. Pembayaran dilakukan di muka dan pengembalian uang tidak diizinkan kecuali ada perubahan kebijakan pemerintah atau pembatalan penerbangan.

Daya saing Hong Kong telah dihantam oleh langkah-langkah pandemi, kata eksekutif bisnis, berharap Lee, pemimpin kota itu sejak 1 Juli, akan membatalkan aturan karantina.

Perbatasan kota hampir sepenuhnya disegel sejak 2020, dengan kedatangan internasional menghadapi protokol karantina dan pengujian yang ketat. Ini adalah salah satu tempat terakhir di dunia yang masih memberlakukan karantina untuk kedatangan.

Lee telah berjanji untuk menghubungkan kembali Hong Kong dengan daratan dan seluruh dunia. Dia menangguhkan aturan pada bulan Juli yang melarang penerbangan individu jika mereka membawa penumpang yang terinfeksi virus corona, dengan mengatakan itu menyebabkan masalah dan ketidaknyamanan yang tidak perlu bagi penduduk.

Lebih dari 100 penerbangan dilarang tahun ini, frustrasi besar bagi bisnis dan penduduk yang menggunakan perjalanan yang mudah dan efisien dari kota.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dampak COVID

Saham maskapai utama Cathay Pacific Airways melonjak sebanyak 3,5 persen setelah pengumuman menjadi HK$8,77, persentase kenaikan harian terbesar sejak 28 Juni.

Cathay telah terpukul oleh aturan ketat pandemi Hong Kong selama dua tahun terakhir yang menyebabkan penurunan 98 persen dalam jumlah penumpang.

Acara Rugby Sevens internasional yang populer di Hong Kong akan berlangsung pada bulan November untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun. Itu dibatalkan pada 2020 dan 2021 karena tindakan pandemi.

Turnamen, yang merupakan undian bagi pengunjung internasional, dimaksudkan untuk bertepatan dengan konferensi perbankan besar bulan itu yang akan dihadiri oleh para eksekutif top global dan akan menjadi tanda bahwa Hong Kong dapat melanjutkan bisnis seperti biasa.

Para bankir mengatakan bahwa perjalanan bebas karantina adalah prasyarat untuk acara tersebut berlangsung.

4 dari 4 halaman

Hong Kong Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 Sinovac untuk Bayi Usia 6 Bulan

Hong Kong pada Selasa (2 Agustus) mengurangi usia minimum untuk divaksinasi dengan suntikan COVID-19 Sinovac China menjadi enam bulan, dari sebelumnya tiga tahun setelah beberapa anak kecil terinfeksi Virus Corona.

Orang dewasa dan anak-anak di sana, yang mempertahankan beberapa tindakan pencegahan COVID-19 terberat di dunia, diharuskan memiliki setidaknya tiga suntikan vaksin Virus Corona.

"Baru-baru ini serangkaian anak kecil telah terinfeksi Virus Corona baru. Situasi penyakit parah dan bahkan kematian menjadi perhatian besar," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan pengurangan usia.

Pemerintah mengatakan pihaknya juga sedang bernegosiasi dengan Fosun China, yang memasok vaksin BioNtech Jerman, untuk membeli formula vaksin itu untuk anak-anak.

Usia minimum untuk mendapatkan suntikan vaksin BioNtech adalah lima tahun.

Sekitar 90 persen dari lebih dari 7 juta penduduk Hong Kong telah memiliki dua dosis vaksin Virus Corona dan sekitar 67 persen memiliki tiga dosis.

Warga dapat memilih antara Sinovac China dan BioNtech.

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS