Sukses

17 Mei 2014: Kecelakaan Pesawat Militer Laos, 17 Orang Tewas Termasuk Wakil PM

Sebuah pesawat militer jatuh di Laos, menteri pertahanan negara sekaligus wakil PM dan menteri keamanan publik dilaporkan termasuk korban tewas.

Liputan6.com, Xiang Khouang - Sebuah pesawat militer jatuh di Laos, menewaskan 16 orang di dalamnya, termasuk menteri pertahanan negara itu, menurut pihak berwenang Thailand.

"Sebuah pesawat angkatan udara Laos jatuh dalam perjalanan ke Provinsi Xiang Khouang di utara negara itu," kata pejabat pertahanan itu seperti dikutip dari ABC Australia.

"Wali kota Vientiane, menteri pertahanan Laos dan istrinya ada di pesawat."

Sejumlah media asing menyebut jumlah korban tewas kecelakaan pesawat Laos itu mencapai 17 orang.

Menteri Pertahanan Thailand Nipat Thonglek mengatakan Menteri Pertahanan Laos Douangchay Phichit termasuk di antara lima pejabat senior yang tewas dalam kecelakaan itu.

Thonglek mengatakan dia diberitahu tentang kematian itu oleh seorang pejabat senior militer Laos.

Kecelakaan pesawat itu juga menewaskan Menteri Keamanan Publik Thongbanh Sengaphone, Sekretariat Komite Sentral Partai Revolusi Rakyat Laos dan Ketua Komite Pelatihan Propaganda Cheuang Sombounkhanh, dan Wali Kota Vientiane Soukanh Mahalath.

Tiga Orang Selamat, Namun Akhirnya Meninggal Dua Orang

Sebuah sumber Kementerian Pertahanan Laos mengatakan bahwa satu-satunya yang selamat akibat pesawat jatuh itu, adalah seorang perawat yang ditarik dari reruntuhan bersama dengan dua orang lainnya yang kemudian meninggal karena luka-luka.

Sebuah sumber kementerian pertahanan Laos mengkonfirmasi kecelakaan itu, tetapi tidak memberikan rincian tentang korban di antara mereka yang ada di dalamnya.

Kecelakaan itu adalah yang kedua di Laos dalam tujuh bulan.

Pada Oktober tahun 2013 sebuah turboprop Lao Airlines ATR-72 jatuh ke Sungai Mekong dalam cuaca buruk saat mendekati Bandara Pakse di Laos selatan, menewaskan semua 49 orang di dalamnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

20 Orang di Dalam Pesawat Saat Kecelakaan

Kementerian luar negeri di Bangkok mengatakan sekitar 20 orang berada di dalam pesawat AN74-300, seraya menambahkan bahwa pesawat itu jatuh pada Sabtu 17 Mei 2014 pagi (waktu setempat).

Para pejabat di pesawat itu diyakini sedang melakukan perjalanan ke sebuah upacara di Xiang Khouang, sebuah provinsi di timur laut negara itu.

Kantor berita Laos KPL merilis foto-foto reruntuhan pesawat di hutan.

"Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki," katanya dalam laporan singkat berbahasa Inggris.

Laos telah mengalami 30 kecelakaan udara fatal sejak 1950-an, menurut Jaringan Keselamatan Penerbangan.

Negara yang terkurung daratan berpenduduk sekitar tujuh juta orang ini memiliki pemerintahan satu partai yang otoriter dan merupakan salah satu negara termiskin di Asia.

Bintang Politik yang Sedang Naik Daun Tewas

Salah satu korban tewas yakni Menteri Pertahanan Laos Douangchay Phichit yang kala itu berusia 69 tahun, berada di politbiro komite pusat Partai Revolusioner Rakyat Laos, yang telah memerintah Laos sejak 1975.

Tiga pejabat lainnya yang jadi korban tewas berada di komite pusat partai yang paling berkuasa di negara itu. Dua di antaranya diidentifikasi sebagai Wakil Perdana Menteri Laos Douangchay Phichit dan Menteri Keamanan Publik Thongbanh Sengaphone.

