Sukses

Mengenal Desa Satu Ginjal di Afghanistan, Kenapa Bisa?

Wilayah di Afghanistan ini dikenal sebagai desa satu ginjal, ada apa?

Liputan6.com, Shenshayba Bazaar - Shenshayba Bazaar, sebuah desa Afghanistan dekat kota Herat, telah dikenal sebagai 'desa satu ginjal' Afghanistan.

Dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (16/3/2022) itu terjadi lantaran banyaknya penduduk yang telah menjual salah satu ginjal mereka untuk memenuhi kebutuhan.

Afghanistan tidak terlalu baik secara ekonomi sebelum Taliban berkuasa tahun lalu, tetapi pengambilalihan brutal menyebabkan ekonomi negara Asia itu runtuh dan membuat banyak orang berjuang untuk menyediakan makanan bagi keluarga mereka.

Dalam beberapa kasus, keadaan menjadi sangat buruk sehingga orang memutuskan untuk menjual salah satu ginjal mereka untuk membayar hutang dan membeli makanan.

Satu desa kecil di Provinsi Herat itu dikenal sebagai 'desa satu ginjal', karena banyaknya penduduk yang menjual salah satu ginjal mereka di pasar gelap.

"Aku tidak mau, tapi aku tidak punya pilihan. Saya melakukannya untuk anak-anak saya," kata Nooruddin adalah seorang ayah berusia 32 tahun, kepada Agence France Presse.

"Saya menyesal sekarang, saya tidak bisa lagi bekerja, saya kesakitan dan saya tidak bisa mengangkat sesuatu yang berat."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Satu Ginjal

Menjual atau membeli organ tubuh manusia adalah ilegal di sebagian besar negara di seluruh dunia, tetapi di Afghanistan hal itu tidak diatur dan selama persetujuan tertulis diungkapkan oleh donor.

Apa yang terjadi setelah donasi, ke mana organ itu pergi, tidak ada yang benar-benar tahu, dan dokter mengakui bahwa mereka tidak pernah menyelidiki masalah ini, karena "bukan tugas mereka" untuk melakukannya.

"Saya menjual ginjal saya seharga US$ 2.900 (41 juta)," kata seorang wanita.

"Saya harus melakukannya. Suami saya tidak bekerja, kami punya hutang."

Meskipun menjual ginjal mungkin tampak ekstrem bagi banyak orang, perlu diingat situasi putus asa yang dialami Afghanistan saat ini.

Lebih dari 24 juta orang - 59 persen dari populasi - berisiko kelaparan, dan setengah juta orang kehilangan pekerjaan setelah Taliban mengambil alih.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.