Sukses

Wanita di China Habiskan 10 Tahun Ubah Sejarah Rusia di Laman Wikipedia

Seorang wanita China dilaporkan menghabiskan dekade terakhir hidupnya menulis ratusan entri Wikipedia palsu tentang sejarah Rusia.

Liputan6.com, Beijing - Seorang wanita China dilaporkan menghabiskan dekade terakhir hidupnya menulis ratusan entri Wikipedia palsu tentang sejarah Rusia dan berkontribusi pada ratusan informasi bohong lainnya.

Wikipedia tidak kurang seperti sumber pengetahuan online. Baik Anda mencari informasi umum hanya karena penasaran, atau soal makalah penting, Wikipedia hampir selalu memberikan hasil terbaik.

Menurut laporan online dari beberapa sumber berita mapan di China, seorang wanita misterius diduga bertanggung jawab atas salah satu tipuan terbesar dalam sejarah Wikipedia.

Lebih dari 200 artikel yang dibuat-buat tentang sejarah abad pertengahan Rusia, lengkap dengan lokasi, peristiwa, dan karakter palsu yang dibuat selama satu tahun sudah ia tuliskan dalam jangka waktu 10 tahun.

Kisah aneh ini dimulai beberapa waktu lalu, ketika Yifan, seorang novelis fantasi Tiongkok, mulai menjelajahi Wikipedia bahasa Mandarin sebagai sumber inspirasi untuk buku barunya.

Berfokus pada sejarah abad pertengahan Rusia, penulis menyebut telag ditemukan menemukan tambang perak besar Kashin, yang awalnya oleh Tver, sebuah negara merdeka dari abad ke-13 hingga ke-15, dan kemudian oleh Kadipaten Agung Moskow, hingga ditutup pada abad ke-18, karena sumber dayanya yang sudah habis.

Sejarah tambang perak besar Kashin disebutkan dulu ada sekitar 30.000 budak dan 10.000 orang yang berhasil meraih kebebasannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulis Cerita Bohong

Sejumlah cerita-cerita bohong terus ia tuliskan. Pengungkapan penulis menjadi viral, mendorong Wikipedia untuk meluncurkan penyelidikan atas masalah tersebut.

Diungkapkan bahwa selama lebih dari 10 tahun, seseorang telag mengoperasikan beberapa akun penulis dan menulis beberapa juta kata dari sejarah Rusia palsu, membuat lebih dari 200 artikel dan berkontribusi pada ratusan kebohongan lainnya.

Ia menampilkan cerita yang rumit, perang dan karakter yang dibuat-buat, semuanya dijalin menjadi entri yang cukup membosankan untuk dianggap sebagai catatan bersejarah.

Penulis semua entri palsu ini kemudian dikenal di China sebagai 'Zhemao'. Di platform, dia mengaku sebagai putri seorang diplomat yang ditempatkan di Rusia dan memiliki gelar dalam sejarah Rusia, tetapi setelah kebohongannya selama satu dekade terungkap, dia mengaku sebagai ibu rumah tangga dengan gelar sekolah menengah dengan imajinasi yang kaya.

“Masalah yang saya sebabkan sulit untuk diperbaiki, jadi mungkin larangan permanen adalah satu-satunya pilihan,” tulis Zhemao.

“Pengetahuan saya saat ini tidak cukup untuk mencari nafkah, jadi di masa depan saya akan belajar kerajinan, bekerja dengan jujur, dan tidak melakukan hal-hal samar seperti ini lagi.”

 

3 dari 3 halaman

Dilakukan Sejak Lama

Menurut sumber berita Tiongkok, Zhemao memulai aktivitasnya di Wikipedia pada 2010, menulis cerita palsu tentang Heshen, seorang pejabat Dinasti Qing yang nyata dan terkenal korup, sebelum pindah ke Rusia pada 2012.

Ia memulai dengan mengedit artikel yang ada di Czar Alexander I dari Rusia dan kemudian mulai menulis artikel yang dibuat-buat, benar-benar menciptakan versinya sendiri tentang sejarah Rusia.

Pada saat penulisan ini, sebagian besar artikel fiktif Zhemao tentang sejarah Rusia telah dihapus dari Wikipedia bahasa Mandarin, sementara beberapa telah diperbaiki untuk mencerminkan kenyataan.

Pengeditan Zhemao pada entri lain telah ditarik. Dia telah menulis surat permintaan maaf di akun Wikipedia bahasa Inggrisnya, menulis bahwa motivasinya adalah untuk belajar tentang sejarah.

Meskipun sejumlah editor Wikipedia mengatakan bahwa hal seperti ini tidak diperhatikan selama lebih dari satu dekade, namun ini telah “mengguncang kredibilitas Wikipedia bahasa Mandarin saat ini secara keseluruhan,” masyarakat umum agak terpesona dengan cerita ini dan kemampuan seorang wanita lajang untuk menulis cerita fiktif tersebut.

Ratusan cerita palsu tentang sejarah suatu negara menjadi ada tanpa ada yang menyadarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.