Sukses

Rudal Rusia Serang Pelabuhan Laut Hitam Ukraina, Berupaya Ganggu Pengiriman Senjata

Rusia, pada Selasa 10 Mei 2022 melancarkan serangan rudal ke arah pelabuhan Laut Hitam Odesa, demikian kata pejabat Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Rusia, pada Selasa 10 Mei 2022 melancarkan serangan rudal ke arah pelabuhan Laut Hitam Odesa, demikian kata pejabat Ukraina. Moskow dikatakan berusaha mengganggu pengiriman senjata penting dan jalur pasokan ke Ukraina pada minggu ke-11 perang tersebut.

Menurut laporan VOA Indonesia, Rabu (11/5/2022), militer Ukraina mengatakan Rusia menembakkan tujuh rudal ke sejumlah sasaran di Odesa, menghantam pusat perbelanjaan dan satu gudang, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai lima lainnya.

Saat berkunjung ke gudang itu, Wali Kota Gennady Trukhanov mengatakan gudang tersebut "sama sekali tidak menyerupai infrastruktur militer atau objek militer."

Ukraina mengatakan beberapa amunisi yang ditembakkan ke Odesa berasal dari era Soviet, sehingga tidak bisa diandalkan dalam penargetan. Tetapi lembaga kajian Ukraina yang melacak perang itu, Center for Defense Strategies, mengatakan Moskow menggunakan beberapa senjata tepat sasaran terhadap Odesa: Kinzhal, atau "Belati," rudal hipersonik yang diluncurkan ke udara dan menarget permukaan.

Namun, juru bicara Pentagon John Kirby kepada wartawan mengatakan ia tidak melihat “bukti untuk dibahas terkait rudal hipersonik yang ditembakkan ke Odesa.”

Kirby menambahkan "tidak ada dampak terhadap aliran dan pengiriman material ke Ukraina, baik akibat serangan di Odesa ataupun serangan di tempat lain."

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, pada Selasa (10/5), memperdebatkan rancangan undang-undang yang mengizinkan bantuan baru senilai hampir $40 miliar untuk peralatan militer dan kemanusiaan bagi Ukraina. Nilai tersebut $7 miliar lebih banyak dari yang diminta Presiden Joe Biden pada minggu lalu.

Biden mengatakan pemerintahannya "hampir mengeluarkan" semua kewenangannya untuk mengirim senjata dan peralatan militer lainnya dari persediaan Pentagon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukraina Dorong Pasukan Rusia dalam Serangan Balasan di Dekat Kharkiv

Sementara itu Ukraina mengatakan pada Selasa 10 Mei pasukannya telah merebut kembali desa-desa dari pasukan Rusia di utara dan timur laut Kharkiv, menekan serangan balasan yang dapat menandakan pergeseran momentum perang dan membahayakan kemajuan utama Rusia.

Pasukan Ukraina dalam beberapa hari terakhir merebut kembali pemukiman Cherkaski Tyshky, Ruski Tyshki, Borshchova dan Slobozhanske, di utara kota terbesar kedua di Ukraina, kata Tetiana Apatchenko, seorang petugas pers dengan pasukan utama Ukraina di daerah itu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (11/5/2022).

Penasihat Kementerian Pertahanan Yuriy Saks mengatakan keberhasilan Ukraina mendorong pasukan Rusia keluar dari jangkauan Kharkiv, yang terletak di timur laut, yang telah dibombardir terus-menerus sejak perang dimulai.

"Operasi militer angkatan bersenjata Ukraina di sekitar Kharkiv, terutama di utara dan timur laut Kharkiv, adalah semacam kisah sukses," kata Saks kepada Reuters. 

"Tentara Ukraina mampu mendorong penjahat perang ini ke garis di luar jangkauan artileri mereka."

Di Washington, pejabat tinggi intelijen AS mengatakan perang itu menemui jalan buntu. Presiden Vladimir Putin tampaknya bersiap untuk konflik yang panjang, dan kemenangan Rusia di wilayah Donbas timur Ukraina mungkin tidak mengakhiri perang, kata Direktur Intelijen Nasional Avril Haines.

3 dari 4 halaman

Serangan Balik Terhadap Rusia

Serangan balik di dekat Kharkiv bisa menandakan fase baru, dengan Ukraina sekarang melakukan ofensif setelah berminggu-minggu di mana Rusia melancarkan serangan besar-besaran tanpa membuat terobosan.

Dengan mendorong mundur pasukan Rusia yang telah menduduki pinggiran Kharkiv sejak awal invasi, Ukraina bergerak ke jarak serang dari jalur suplai belakang yang menopang kekuatan serangan utama Rusia lebih jauh ke selatan.

"Orang-orang Ukraina semakin dekat dengan perbatasan Rusia. Jadi semua keuntungan yang diperoleh Rusia pada hari-hari awal di timur laut Ukraina semakin menjauh," kata Neil Melvin dari think-tank RUSI di London.

Selama parade militer Lapangan Merah pada hari Senin menandai berakhirnya Perang Dunia II, Putin mendesak Rusia untuk terus berjuang tetapi tidak memberikan indikasi strategi lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Tantangan Baru Bagi Rusia

Sejak Rusia terpaksa meninggalkan serangan di ibukota Kiev pada akhir Maret, kekuatan utamanya telah berusaha untuk mengepung pasukan Ukraina di Donbas, menggunakan kota Izyum di selatan Kharkiv sebagai pangkalan. Pasukan Ukraina sejauh ini sebagian besar bertahan melawan serangan dari tiga arah.

Tetapi dengan mendorong kembali ke dekat Kharkiv, Ukraina sekarang dapat memaksa Moskow untuk beralih mencoba mempertahankan jalur pasokan panjangnya sendiri ke Izyum. Analis militer Barat mengatakan ada tanda-tanda serangan balik telah melemahkan kemajuan Rusia.

"Penilaian kami adalah bahwa mereka (Rusia) harus menarik beberapa kekuatan dari sumbu yang mengarah ke kendali wilayah Donbas karena apa yang telah terjadi di Kharkiv, dan itu hanya menggarisbawahi tantangan yang mereka miliki," kata pensiunan Jenderal AS. Jack Keane, sekarang ketua lembaga think tank Institute for the Study of War.

Di selatan, pasukan Rusia kembali menyerang pabrik baja Azovstal di Mariupol, mencoba untuk merebut benteng terakhir perlawanan Ukraina di kota yang hancur di mana Ukraina mengatakan puluhan ribu orang telah tewas di bawah dua bulan pengepungan Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.