Sukses

Jerman Kumpulkan Bukti Kejahatan Perang Rusia untuk Mahkamah Internasional

Jerman mulai kumpulkan bukti kejahatan perang Rusia di Ukraina, seperti serangan ke rumah sakit.

Kyiv - Jerman mulai bergerak untuk mengumpulkan berbagai barang bukti untuk melaporkan kejahatan perang Rusia di Ukraina. 

Dilaporkan DW Indonesia, Sabtu (16/4/2022), Menteri Kehakiman Jerman Marco Buschmann meminta pengungsi Ukraina di Jerman untuk menghubungi polisi "jika mereka telah menjadi korban atau saksi kejahatan perang". Komentarnya muncul dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Welt am Sonntag. Dia juga mengatakan kepada surat kabar itu bahwa Jerman akan menuntut orang Rusia yang diyakini terlibat dalam kejahatan semacam itu.

"Jika kami menangkap warga Rusia dan dapat menuntut mereka berdasarkan bukti, maka kami akan menuntut mereka sesuai dengan prinsip yurisdiksi universal - seperti yang kami lakukan terhadap para penyiksa Suriah," katanya.

Buschmann juga mendukung pemberian perlindungan langsung dan tempat tinggal kepada "aktivis hak-hak sipil Rusia, jurnalis yang kritis terhadap Putin, dan seniman yang kritis terhadap rezim."

Dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina

Kejaksaan Agung Federal Jerman secara sistematis mulai mengumpulkan bukti kemungkinan Rusia melakukan kejahatan di Ukraina, demikian dilansir DPA.

Langkah itu didorong oleh munculnya laporan terjadinya serangan yang dilancarkan Rusia yang menyasar bangunan rumah sakit, permukiman dan infrastruktur sipil lainnya di Ukraina, serta dugaan penggunaan bom tandan oleh militer Rusia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjanjian Internasional

Menurut perjanjian internasional, bom tandan dilarang untuk digunakan sebagai senjata, karena ketika meledak, bom itu akan menyebarkan bom-bom kecil ke kawasan yang lebih luas.

Prosedur investigasi struktural telah dimulai, demikian pengakuan Menteri Kehakiman Jerman Marco Buschmann. Investigasi ini bertujuan untuk mengamankan bukti sebanyak mungkin yang nantinya dapat digunakan untuk membawa terduga penjahat perang ke pengadilan di bawah KUHP Internasional (ICC).

Para penyelidik di Jerman sudah memiliki bukti nyata tentang kejahatan perang yang telah dilakukan di Ukraina, namun dikhawatirkan ada bukti yang lebih banyak lagi, berdasarkan beberapa laporan. Secara khusus ada kecurigaan bahwa Rusia telah menggunakan metode yang dilarang dalam perang, dan bahwa kejahatan perang mungkin telah dilakukan terhadap operasi kemanusiaan dan warga sipil di Ukraina.

Pekan lalu, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag telah memulai penyelidikan resmi atas kejahatan perang di Ukraina.

Ukraina juga telah menggugat Rusia di pengadilan tertinggi PBB, Mahkamah Internasional of Justice (ICJ), karena melanggar Konvensi Genosida 1948.

3 dari 4 halaman

Rusia Resmi Protes Bantuan Militer AS untuk Ukraina

Rusia telah secara resmi mengeluarkan protes kepada Amerika Serikat atas bantuan militernya ke Ukraina.

Moskow memperingatkan "konsekuensi yang tidak dapat diprediksi" jika pengiriman persenjataan canggih dilanjutkan, media AS melaporkan sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (16/4).

Dalam sebuah catatan diplomatik minggu ini, Moskow memperingatkan Amerika Serikat dan NATO agar tidak mengirim senjata "paling sensitif" bagi Kiev untuk digunakan dalam konflik dengan Rusia, dengan mengatakan pengiriman tersebut "menambah bahan bakar" ke situasi dan bisa datang dengan "konsekuensi yang tidak dapat diprediksi", Washington Post melaporkan.

Peringatan itu datang pada minggu yang sama ketika Presiden AS Joe Biden menjanjikan paket bantuan militer baru senilai US$ 800 juta untuk Ukraina, termasuk helikopter, howitzer dan pengangkut personel lapis baja.

"Apa yang Rusia katakan kepada kami secara pribadi adalah persis apa yang telah kami katakan kepada dunia secara terbuka - bahwa sejumlah besar bantuan yang telah kami berikan kepada mitra Ukraina kami terbukti sangat efektif," kata seorang pejabat senior pemerintah – yang berbicara dengan syarat anonim tentang catatan itu.

Kementerian Luar Negeri AS menolak mengomentari laporan catatan resmi tersebut.

"Kami tidak akan mengkonfirmasi korespondensi diplomatik pribadi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri.

"Apa yang dapat kami konfirmasikan adalah bahwa, bersama dengan sekutu dan mitra, kami memberi Ukraina bantuan keamanan senilai miliaran dolar, yang digunakan mitra Ukraina kami untuk efek luar biasa untuk mempertahankan negara mereka terhadap agresi Rusia yang tidak beralasan dan tindakan kekerasan yang mengerikan."

4 dari 4 halaman

Korespondensi Diplomatik Formal

Menurut New York Times yang mengutip pejabat AS, catatan itu dikirim melalui saluran normal, dan tidak ditandatangani oleh pejabat senior Rusia.

Korespondensi formal menunjukkan Rusia prihatin dengan dukungan material Amerika Serikat yang sedang berlangsung untuk Ukraina, seorang pejabat AS anonim mengatakan kepada CNN.

CNN juga melaporkan bahwa satu sumber yang akrab dengan dokumen itu mengatakan keluhan itu bisa berarti Moskow bersiap-siap untuk mengadopsi sikap yang lebih agresif terhadap Amerika Serikat dan NATO ketika invasi ukraina terus berlanjut.

Biden mengatakan kepada mitranya dari Ukraina Volodymyr Zelenskiyy tentang paket bantuan senjata baru melalui telepon pada hari Rabu, ketika Rusia memfokuskan kembali upayanya ke arah timur, garis depan baru perang tujuh minggu.

"Ketika Rusia bersiap untuk mengintensifkan serangannya di wilayah Donbas, Amerika Serikat akan terus memberi Ukraina kemampuan untuk mempertahankan diri," kata Biden.

"Paket bantuan baru ini akan berisi banyak sistem senjata yang sangat efektif yang telah kami sediakan dan kemampuan baru yang disesuaikan dengan serangan yang lebih luas yang kami harapkan akan diluncurkan Rusia di Ukraina timur."

Zelenskiyy mengatakan di Twitter bahwa dia dan Biden telah membahas "paket tambahan bantuan keuangan makro defensif dan mungkin".

Bantuan baru termasuk beberapa peralatan yang lebih berat yang sebelumnya ditolak Washington untuk diberikan kepada Kyiv karena takut meningkatkan konflik dengan Rusia yang bersenjata nuklir, dan datang setelah bantuan senjata sebelumnya sudah dipasok ke tentara Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.