Sukses

Dicurigai Jadi Mata-mata Rusia, WN Spanyol Ditangkap Otoritas Polandia

Pria itu, yang diidentifikasi sebagai agen badan intelijen militer Rusia (GRU), ditahan di Przemysl.

Liputan6.com, Warsawa - Polandia menangkap seorang warga negara Spanyol asal Rusia karena dicurigai berpartisipasi dalam kegiatan intelijen asing, kata Badan Keamanan Dalam Negeri (ABW) pada Jumat (4/3).

Pria itu, yang diidentifikasi sebagai agen badan intelijen militer Rusia (GRU), ditahan di Przemysl - dekat perbatasan Polandia dengan Ukraina pada malam 27-28 Februari 2022, kata ABW dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (3/3/2022).

Badan tersebut mengatakan pria itu melakukan operasi untuk menguntungkan Rusia, dan melakukan perjalanan di Eropa dan di tempat lain dengan kedok sebagai jurnalis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancaman Hukuman 10 Tahun

Sebelum ditahan, dia berencana pergi ke Ukraina untuk melanjutkan aktivitasnya.

Badan tersebut mengatakan pria itu akan tetap ditahan selama tiga bulan pada awalnya, dan menghadapi hukuman 10 tahun penjara jika terbukti bersalah.

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.