Sukses

Sejumlah Kota Besar di Taiwan Alami Pemadaman Listrik Besar-Besaran

Kota-kota besar di Taiwan mengalami pemadaman listrik.

Liputan6.com, Taipei - Kota-kota besar di seluruh Taiwan termasuk ibu kota Taipei telah mengalami pemadaman listrik yang meluas setelah kecelakaan yang dilaporkan di pembangkit listrik.

Dilansir BBC, Kamis (3/3/2022), menteri urusan ekonomi negara itu, Wang Meihua, mengatakan kecelakaan telah terjadi di pembangkit listrik di Taiwan selatan, menurut sebuah laporan oleh Central News Agency yang terkait dengan negara.

Kementerian akan menangani masalah ini "segera", tambahnya.

Pemadaman listrik itu mempengaruhi sekitar lima juta rumah tangga di Taiwan, katanya.

Operator listrik yang dikelola negara, Taipower mengatakan telah terjadi insiden dengan transformator di pembangkit listrik Xingda di kota selatan Kaohsiung, dan mereka mengaktifkan sumber daya cadangan.

Pembangkit listrik dilaporkan menyediakan sekitar sepertujuh dari pasokan listrik Taiwan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemadaman Listrik

TSMC yang berbasis di Taiwan, pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan sejumlah pabriknya telah mengalami "penurunan daya" singkat. Pihaknya menambahkan bahwa mereka sedang memeriksa apakah ada "dampak sebenarnya", kata sebuah laporan Reuters.

Pada konferensi pers pada hari Kamis, Wang meminta maaf atas pemadaman tersebut, menambahkan bahwa bagian utara pulau itu akan mendapatkan listrik kembali pada siang hari dan listrik akan mulai dipulihkan di bagian selatan mulai tengah hari.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dijadwalkan bertemu dengan mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Dia mengatakan dalam sebuah postingan Facebook bahwa streaming langsung yang dijadwalkan dari obrolannya dengan Pompeo harus dibatalkan sementara sebagai akibatnya.

Outlet media lokal Taiwan News sebelumnya pada hari Kamis melaporkan adegan kacau di persimpangan jalan karena lampu lalu lintas tidak berfungsi.

Polisi lalu lintas telah dikirim untuk mengarahkan kendaraan dan truk pemadam kebakaran yang dikerahkan di seluruh kota untuk menangani keadaan darurat seperti menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam lift.

Pulau ini terkadang mengalami pemadaman listrik yang besar. Pada tahun 2017, pemadaman listrik besar-besaran melanda setengah dari Taiwan, mempengaruhi 6,68 juta rumah tangga.  

3 dari 3 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.