Sukses

Presiden Volodymyr Zelensky Bertekad Pertahankan Wilayah Selatan Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Minggu (19/6) pagi bahwa dia bertekad untuk mempertahankan wilayah selatan negara itu dengan cara apa pun.

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Minggu (19/6) pagi bahwa dia bertekad untuk mempertahankan wilayah selatan negara itu dengan cara apa pun.

Dalam pidatonya setelah dia kembali dari kunjungan ke wilayah Mykolaiv dan Odesa di sepanjang Laut Hitam, Zelensky mengatakan, "Kami tidak akan memberikan wilayah selatan kepada siapa pun. Kami akan merebut kembali semua milik kami dan laut akan (kembali dikuasai oleh) Ukraina dan aman."

Dia bersikeras bahwa semuanya akan dipulihkan.

"Kerusakannya signifikan. Banyak rumah hancur, logistik sipil terganggu, banyak masalah sosial. Saya telah menugaskan para pejabat untuk memberikan bantuan lebih sistematis kepada orang-orang yang kehilangan anggota keluarga yang dicintai. Kami pasti akan memulihkan semua yang hancur," tegas Zelensky.

"Rusia tidak memiliki rudal sebanyak jumlah rakyat kami yang ingin hidup," kata Zelensky, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (20/6/2022).

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah memperingatkan bahwa perang Rusia di Ukraina bisa menjadi perang yang panjang dan mahal. Dia mengatakan kepada surat kabar Jerman Bild am Sonntag, "Kita harus mempersiapkan fakta bahwa perang itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina."

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga telah memperingatkan bahwa perang di Ukraina bisa berlangsung lama dan bahwa Ukraina perlu menerima "senjata, peralatan, amunisi, dan pelatihan lebih cepat daripada penjajah."

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Jerman dpa bahwa Ukraina dapat mengandalkan dukungan dari negara-negara demokrasi terkemuka G-7 "selama diperlukan."

Dan dalam peringatan keras, kepala Angkatan Darat Inggris yang baru diangkat mengatakan Inggris dan sekutunya harus mampu memenangkan perang darat dengan Rusia.

Jenderal Sir Patrick Sanders mengatakan dalam pesan internal yang dilihat oleh BBC: "Invasi Rusia ke Ukraina menggarisbawahi tujuan inti kami -- untuk melindungi Inggris dan siap berperang dan memenangkan perang di darat -- dan memperkuat persyaratan untuk mencegah agresi Rusia dengan ancaman kekuatan."

Stoltenberg dan Johnson mengatakan, mengirim lebih banyak senjata akan membuat kemenangan bagi Ukraina lebih mungkin.

"Kita harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina," kata kepala NATO itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Bild.

"Bahkan jika biayanya tinggi, tidak hanya untuk dukungan militer, juga karena kenaikan harga energi dan pangan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasokan Senjata ke Ukraina

Kepala aliansi militer Barat mengatakan bahwa memasok Ukraina dengan senjata yang lebih modern akan meningkatkan peluangnya untuk dapat membebaskan wilayah Donbas timur negara itu, yang sebagian besar saat ini berada di bawah kendali Rusia.

Selama beberapa bulan terakhir pasukan Rusia dan Ukraina telah berjuang untuk menguasai wilayah di timur negara itu - dengan Moskow membuat kemajuan lambat dalam beberapa pekan terakhir.

Menulis di Sunday Times, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan "kampanye gesekan" dan "mencoba menghancurkan Ukraina dengan kebrutalan belaka."

"Saya khawatir kita perlu menguatkan diri untuk perang yang panjang," tulisnya.

"Waktu adalah faktor vital. Semuanya akan tergantung pada apakah Ukraina dapat memperkuat kemampuannya untuk mempertahankan wilayahnya lebih cepat daripada Rusia dapat memperbarui kapasitasnya untuk menyerang."

Perdana menteri, yang mengunjungi ibukota Ukraina pada hari Jumat, mengatakan pasokan senjata, peralatan, amunisi, dan pelatihan ke Kiev diperlukan untuk melebihi upaya Moskow untuk mempersenjatai diri.

 

3 dari 3 halaman

Upaya Kalahkan Rusia

Pejabat Ukraina telah berbicara terus terang dalam beberapa hari terakhir tentang perlunya meningkatkan pasokan senjata berat ke negara itu jika pasukan Rusia ingin dikalahkan.

Pada Rabu kemarin, menteri pertahanan negara itu, Oleksiy Resnikov, bertemu dengan sekitar 50 negara di Grup Kontak Pertahanan Ukraina di Brussels untuk meminta lebih banyak senjata dan amunisi.

Sekutu Barat negara itu sejauh ini telah menawarkan pasokan senjata utama tetapi Ukraina mengatakan hanya menerima sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri dan meminta senjata yang lebih berat.

Para pejabat Rusia sering mengkritik dukungan militer NATO untuk Ukraina dan dalam sebuah wawancara minggu lalu dengan BBC Menteri Luar Negeri negara itu, Sergei Lavrov, mengutip prospek Ukraina bergabung dengan aliansi Barat sebagai alasan untuk invasi di tempat pertama.

"Kami mendeklarasikan operasi militer khusus karena kami sama sekali tidak punya cara lain untuk menjelaskan kepada Barat bahwa menyeret Ukraina ke NATO adalah tindakan kriminal," kata Lavrov kepada BBC.

Ukraina bukan anggota NATO dan meskipun telah menyatakan keinginan untuk bergabung, tidak ada kerangka waktu untuk ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.