Sukses

3,5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer Sumbangan AS Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer, sumbangan dari Amerika Serikat, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta pada Jumat (4/3).

Hingga saat ini, Amerika Serikat melalui kemitraan dengan COVAX dan UNICEF telah menyumbang lebih dari 32,3 juta dosis vaksin COVID-19 yang menyelamatkan jiwa untuk mendukung target vaksinasi Pemerintah Indonesia.

Dengan total komitmen 4 miliar dolar, Amerika Serikat juga menjadi donor terbesar untuk COVAX, yang telah membantu GAVI, kemitraan kesehatan global publik-swasta, mengirimkan lebih dari 90 juta dosis vaksin ke Indonesia, demikian disebutkan dalam rilis Kedubes AS, Senin (7/3/2022).

Secara global, Amerika Serikat menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin COVID-19 ke negara-negara yang paling membutuhkan, dan telah mengirimkan lebih dari 483 juta vaksin ke 110 negara, jumlah dosis yang disumbangkan ini lebih banyak dari gabungan bantuan vaksin dari semua negara lain.

“Amerika Serikat memegang teguh komitmen kemitraan kami dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi, menjaga kesehatan masyarakat, dan membuka kembali perekonomian,” kata Direktur USAID, Jeff Cohen.

Selain menyumbangkan vaksin, Amerika Serikat juga memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi, melatih petugas kesehatan, dan mendukung logistik untuk distribusi vaksin ke daerah-daerah terpencil yang membantu memastikan vaksin ini sampai ke tangan masyarakat.

Melalui media sosial dan pesan publik lainnya, Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan mitra organisasi masyarakat sipil juga telah menjangkau puluhan juta masyarakat Indonesia melalui promosi vaksinasi serta melawan penyebaran informasi yang salah dan disinformasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Respons AS Kepada Indonesia

Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah memberikan lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons Indonesia terhadap COVID-19, yang merupakan tambahan dari bantuan kesehatan senilai lebih dari 1 miliar dolar selama dua dekade terakhir.

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 180 juta orang di Indonesia—hampir sekitar dua pertiga populasi penduduk Indonesia.

Amerika Serikat telah membantu sekitar 44.000 petugas kesehatan garis depan serta memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, USAID telah memberikan dukungan untuk 9.645 kegiatan vaksinasi, dan membantu diberikannya dua juta dosis vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron