Sukses

31 Mei 2008: Benjamin Netanyahu Terpilih Jadi PM Israel yang Termuda di Usia 47 Tahun

Ini adalah momen perdana Benjamin Netanyahu menduduki kursi perdana menteri Israel.

Liputan6.com, Yerusalem - Sejarah mencatat pada 31 Mei 2008 sebagai momen Perdana Menteri atau PM Israel Shimon Peres kalah tipis dalam pemilihan nasional oleh pemimpin Partai Likud Benjamin Netanyahu.

Ini adalah momen perdana Benjamin Netanyahu menduduki kursi perdana menteri Israel.

Mengutip History.com, Peres yang merupakan pemimpin Partai Buruh menjadi perdana menteri pada 1995 setelah Yitzhak Rabin dibunuh oleh seorang ekstremis Yahudi sayap kanan.

Benjamin Netanyahu, yang berjanji untuk bersikap keras terhadap terorisme dan pemimpin Palestina Yasser Arafat, berada di usia 47 tahun sebagai perdana menteri termuda yang terpilih dalam sejarah negara itu.

Lahir di Tel Aviv pada tahun 1949, ia bertugas di Angkatan Pertahanan Israel dan selama tahun 1980-an menjadi duta besar Israel untuk PBB. Pada 1988, ia terpilih menjadi anggota parlemen Israel dan menjabat sebagai wakil menteri luar negeri dari 1988 hingga 1991.

Pada 1993, ia menjadi pemimpin Likud dan tiga tahun kemudian menjadi perdana menteri Israel.

Pada tanggal 18 Mei 1999, setelah tiga tahun sebagai perdana menteri, proses perdamaian yang terhenti, dan pertikaian politik yang mewabah di dalam kabinetnya menyebabkan kekalahan elektoralnya oleh penantang Partai Buruh Ehud Barak. Selama pidato konsesinya malam itu, Netanyahu juga mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Likud.

Netanyahu terpilih kembali sebagai perdana menteri pada 2009, 2013 dan 2015. Dalam pemilihan 2019, ia gagal membentuk koalisi pemerintahan. Pada tahun 2021, Naftali Bennett menjadi perdana menteri Israel, menggulingkan Netanyahu. Sejak 2016, Netanyahu telah menghadapi tuduhan korupsi, dan didakwa pada 2019.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Netanyahu Lengser, PM Baru Israel Naftali Bennett Janjikan Persatuan Bangsa

Benjamin Netanyahu menjabat selama lima periode, pertama dari 1996 hingga 1999, kemudian terus menerus dari 2009 hingga 2021.

Dia mengadakan pemilihan pada April 2019 tetapi gagal memenangkan cukup dukungan untuk membentuk pemerintahan koalisi baru. 

Setelah yang ketiga, ia membentuk pemerintah persatuan nasional dengan pemimpin oposisi saat itu Benny Gantz, tetapi kesepakatan itu gagal dan Israel kembali ke tempat pemungutan suara pada bulan Maret.

Likud muncul sebagai partai terbesar, tetapi setelah Netanyahu kembali tidak dapat membentuk pemerintahan, tugas itu diberikan kepada Lapid, yang partainya berada di urutan kedua. 

Oposisi terhadap Netanyahu yang tetap berkuasa telah tumbuh, tidak hanya di antara kiri dan tengah, tetapi juga di antara partai-partai sayap kanan yang biasanya secara ideologis bersekutu dengan Likud, termasuk Yamina.

Meskipun Yamina berada di urutan kelima dalam pemilihan dengan hanya tujuh kursi, dukungannya sangat penting. 

Setelah berminggu-minggu negosiasi, Lapid membawa Yamina bergabung sebagai bagian dari konstelasi partai-partai yang satu-satunya tujuan bersama adalah mencopot Netanyahu dari jabatannya.

Perjanjian yang melibatkan delapan faksi dengan 61 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas ditandatangani pada 2 Juni, hanya setengah jam sebelum tenggat waktu akan berakhir, secara efektif melengserkan Netanyahu.

