Sukses

5 Tips Bikin Rambut Hitam dan Tebal Secara Alami

Tips agar membuat rambut terlihat sehat dan tebal.

Liputan6.com, Jakarta- Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tetapi bagi banyak orang, mungkin perlu usaha lebih untuk mendapatkannya.

Meskipun Anda selalu dapat memalsukan ketebalan rambut dengan sampo penambah volume, cara itu hanya merupakan perbaikan sementara dan tidak benar-benar mempengaruhi struktur batang rambut Anda. Tetapi sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan lebih tebal, dan sebagian besar metode ini sederhana dan terjangkau.

"Diameter batang rambut menunjukkan apakah Anda memiliki rambut yang tipis atau tebal. Itu ditentukan oleh ukuran folikel rambut yang berada di lapisan kulit kepala," ujar dokter dan ahli bedah kulit di KMC Hair Center Kansas City, Meena Singh dikutip Prevention.

Sehingga, merawat kulit kepala dinilai menjadi aspek yang penting terkait pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan tebal. Kabar baiknya, ada lho beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dilansir dari Bright Side, Rabu (20/4/2022), berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut tebal:

1. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Jika Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, Anda mungkin ingin lebih memperhatikan berapa banyak kandungan Zinc yang Anda dapatkan melalui diet Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak makan daging berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan Zinc, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerontokan rambut. Karena protein membantu tubuh untuk mendapatkan hasil maksimal dari nutrisi penting ini, vegetarian dan vegan harus mengonsumsi Zinc dua kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.

2. Pilih Sampo yang Lembut

Sampo favorit Anda mungkin menghasilkan busa yang luar biasa, tetapi jika Anda ingin rambut Anda lebih tebal secara alami, Anda mungkin ingin membaca labelnya dengan lebih cermat. Sulfat yang menyebabkan busa berbusa ini tidak membantu helai rambut Anda, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan rambut tipis. Meskipun efektif dalam menghilangkan kotoran, sulfat juga dapat menghilangkan terlalu banyak minyak alami yang dibutuhkan rambut Anda untuk tetap sehat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kurangi Penggunaan Alat Styling

Ketika Anda hampir tidak punya waktu untuk melakukan banyak hal di pagi hari, sangat wajar jika Anda ingin menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut Anda secepat mungkin.

Tetapi alat penata rambut dengan suhu tinggi sebenarnya dapat mencegah Anda mendapatkan untaian yang lebih tebal dan lebih kuat. Ketika Anda memberikan panas langsung ke rambut Anda, itu menciptakan lubang-lubang kecil di lapisan pelindung rambut, yang dapat menyebabkan kerusakan.

4. Perhatikan Kulit Kepala

Anda mungkin menggunakan scrub dan exfoliator untuk menjaga kulit wajah dan tubuh Anda tetap halus, tetapi kulit kepala Anda juga membutuhkan perawatan yang sama. Kelenjar di kulit kepala Anda menghasilkan sebum yang menumpuk dari waktu ke waktu, dan sampo saja mungkin tidak cukup untuk menghilangkannya. Menggunakan exfoliant untuk kulit kepala Anda membantu menjaganya tetap sehat dan mendorong rambut Anda untuk tumbuh lebih cepat.

5. Konsumsi Vitamin C

Selain banyak manfaat kesehatannya, vitamin C dapat memperkuat rambut Anda dan membantunya tumbuh lebih tebal. Ini penting untuk produksi kolagen, mencegah kerusakan, dan bahkan dapat mencegah rambut beruban prematur. Sebagian besar dari kita tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C yang bagus, tetapi juga dapat ditemukan dalam brokoli, kangkung, dan stroberi.

3 dari 4 halaman

Masker Madu dan Aloe Vera

Paparan sinar matahari dan polusi di perkotaan membuat rambut Anda berminyak, kusam, dan menghambat pertumbuhan rambut. Kedua bahan alami ini, aloe vera dan madu memiliki manfaat baik melembapkan dan menutrisi kulit kepala sehingga memperbaiki kerusakan pada rambut.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, berikut cara mudah membuat sendiri di rumah masker perawatan rambut dengan memanfaatkan aloe vera dan madu.

Bahan-bahan:

Setengah cangkir aloe vera

2 sendok makan madu murni

1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuatnya:

1. Campurkan aloe vera yang segar, madu, dan minyak kelapa ke dalam sebuah wadah, kemudian aduk hingga rata dan adonan menjadi lembut.

2. Kemudian aplikasikan masker ini pada rambut yang telah dicuci hingga bersih.

3. Pijat kulit kepala secara lembut dengan gerakan melinggar untuk memperbaiki aliran darah.

4. Setelah dipijat, aplikasikan kembali masker ke seluruh bagian rambut secara merata.

5. Tutup rambut yang telah dibaluri masker aloe vera dan madu ini dengan shower cap, dan biarkan selama satu jam.

6. Terakhir bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo.

4 dari 4 halaman

Makanan Agar Rambut Tebal

Seperti dikutip dari Organic Facts, berikut makanan atau minuman yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan baik:

1. Stroberi

Sebuah penelitian berjudul Role of macrophages in collagen resorption during hair growth cycle menunjukkan bahwa buah-buahan kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti stroberi, blueberry, dan jeruk dapat membuat rambut tetap kuat dan tidak gampang rusak.

2. Almond

Sebuah jurnal dari Scanning Microscopy pada tahun 1993, mengatakan bahwa kacang almond dapat memberikan vitamin E yang tinggi.

Vitamin E ini dapat melindungi rambut dari kerusakan karena sinar matahari. Selain Almond, biji bunga matahari dan kacang pinus juga memiliki vitamin E.

3. Sayuran hijau

Sebuah penelitian berjudul "Hair growth and rejuvenation: An overview" pada tahun 2009, menjelaskan tentang methylsulfonymethane (MSM) atau sulfur organik pada sayuran hijau, yang dapat membantu pengembangan keratin.

Keratin ini adalah protein bagi helai rambut. Tanpa pasokan MSM/sayuran hijau (bayam, kangkung, dll), pertumbuhan rambut dapat dikatakan mustahil untuk terjadi.

4. Alpukat

Penelitian yang dilakukan Rushton pada tahun 2002, alpukat bisa merangsang pertumbuhan rambut dan juga mencegah stres di kulit kepala. Mengandung omega-3, alpukat penting bagi kesehatan folikel rambut.

5. Ikan salmon

Seperti alpukat yang mengandung omega-3, ikan salmon juga dapat membuat rambut lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Hal ini disampaikan dalam suatu penelitian pada tahun 1991, berjudul "Omega-3 fatty acids in health and disease and in growth and development". 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.