Sukses

Wajib Tahu, Ini 8 Makanan yang Kaya akan Zat Besi

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin menghindari rasa lelah, pastikan Anda memasukkan banyak sumber zat besi dalam makanan Anda sangat penting.

Ini karena zat besi adalah mineral vital yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda.

Tanpa zat besi yang cukup, kita tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen, yang menyebabkan masalah kesehatan dan gejala seperti kelelahan yang ekstrem.

Wanita lebih rentan terhadap anemia defisiensi besi karena kehilangan darah selama periode, dan mungkin ingin mempertimbangkan suplemen sebagai hasilnya. Ada juga beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan untuk diet Anda untuk membantu penyerapan, seperti mengonsumsi zat besi dengan sumber vitamin C.

“Penyerapan zat besi sangat bergantung pada kesehatan saluran pencernaan,” tambah Dr Margarita Kitova-John, GP, dokter kedokteran fungsional dan pendiri Lantern Clinic.

Dilansir dari laman Live Science, Minggu (10/7/2022), berikut adalah sejumlah makanan yang mengandung zat besi tinggi:

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi nabati yang bagus yang cenderung juga tinggi protein dan vitamin dan mineral lainnya, menjadikannya sebagai makanan dasar yang baik. Kacang kalengan dan kacang kering juga memiliki umur simpan yang lama, sehingga bisa menjadi pilihan yang nyaman dan padat nutrisi pada hari yang sibuk ketika Anda tidak memiliki apa-apa di rumah.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Daging Merah

Daging merah mungkin yang pertama kali diasosiasikan orang dengan zat besi, dan itu adalah sumber yang kaya akan zat besi (jenis zat besi yang kita dapatkan dari sumber hewani yang lebih mudah dicerna oleh tubuh kita). 

3. Hati

Meskipun tidak sesuai dengan selera semua orang, hati mengandung sejumlah besar zat besi, yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk melengkapi diet Anda jika Anda menderita anemia defisiensi besi. Hati angsa dapat memberikan 30,5 mg per 100 g, hati ayam mengandung 8,99 mg dan hati sapi sekitar 6,4mg.

4. Buah Kering

Buah kering bisa menjadi sumber zat besi yang sangat baik dan juga kaya akan vitamin C, menjadikannya pilihan yang bagus untuk dimakan agar mudah menyerap zat besi.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tua juga merupakan sumber vitamin C, serta zat besi, yang dibutuhkan untuk penyerapan zat besi yang tepat. Meskipun mereka sendiri bukan sumber makanan kaya zat besi, sayuran hijau cenderung sangat padat nutrisi dan kandungan vitamin C-nya memudahkan tubuh kita menyerap zat besi yang dikandungnya.

3 dari 3 halaman

6. Telur

Telur ayam utuh mengandung 1,67 mg zat besi per 100 g dan kaya nutrisi akan vitamin dan mineral lainnya, menjadikannya pilihan yang baik untuk camilan atau elemen protein makanan, terutama untuk vegetarian yang mungkin tidak ingin makan sumber hewani lainnya.

7. Ikan

Ikan adalah sumber protein tanpa lemak dan juga menyediakan asam lemak penting yang dapat membantu mendukung kesehatan dan fungsi otak. Mereka juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik, dengan makarel mengandung 1,63 mg zat besi per 100 g, tuna 1,02 mg per 100 g dan salmon menyediakan 0,25 mg per 100 g.

8. Biji-bijian

Bji-bijian adalah sumber zat besi yang hebat, serta kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Kacang mete mengandung 6,68 mg zat besi per 100 g, pistachio memiliki 3,92 mg per 100 g dan pecan memberi kita 2,53 mg per 100 g. Anda juga bisa mengonsumsi kacang sebagai selai kacang, yang semakin memudahkan pemenuhan kebutuhan zat besi harian Anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS