Sukses

Suhu Ekstrem 40 Derajat Celcius Diprediksi Hantam Inggris, Otoritas Siapkan Antisipasi

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengeluarkan peringatan panas tingkat empat tertinggi untuk badan kesehatan dan perawatan.

Liputan6.com, London - Keadaan darurat nasional telah diumumkan setelah peringatan panas ekstrem dikeluarkan untuk pertama kalinya, karena suhu bisa mencapai 40 derajat Celcius.

Dikutip dari laman BBC, Sabtu (16/7/2022) peringatan tertinggi ini mencakup area termasuk London, Manchester dan York, Inggris pada Senin dan Selasa mendatang.

Ini berarti ada risiko terhadap kehidupan dan rutinitas sehari-hari yang perlu diubah.

Pembatasan kecepatan kemungkinan terjadi di jalur kereta api, beberapa sekolah akan tutup lebih awal dan beberapa janji dengan rumah sakit akan dibatalkan.

Di atas peringatan tersebut, Met Office, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengeluarkan peringatan panas tingkat empat tertinggi untuk badan kesehatan dan perawatan.

Para pemimpin NHS pada Jumat malam memperingatkan akan ada permintaan yang lebih besar untuk ambulans dan pasien bisa berisiko jika ditinggalkan di luar rumah sakit dengan kendaraan darurat dalam cuaca panas.

Dalam sebuah surat mereka mengatakan, ambulans tidak boleh menunggu di luar unit gawat darurat lebih dari 30 menit sebelum menurunkan pasien.

Ini adalah pertama kalinya peringatan panas dikeluarkan untuk beberapa bagian Inggris, meskipun sistem peringatan panas ekstrem baru diperkenalkan pada tahun 2021.

Otoritas di Downing Street mengatakan, peringatan itu diperlakukan sebagai darurat nasional. Pejabat bertemu pada hari Jumat dan akan bertemu lagi selama akhir pekan untuk membahas hal ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skotlandia dan Irlandia Utara Tak Luput dari Suhu Panas

Cuaca pada awal minggu depan diperkirakan akan hangat di seluruh Inggris tetapi suhu akan lebih seperti 30 derajat Celcius di Skotlandia dan Irlandia Utara, dan suhu 30-an yang diprediksi di beberapa bagian Inggris dan Wales.

Gelombang panas - yang berasal dari Afrika utara - menyebar ke seluruh Eropa dan telah memicu kebakaran hutan di Portugal, Prancis, dan Spanyol.

Juru bicara Met Office Grahame Madge mengatakan, itu "berpotensi situasi yang sangat serius", dengan kemungkinan 50% suhu mencapai 40 derajat Celcius -- kemungkinan di sepanjang koridor A1, membentang dari London ke utara menuju Yorkshire dan Timur Laut.

Suhu tertinggi yang tercatat di Inggris adalah 38,7 derajat Celcius di Cambridge pada 2019 dan presenter BBC Weather Matt Taylor mengatakan, sekarang ada kemungkinan realistis mencapai 40 derajat Celcius di Inggris.

"Itu sangat panas, jenis suhu jika Anda sedang berlibur mungkin bisa Anda atasi, tetapi dalam kehidupan sehari-hari itu bisa berdampak parah pada kesehatan," katanya.

3 dari 4 halaman

Negara Eropa Hadapi Gelombang Panas

Eropa menghadapi gelombang panas minggu ini menyusul gelombang panas yang luar biasa dan intens yang datang dari Afrika Utara, dengan pemerintah dari banyak negara Eropa mengeluarkan peringatan kepada publik dan instruksi tentang bagaimana "bertahan" dari situasi itu.

Di Prancis, rekor panas bulanan tercatat di beberapa kota, menurut Meteo Channel, demikian dikutip dari laman Xinhua.

Menurut harian berita Le Figaro, rekor absolut untuk kota tepi laut barat daya Biarritz tercatat pada 42,4 derajat Celcius, dengan rata-rata 35 derajat Celcius di wilayah lain di Prancis.

Sebanyak 14 departemen Prancis berada dalam siaga gelombang panas pada Jumat oleh Meteo Channel, yang kemudian mengurangi jumlahnya menjadi 11 untuk hari Sabtu.

Sekitar tiga perempat dari populasi Prancis dipengaruhi oleh peringatan gelombang panas oranye dan merah.

Pada Sabtu malam, situasinya tetap ekstrem, belum pernah terjadi sebelumnya, dengan suhu yang sangat tinggi yang belum pernah diamati sebelumnya di awal musim, lapor Le Figaro.

Pemerintah Prancis juga telah menyiapkan jalur "panas" untuk membantu orang yang membutuhkan jika terjadi keadaan darurat.

Di seberang Selat Inggris, Kantor Inggris pada hari Jumat mengeluarkan peringatan tingkat tiga, tertinggi kedua, untuk gelombang panas di London, tenggara dan timur Inggris, karena suhu naik menjadi 33 derajat Celcius, tertinggi sejak musim panas 2020.

 

4 dari 4 halaman

Peringatan dari Otoritas

Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah mengeluarkan peringatan kesehatan panas tingkat tiga di London, Inggris tenggara dan timur, yang mengharuskan layanan sosial dan perawatan kesehatan untuk menargetkan tindakan spesifik pada kelompok berisiko tinggi.

Stephen Dixon, juru bicara Met Office, mengatakan kepada media bahwa suhu di awal 30-an "tidak pernah terjadi sebelumnya tetapi tidak biasa melihat suhu setinggi ini di awal tahun."

"Apa yang telah kami perhatikan selama beberapa tahun terakhir adalah bahwa bahkan ketika kita mendapatkan musim panas yang singkat ini, semburan panas dari Selatan ini menuju ke arah kita. Mereka cenderung sangat intens," kata ahli meteorologi Tomasz Schafernaker pada podcast BBC Newscast minggu ini.

Gelombang panas juga melanda Italia minggu ini, memicu keadaan darurat di setidaknya empat kota dan menempatkan setengah dari produksi pertanian di utara pada risiko kekeringan.

Darurat panas oranye, tingkat darurat tertinggi kedua, diumumkan Jumat di kota utara Brescia dan Turin, serta Florence dan Perugia di Italia tengah. Yang paling rentan, orang tua, anak-anak, orang sakit kronis, dan wanita hamil disarankan untuk tinggal di dalam rumah selama jam-jam terpanas hari itu.

Suhu di beberapa bagian utara mencapai 40 derajat Celcius pada hari Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.