Sukses

Pemakaman Ivana Trump Dilangsungkan di New York

Ivana Trump dimakamkan di New York.

Liputan6.com, New York - Pemakaman Ivana Trump, mantan istri Donald Trump, telah diadakan di New York City, menyatukan keluarga dalam pertemuan publik yang langka.

Nyonya Trump (73) meninggal minggu lalu setelah dilaporkan jatuh dari tangga apartemennya di Manhattan.

Dilansir BBC, Kamis (21/7/2022), di antara mereka yang hadir adalah tiga anak Donald dan Ivana, Ivanka, Eric dan Donald Trump Jr, yang semuanya dilaporkan memberikan eulogi.Pasangan ini menikah selama 15 tahun antara 1977 dan 1992.

Berasal dari Cekoslowakia saat itu, Ivana Trump adalah seorang sosialita terkenal yang menjadi subjek minat publik yang intens bersama Donald Trump selama tahun 1980-an dan 1990-an. 

Setelah pasangan itu berpisah, dia melanjutkan untuk meluncurkan lini produk kecantikan, perhiasan, dan pakaian.

Pada pemakaman pada hari Rabu, tiga anak Ivana dan Donald terlihat berdiri bersama di samping pasangan dan keluarga mereka ketika mobil jenazah yang membawa peti mati tiba untuk dibawa ke Gereja Katolik St Vincent Ferrer. 

Mantan presiden - yang dilaporkan tidak berbicara di kebaktian - tiba secara terpisah bersama personel keamanan.

Sebelum acara pemakaman, ia menulis di platform media sosialnya, Truth Social: "Hari yang sangat menyedihkan, tetapi pada saat yang sama merupakan perayaan kehidupan yang indah dan indah."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Pemakaman

Menurut New York Post, Ivanka Trump (40) yang merasa emosional mengatakan kepada pelayat selama kebaktian: "Tumbuh dewasa, ibu saya tidak memberi tahu saya bahwa seorang wanita dapat melakukan apa pun yang dia inginkan - dia menunjukkannya kepada saya."

Dia menambahkan: "Ibu saya pernah mengatakan kepada saya bahwa tidak ada yang tidak bisa dia lakukan dengan sepatu hak tinggi."

Donald Jr menyebut ibunya "tak kenal takut dan mandiri".

Orang lain yang terlihat di pemakaman termasuk pengembang real estate Charles Kushner - ayah Jared Kushner - desainer Malaysia Zang Toi, pembawa acara TV Jeanine Pirro dan George Wayne, mantan jurnalis Vanity Fair yang dikenal karena wawancaranya dengan selebriti. 

Tidak ada kamera yang diperbolehkan di dalam gereja selama kebaktian.

3 dari 4 halaman

Kenangan Donald Trump

Ivana Trump, ikon gaya 1980-an dan pengusaha wanita yang membantu Donald Trump membangun kerajaan yang membawanya ke jalan menuju Gedung Putih, menjalani “kehidupan yang indah,” kenang mantan presiden itu ketika orang-orang terkasih memberikan penghormatan terakhir kepadanya pada hari Rabu.

Mantan presiden AS itu bergabung dengan semua anak-anaknya, sederetan kerabat dan teman-teman lainnya di sebuah gereja Manhattan untuk Misa pemakaman Ivana Trump.

"Hari yang sangat menyedihkan, tetapi pada saat yang sama perayaan kehidupan yang menakjubkan dan indah,” tulisnya di platform media sosialnya, Truth Social, sebelum dia, mantan ibu negara Melania Trump dan putra mereka, Barron menuju ke Gereja Katolik Roma St. Vincent Ferrer seperti dikutip dari AP.

4 dari 4 halaman

Luka Akibat Benda Tumpul

Tiga anak Ivana dan Donald Trump - Donald Jr., Ivanka dan Eric - berdiri bersama ayah dan keluarga mereka saat peti mati berwarna emas dibawa dari Gereja Katolik Roma St. Vincent Ferrer di Manhattan. Eric Trump dengan singkat melingkarkan lengannya di bahu saudara perempuannya saat dia memegang tangan salah satu anaknya yang masih kecil, yang memegang sekuntum bunga merah.

Tiffany Trump, putri mantan presiden dan istri keduanya, Marla Maples, juga menghadiri kebaktian tersebut, begitu pula teman-teman keluarga termasuk Jeanine Pirro, pembawa acara bersama Fox News "The Five," dan Charles Kushner, seorang pengembang real estate dan ayah dari suami Ivanka Trump, Jared Kushner. Perancang busana Dennis Basso, teman lama Ivana Trump, juga berada di antara para pelayat.

Misa itu adalah "penghormatan yang elegan dan luar biasa untuk Ivana Trump," kata teman lama R. Couri Hay ketika dia muncul.

Keluarga Trump mengumumkan Kamis bahwa wanita berusia 73 tahun itu telah meninggal di rumahnya di Manhattan. Pihak berwenang mengatakan kematiannya adalah kecelakaan, dengan luka akibat benda tumpul di tubuhnya sebagai penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.