 

3 dari 4 halaman

Janji PM Baru Israel

Perdana Menteri baru Israel, Naftali Bennett, telah berjanji untuk menyatukan bangsa yang dilanda kebuntuan politik selama bertahun-tahun.

Naftali Bennett mengatakan pemerintahnya akan "bekerja demi semua orang", dan menambahkan bahwa prioritasnya adalah reformasi di bidang pendidikan, kesehatan dan pemotongan birokrasi.

Melansir BBC, Senin (14/6/2021), nasionalis sayap kanan tersebut akan memimpin koalisi partai-partai yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memenangkan mosi tidak percaya dengan selisih tipis hanya satu kursi pada Minggu (13/6).

Dia menggantikan Benjamin Netanyahu, yang dipaksa mundur dari jabatannya setelah 12 tahun.

Bennett, pemimpin partai Yamina, akan menjadi perdana menteri hingga September 2023 sebagai bagian dari kesepakatan pembagian kekuasaan.

Dia kemudian akan menyerahkan kekuasaan kepada Yair Lapid, kepala partai Yesh Atid yang berhaluan tengah, untuk dua tahun lagi.

4 dari 4 halaman

Sosok Naftali Bennett, PM Baru Israel Pengganti Benjamin Netanyahu

Naftali Bennett, yang dilantik pada Minggu 13 Juni sebagai perdana menteri baru Israel, mewujudkan banyak kontradiksi yang mendefinisikan negara berusia 73 tahun itu.

Dia merupakan seorang Yahudi religius yang menjalankan bisnis senilai jutaan dolar di sektor hi-tech, yang sebagian besar sekuler.

Ia juga merupakan mantan sekutu Benjamin Netanyahu yang telah bermitra dengan partai-partai sayap kiri dan tengah untuk mengakhiri kekuasaannya selama 12 tahun.

Mengutip Channel News Asia, Senin (14/6/2021), partainya yang ultranasionalis Yamina hanya memenangkan tujuh kursi di Knesset yang beranggotakan 120 orang dalam pemilihan Maret lalu. 

Tetapi dengan menolak untuk berkomitmen pada Netanyahu atau lawan-lawannya, Bennett memposisikan dirinya sebagai pemangku kuasa. Bahkan setelah salah satu anggota partai nasionalis keagamaannya meninggalkannya untuk memprotes kesepakatan koalisi baru, ia berakhir dengan mahkota.

Bennett telah lama memposisikan dirinya di sebelah kanan Netanyahu. Tetapi dia sangat dibatasi oleh koalisinya yang berat, yang hanya memiliki mayoritas sempit di parlemen dan mencakup partai-partai dari kanan, kiri dan tengah.

Dia menentang kemerdekaan Palestina dan sangat mendukung permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem timur, yang dilihat oleh Palestina dan sebagian besar masyarakat internasional sebagai hambatan utama bagi perdamaian.

Bennett dengan keras mengkritik Netanyahu yang setuju untuk memperlambat pembangunan pemukiman di bawah tekanan dari Presiden Barack Obama, yang mencoba dan gagal untuk menghidupkan kembali proses perdamaian di awal masa jabatan pertamanya.

Dia sempat menjabat sebagai kepala dewan pemukim Tepi Barat, Yesha, sebelum memasuki Knesset pada 2013. Bennett kemudian menjabat sebagai menteri kabinet urusan diaspora, pendidikan dan pertahanan di berbagai pemerintahan yang dipimpin Netanyahu.

“Dia adalah pemimpin sayap kanan, garis keras keamanan, tetapi pada saat yang sama sangat pragmatis,” kata Yohanan Plesner, kepala Institut Demokrasi Israel, yang telah mengenal Bennett selama beberapa dekade dan bertugas bersamanya di militer.

Dia mengharapkan Bennett untuk terlibat dengan faksi lain untuk menemukan "penyebut yang sama" saat dia mencari dukungan dan legitimasi sebagai pemimpin nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.