Sukses

Rumania Cabut Semua Pembatasan Terkait COVID-19, Masker Masih Wajib

Rumania masuk daftar negara yang ikut mencabut pembatasan terkait Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Bucharest - Rumania masuk daftar negara yang ikut mencabut pembatasan terkait Virus Corona COVID-19.

Mengutip Xinhua, Kamis (10/3/2022), hampir semua pembatasan terkait Virus Corona COVID-19 yang tersisa di Rumania dicabut pada Rabu 9 Maret, termasuk kewajiban untuk menunjukkan sertifikat digital COVID-19 atau hasil tes negatif setibanya di negara itu.

Otoritas setempat juga memutuskan untuk tidak memperpanjang status siaga, yang pertama kali diberlakukan pada Mei 2020.

"Para pelancong yang memasuki Rumania masih harus melengkapi Formulir Lokasi Penumpang (Passenger Location Form/PLF)," ujar Juru bicara pemerintah Dan Carbunaru pada Rabu mengatakan kepada wartawan.

Sementara itu, Perdana Menteri Rumania Nicolae Ciuca memperingatkan bahwa "virus belum musnah," seraya meminta warganya untuk terus mematuhi rekomendasi kesehatan masyarakat.

 

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masker Tetap Harus

Menurut Menteri Kesehatan Rumania Alexandru Rafila, orang-orang harus terus mengenakan masker pelindung di ruang terbuka yang ramai, di ruang tertutup, dan di transportasi umum.

Otoritas kesehatan negara tersebut melaporkan 4.176 kasus infeksi baru dan 62 kematian terkait Virus Corona dalam 24 jam terakhir.

Saat ini, sebanyak 4.340 orang dirawat di rumah sakit di Rumania akibat COVID-19, dengan 633 di antaranya berada dalam unit perawatan intensif.

Hingga saat ini, Rumania, dengan populasi 19 juta jiwa, telah mencatat 2.781.086 kasus Virus Corona dan 64.156 kematian.

3 dari 3 halaman

Infografis Ramai-Ramai Cabut Aturan Pembatasan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.