Sukses

7 Maret 1969: Israel Dipimpin oleh Nenek Berusia 70 Tahun, PM Wanita Pertama

Golda Meir, "wanita tua besar politik Israel", dipilih menjadi perdana menteri wanita pertama Israel pada 7 Maret 1969.

Liputan6.com, Tel Aviv - Golda Meir, "wanita tua besar politik Israel", dipilih menjadi perdana menteri wanita pertama Israel pada 7 Maret 1969.

Pencalonan perempuan berusia 70 tahun itu secara resmi diterima oleh Partai Buruh di Tel Aviv setelah dia menerima 287 suara dari komite pusatnya sendiri. Empat puluh lima anggota parlemen abstain.

Dia secara resmi menggantikan teman politik dan koleganya Levi Eshkol, yang meninggal karena serangan jantung sepekan sebelumnya, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (7/3/2022).

Meir, yang telah keluar dari masa pensiun untuk mengambil peran itu, berjanji untuk menjaga persatuan nasional dan meminta orang-orang yang bekerja dengan Eshkol untuk "melanjutkan dalam kerangka yang sama" dalam pemerintahannya.

Dia menambahkan: "Saya tidak pernah gagal menerima keputusan partai dan saya tidak akan menolak sekarang.

"Saya telah menghadapi masalah sulit di masa lalu tetapi tidak seperti yang saya hadapi sekarang dalam memimpin negara."

Dengan partainya mengendalikan faksi terbesar di parlemen, Penjabat Perdana Menteri Yigal Allon dan Menteri Pertahanan Moshe Dayan telah sepakat untuk minggir dan mencadangkan tawaran mereka sendiri untuk mendapatkan kekuasaan sampai akhir tahun 1969.

Setelah keputusan mereka, dia adalah satu-satunya calon yang diajukan di hadapan komite pusat.

Meir, mantan guru sekolah di Amerika, sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri Israel selama 10 tahun sebelum dia pensiun setelah sakit.

Karena usia dan kondisinya, pengangkatannya dianggap oleh banyak orang sebagai 'jeda', yang dimaksudkan untuk menjaga persatuan nasional sebelum Partai Buruh memilih seorang pemimpin untuk pemilihan umum Oktober 1969.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Setelah pengangkatannya, Golda Meir memenangkan mosi percaya yang meyakinkan ketika dia mempresentasikan kabinet yang identik dengan parlemen dengan pendahulunya.

Meskipun banyak kritikus berpikir dia akan bertindak sebagai pemimpin sela, Meir melanjutkan untuk memenangkan pemilihan umum Israel pada Oktober 1969.

Perdana menteri Israel memerintah menggunakan koalisi dan memastikan bahwa dia secara terbuka terlihat mendukung Jenderal Dayan meskipun faktanya mereka sering berselisih satu sama lain.

Selama empat tahun berikutnya dia tetap memegang kendali tetapi dia disalahkan karena tertangkap basah ketika perang pecah antara pasukan Israel dan Arab pada tahun 1973.

Orang-orang Arab akhirnya tertekuk di bawah serangan balik Israel yang berkelanjutan tetapi reputasinya tidak pernah pulih.

Meir memenangkan pemilihan umum pada tahun 1973 tetapi terus menghadapi kritik keras.

Akibatnya dia mengundurkan diri pada April 1974.

Dia meninggal empat tahun kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.