Douangchay dianggap sebagai generasi kedua pemimpin Laos dan diyakini telah menaiki tangga politik dengan cepat mengikuti jejak Presiden Choummaly Sayasone, menurut media The Nation.

Dia memasuki Politbiro, lingkaran dalam partai yang berkuasa, dan mengambil portofolio pertahanan pada tahun 2001.

Kematian mendadak Douangchay dan Thongbanh telah memberikan pukulan bagi pemerintah dan partai yang berkuasa, kata laporan-laporan.

"Tampaknya tak terhindarkan bahwa kematian para pejabat ini, terutama dua menteri, akan berdampak pada struktur kekuasaan partai dan di Laos secara lebih umum," Associated Press mengutip Simon Creak, sejarawan Laos dan Asia Tenggara di Japan's Japan's Universitas Kyoto, seperti yang dikatakan.

"Terutama dengan kongres partai berikutnya, yang akan memilih generasi pemimpin berikutnya, kurang dari dua tahun lagi."

3 dari 4 halaman

Kekosongan Kekuasaan, Penyebab Kecelakaan Diselidiki

Wakil Perdana Menteri Laos Douangchay Phichit, Menteri Keamanan Publik Thongbanh Sengaphone, dan dua pejabat tinggi lainnya termasuk di antara 17 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat militer pada akhir pekan, kata pemerintah, meninggalkan kekosongan kekuasaan dalam pemerintahan satu partai yang otoriter.

Menurut laporan Radio Free Asia, Douangchay, yang juga Menteri Pertahanan dan bintang politik yang sedang naik daun, dan pejabat lainnya sedang bepergian dengan pesawat Antonov AN-74TK-300 buatan Ukraina untuk menghadiri upacara peringatan di provinsi Xiengkhuang pada Sabtu pagi ketika pesawat itu jatuh saat mendekati bandara, menurut laporan.

"Mereka meninggal karena kecelakaan pesawat AN-74TK-300 Angkatan Udara Laos pada 17 Mei pukul 07.00 pagi di Desa Nadee, Distrik Paek, Provinsi Xiengkhuang," kata kantor berita resmi Laos, KPL.

"Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki oleh pihak berwenang terkait," katanya, memberikan sedikit informasi tentang kecelakaan di daerah yang berbatasan dengan Vietnam barat laut.

Pesawat itu berada sekitar 2 kilometer (1,2 mil) dari bandara Xiangkhoung, dekat salah satu situs arkeologi utama Laos, Dataran Jars, ketika jatuh, Vientiane Times milik negara melaporkan.

 

4 dari 4 halaman

Bepergian untuk Upacara Peringatan

Para pejabat sedang dalam perjalanan untuk memperingati 55 tahun "keuntungan strategis" yang dibuat oleh militer Laos selama Perang Indocina pada 18 Mei 1959, kata laporan yang dikutip oleh Radio Free Asia.

Foto-foto yang diambil dari lokasi kecelakaan menunjukkan pesawat itu jatuh di kawasan hutan dan rusak parah, meninggalkan sejumlah besar puing di lokasi, kata laporan tersebut.

Kantor berita asing awalnya mengkonfirmasi kecelakaan itu melalui pejabat di negara tetangga Thailand, yang berhubungan dekat dengan Laos, yang pemerintahnya mempertahankan kontrol media yang ketat dan hampir tidak menoleransi oposisi.

Selain Douangchay dan Thongbanh, Kantor Berita Laos KPL mengidentifikasi pejabat lain yang tewas sebagai Wali Kota Vientiane Soukanh Mahalath dan Ketua Propaganda Partai Revolusi Rakyat Laos yang berkuasa Cheuang Sombounkhanh.

Istri Douangchay Thanda Phichit dan beberapa ajudannya juga tewas dalam kecelakaan itu, meskipun tiga orang, termasuk seorang pramugari, dilaporkan selamat (kemudian dikabarkan meninggal), sumber di Vientiane mengatakan kepada The Nation, sebuah surat kabar terkemuka Thailand.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.